ads

Pengertian Komputer Lengkap Dengan Jenis Jenisnya

Apa itu komputer? Komputer ialah suatu alat atau mesin komputasi atau suatu alat elektronik yang dipakai untuk memanipulasi suatu data dengan cepat sehingga sanggup pribadi diinput (dimasukkan), diproses dan sanggup mengeluarkan atau output data tersebut menurut aba-aba atau perintah yang diberikan dan disimpan di memory.

Komputer memang merupakan suatu alat elektronik yang kini sangat diperlukan banyak orang untuk membantu pekerjaannya contohnya mengetik, mengolah data, mengedit, menciptakan poster dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa sesungguhnya komputer ini sudah hingga generasi kelima yaitu generasi kita. Dahulu komputer besarnya hampir serumah namun sanggup dilihat kini komputer tidak sebesar yang dibayangkan.

Sebenarnya komputer mempunyai berbagai jenisnya namun, untuk memudahkannya jenis-jenis ini diklasifikasikan menjadi sebagai berikut:
  1. Klasifikasi komputer menurut Prinsip Operasional (Operasional principle).
  2. Klasifikasi komputer menurut Daya Pengolahan (Processing power).
  3. Klasifikasi komputer menurut Penggunaan Pribadi (Personal Computer).

Untuk ketiga ini, yang akan dibahas ialah mengenai pembagian terstruktur mengenai komputer menurut pengguna pribadi. Berdasarkan penggunakan pribadinya komputer mempunyai banyak jenis yaitu sebagi berikut ini.

1. Server

Untuk komputer jenis server ini biasanya mempunyai spek yang tergolong tinggi dan harganya juga mahal. Komputer ini mempunyai kapasitas memori yang cukup besar dan prosesor yang kuat. Biasanya komputer ini dipakai sebagai pengendali komputer - komputer lain (client) yang tersambung dengan komputer ini. Komputer ini akan memperlihatkan data atau isu ke komputer client. Biasanya komputer server ini dirancang sangat besar alasannya yaitu untuk memasangkan atau merangkai banyak hardware yang digunakan.

2. Desktop

Untuk komputer jenis ini ialah jenis komputer yang dipakai banyak orang biasanya. Yang harus mempunyai anutan listrik ketika menggunakannya. Komputer ini sering dipasang dirumah - rumah ataupun dikantor dengan perlengkapan menyerupai mouse, keyboard, speaker dan earphone. Saat ini desktop terbaru sudah memakai monitor dengan layar LCD & LED yang tidak banyak menyedot listrik.

3. Laptop

Untuk komputer jenis ini ialah komputer yang sanggup dibawa kemana-mana alasannya yaitu fasilitas dan portablenya untuk dibawa kemana - mana. Karena komputer ini telah satu paket dengan mouse dan keyboard serta mempunyai baterai yang sebagai persediaan sumber listrik. Ukurannya sedikit besar jadi membutuhkan sebuah TAS untuk membawanya.

4. Netbook 

Untuk komputer jenis ini sesungguhnya hampir sama dengan laptop hanya saja ukurannya lebih kecil dan spesifikasinya lebih rendah. Nah buat anda yang suka menonton Drama Korea ataupun Film dengan memakai Netbook cukup gampang alasannya yaitu cukup ringan dibawa kemanapun. Tetapi untuk bermain Game atau mengoperasikan Software besar cukup sulit alasannya yaitu Spesifikasinya yang rendah.

5. Komputer Tablet 

Komputer jenis ini merupakan komputer layar sentuh jadi semua akan dimudahkan hanya dengan menekan pribadi pada layar komputer tersebut dengan tangan ataupun dengan pena digital yang telah diberikan dari sana. Hampir sama dengan Smartphone tetapi ukuran layarnya lebih luas. Supaya batrainya bertahan usang anda sanggup membawa Power Bank.
       
Dari jenis-jenis komputer yang telah dibahas di atas Anda juga harus mengetahui mengenai alat untuk input, proses, memori dan output. Bagi Anda yang belum paham benar mengenai alat-alat tersebut inilah alat-alat yang Anda perlukan untuk mengoperasikan komputer dengan baik dan benar.

Alat input : Alat input ialah semua alat elektronik yang kompatibel dengan komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau menginput data kekomputer. Contoh alat input menyerupai keyboard, mouse, scanner, microfon, track ball, Joy stick, touch pad, Barcode, handycam dan masih banyak lainnya.

Alat proses : Alat proses ialah semua alat elektronik yang dipakai untuk memproses data dari input semoga sanggup dikeluarkan atau dioutputkan. Contoh alat pemprosesan ialah CPU atau Central Processing Unit yang merupakan otak dari komputer yang mengatur semua hal di komputer.

Alat output : Alat output ialah semua alat elektronik yang dipakai untuk mengeluarkan data dari input. Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan atau merubah bentuk virtual menjadi bentuk konkret atau real. Contoh alat output ini ialah: monitor, proyektor, printer, speaker, ploter, dan masih banyak lagi.

Memori : untuk memori sendiri niscaya sudah banyak yang tau kalau fungsi utama memori ialah menyimpan data yang telah diproses sebelumnya. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa memori dibedakan menjadi 2 yaitu ada RAM dan ada ROM.

Itulah sedikit Penjelasan dan Pengertian wacana Komputer lengkap dengan jenis jenisnya. Semoga sanggup membantu anda dalam mengenal lebih jauh lagi.

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel