ads

Waspada! Inilah 5 Bahaya, Pengaruh & Tanggapan Copy Paste (Copas) Artikel Blog Orang

 Setiap Blogger gres maupun usang niscaya mengenal istilah yang sangat fenomenal dan terkadan Waspada! Inilah 5 Bahaya, Efek & Akibat Copy Paste (CoPas) Artikel Blog Orang

Bolehkah copy paste artikel? Setiap Blogger gres maupun usang niscaya mengenal istilah yang sangat fenomenal dan terkadang membuat risih para blogger, apalagi kalau bukan Fenomena Copy Paste (Copas).

Copy Paste Artikel Blog ialah acara seorang blogger yang menyalin artikel / konten dari blog maupun website milik orang lain, yang kemudian diterbitkan kembali pada blog atau website milik beliau pribadi, baik melalui proses pengeditan, maupun tidak.

Fenomena Copy Paste (Indonesia: Salin dan Tempel) bukanlah masalah yang baru. Sejak tren Blogger pertama kali dikenal oleh masyarakat Indonesia, istilah Copas sejatinya sudah ada dan mulai berkembang kala itu, sampai kini.

Sebagai bukti, dibawah ini ialah Screenshot tampilan halaman situs Detik.com, pada tanggal 11 November 1998 silam :

 Setiap Blogger gres maupun usang niscaya mengenal istilah yang sangat fenomenal dan terkadan Waspada! Inilah 5 Bahaya, Efek & Akibat Copy Paste (CoPas) Artikel Blog Orang

Banner yang saya lingkari ialah iklan milik Detik.com, yang berupa teguran dan ditujukan bagi semua penulis yang suka mencopas artikel mereka.

Bagi Blogger-blogger yang menjadikan situsnya sebagai lumbung pendapatan, tentu sangat benci dengan masalah Copas Artikel ini.

Selain permainan yang kotor, mereka juga kerap menjadi korban dari si tukang copas yang tidak bertanggung jawab.

Karena, akhir artikel kena copas bagi si pemilik orisinil ialah, terciptanya Duplicate Content di Search Engine, dan ini tidak disukai oleh mesin pencari. Sehingga, menyebabkan kerugian terhadap korban.

Namun kalau ditelaah lebih dalam, kerugian terbesar bahwasanya diancamkan kepada si tukang copas, mengapa?

Karena selain kreativitas yang semakin buntu, duplikat konten yang mereka ciptakan lambat-laun akan jadi Boomerang.

Bukan itu saja, ancaman copas artikel bagi kelangsungan sebuah blog ialah sebagai berikut :

1. Ancaman Pelaporan dari pemilik orisinil artikel

Coba logikakan saja, blogger mana yang ingin artikelnya dicopas? Menurut saya tidak akan ada.

Karena yang akan beliau sanggup ialah dampak jelek dimata mesin pencari, alasannya ialah munculnya konten yang diduplikat.

Karena tidak terima, bisa saja beliau akan melaporkan blog yang sudah mencopas artikelnya tersebut ke DMCA (Digital Millennium Copyright Act), yang bertugas mengkriminalisasi pelanggaran-pelanggaran hak cipta.

Jika hal tersebut sudah terjadi, besar kemungkinan blog anda akan terancam sampai dinonaktifkan.

Memang tidak semua blogger akan melaksanakan tindakan pelaporan, hanya saja, orang tersebut bisa menjalankan niat jelek terhadap situs anda.

Misalnya menyerupai meng-AGC (Auto Generated Content) situs anda melalui blognya yang lain, yang balasannya juga bermuara pada kehancuran situs milik anda.

2. Peringkat Artikel hasil Copas akan susah bersaing

Seperti yang sudah saya sebut diatas, bahwa artikel hasil copas akan otomatis menjadi konten yang duplikat.

Bedanya, konten orisinil akan selalu unggul, kenapa? Karena Google bisa mengetahui mana yang orisinil dan mana yang duplikat.

Sehingga, artikel hasil copas milik anda akan dikucilkan dari mesin pencari, contohnya terlempar ke halaman antah-berantah.

Parahnya lagi, alasannya ialah artikel yang satu tersebut balasannya berdampak secara menyeluruh terhadap performa blog anda, meskipun artikel-artikel yang lainnya ialah hasil goresan pena sendiri alias original.

Meskipun tidak ada ungkapan resmi perihal penurunan peringkat artikel dari hasil copas, namun anda bisa menyaksikannya sendiri perihal bagaimana kekuatan artikel tersebut di search engine.

3. Artikel copas akan menghilang dari peredaran

Jika anda pernah menemukan satu atau dua artikel hasil copy paste di Google, dan malah berada pada posisi yang potensial (anggap saja Page 1), percayalah, itu tidak akan bertahan lama.

Google tahu betul mana yang orisinil dan mana yang menjiplak. Meskipun tanggal postingan diubah ke belakang, dalam artian mendahului konten asli, tetap saja bisa dideteksi, alasannya ialah keseluruhan data ada pada server Google.


Mungkin tidak sekarang, tapi nanti. Hal ini sudah banyak dibuktikan para blogger. Sedangkan kalau artikel orisinil hasil pedoman sendiri, ketika beliau merangkak ke posisi yang potensial, beliau akan kokoh disana, tentunya dengan segenap meningkatkan secara optimal yang memadai.

4. Kreativitas yang menurun

Efek negatif copas artikel milik orang lain ialah turunnya kreativitas anda dalam dunia tulis-menulis. Dalam membangun sebuah blog, yang jujur dan konsisten ialah yang akan jadi pemenang.

Sehebat apapun seseorang dalam menyembunyikan kecurangannya, lambat-laun laun akan tercium juga. Dan dikala hal tersebut terjadi, yang ada hanya penyesalan dan keputus-asaan dari dalam diri anda.

Selain itu, untuk memulai dari awal lagi akan terkesan sangat sulit, mengingat sudah terbiasa  bermain curang.

Saran saya, bangunlah sebuah blog yang dilandasi  dengan kejujuran, niat yang baik dan konsisten semenjak awal.

Dari sana anda harus yakin dan percaya, bahwa semakin ulet anda menulis, maka kekreativitasan anda akan semakin terasah untuk menerbitkan konten-konten yang berkualitas dan dirindukan banyak orang.

5. Terancam Pidana

Bukan mustahil kalau si pemilik artikel yang anda copas tersebut akan melaporkan anda ke pihak yang berwajib, ini bisa saja terjadi kalau kesalahan yang anda lakukan cukup berat.

Saya secara pribadi, belum pernah menerima kabar mengenai hal ini. Saya hanya memperlihatkan sedikit citra akan akhir yang mungkin diterima dalam skenario skala besar.

Penutup

Bagi anda yang gres saja memulai sebuah blog, tulis dan terbitkanlah artikel-artikel yang sejatinya anda kuasai, dan punya pengetahuan yang tidak mengecewakan didalamnya.

Tujuannya ialah supaya anda tidak kehabisan inspirasi dalam menulis. Salah satu penyebab munculnya niat untuk menyalin konten blogger lain ialah alasannya ialah kurangnya wawasan dalam menulis.

Padahal, semakin sering anda anda menearbitkan artikel yang original, secara tidak pribadi akan semakin berkembang pula teladan pikir dan wawasan anda dalam banyak sekali hal.

Jika memang dirasa benar-benar tidak tahu dan anda ngotot ingin membahas suatu hal, cukup di rewrite dengan gaya goresan pena sendiri, dan jangan lupa minta izin serta cantumkan sumber aslinya.
_____________

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai 5 Akibat, efek dan dampak negatif Copas (Copy Paste) artikel milik orang lain.

Semoga bisa memberi kesadaran kepada kita semua untuk selalu membuat artikel-artikel yang orisinil dan terhindar dari konten salinan.


Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel