8 Peluang Bisnis Online untuk Modal Kecil yang Menjanjikan di Masa Depan

FALAHBAYHAQI.COM - 8 Peluang Bisnis Online untuk Modal Kecil yang Menjanjikan di Masa Depan Seiring dengan peningkatan pesat dalam pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia juga meningkat pesat. Pertumbuhan bisnis ini terlihat sangat mencolok di bidang bisnis online dan juga bisnis offline online.

Selain di bidang e-commerce (jual beli melalui internet), bisnis online juga mengalami pertumbuhan pesat di bidang teknologi informasi (TI). Informasi media yang dulunya melalui surat kabar konvensional sekarang menjadi surat kabar online seperti; Tempo.co, Detik.com, TribunNews.com, Republika.co.id, Kompas.com, dan banyak lainnya.

Bisnis internet juga dijalankan oleh banyak orang yang memiliki keterampilan di bidang tertentu dan ingin menghasilkan uang dari keterampilan ini. Singkatnya, berbagai peluang bisnis online di tahun-tahun mendatang akan semakin terbuka lebar dan dapat dilakukan oleh orang-orang yang ingin melakukan bisnis.

Siapa Yang Dapat Menjalankan Bisnis Online?



Pengertian bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online, hanya dapat dijalankan jika ada koneksi internet dan komputer / perangkat seluler. Jadi, setiap orang yang ingin menjalankan bisnis online harus memiliki koneksi internet dan komputer / perangkat seluler.

Bisnis internet dapat dilakukan oleh siapa saja, apa pun profesi Anda saat ini. Bahkan mereka yang masih tidak mengerti (gagap teknologi) dapat belajar bisnis online dan berhasil jika mereka serius menjalankannya.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, adakah bisnis online yang bisa menguntungkan dalam jangka panjang? Berdasarkan pengalaman saya dan informasi yang saya temukan mengenai bisnis internet, Dikutip dari maxmanroe berikut adalah beberapa peluang bisnis online yang menjanjikan dengan modal kecil, dan bisnis bagus yang dapat kita lakukan dari rumah.

1. Bisnis Internet Menjual Produk Orang Lain


Menurut saya, bisnis yang satu ini adalah salah satu jenis bisnis online yang paling menguntungkan saat ini. Alasannya adalah banyak konsumen di Indonesia sudah mulai beralih ke online, dan menjalankan bisnis internet tidak memerlukan modal besar, hampir tanpa modal.

Keuntungan menjual produk orang lain (reseller / dropshiper / afiliasi) adalah kita tidak perlu khawatir tentang pengadaan barang yang akan dijual dan proses pengiriman. Ada banyak toko online yang menawarkan program ini, tentu saja kita juga harus mempelajari sejarah transaksi toko online tersebut. Pastikan Anda bekerja dengan orang-orang yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Toko online yang menawarkan program pengecer dan dropship biasanya bersedia mengirim barang ke pembeli di mana atas nama barang atau toko online kami adalah pengirim. Sehingga kita tidak akan kehilangan pembeli jika ingin melakukan pembelian nanti. Produk yang dijual dengan cara reseller / dropship biasanya berbentuk barang.

Selain menjual produk fisik, kita dapat menjual produk orang lain dalam bentuk digital seperti ebook, video, dan keanggotaan. Biasanya program ini disebut afiliasi, di mana kami mendapat komisi persentase dari total harga produk digital yang berhasil kami jual melalui tautan afiliasi kami.

Anda dapat menemukan berbagai produk yang dapat dijual di situs pasar berikut:

Dropshipaja.com (produk fisik / dropship)
Supplier.id (produk fisik / dropship)
Cakning.com (produk fisik / dropship)
Ratakan.com (produk digital / afiliasi)
Idaff.com (produk digital / afiliasi)
Tokopedia.com (produk fisik / dropship)
Bukalapak.com (produk fisik / dropship)

2. Layanan Penjualan Bisnis Online untuk Menulis Artikel / Membuat Konten Situs Web


Menjual layanan penulisan adalah salah satu bisnis online terlaris di Indonesia. Alasannya, karena saat ini banyak blog / situs media bermunculan dan mengharuskan penulis untuk mengisi konten situs web.

Konten situs web dapat dalam bentuk teks, gambar, dan video. Tetapi dari sebagian besar konten situs web saya melihat rata-rata menggunakan teks atau artikel. Jika Anda atau seseorang di sekitar Anda memiliki kemampuan untuk menulis artikel, membuat video dan gambar, maka peluang bisnis online inilah yang harus Anda jalankan.

Selain konten dalam bentuk teks, ada juga cukup banyak konten video dan gambar logo yang dibutuhkan. Salah satu konten video dan gambar yang paling dicari adalah membuat pemasaran video dan gambar logo yang terkait dengan bisnis yang akan dipasarkan.

Ada banyak pemilik situs web atau pemilik bisnis yang tidak punya waktu atau tidak memiliki keterampilan yang baik dalam membuat konten, logo, dan video untuk situs web dan bisnis mereka. Jika Anda serius membangun bisnis online dalam bisnis layanan penulisan artikel situs web, mereka adalah target pasar ideal Anda.

Bagaimana Anda menemukan calon klien? Anda dapat menemukannya di beberapa situs ini:

Sribulancer.com
Projects.co.id
Sribu.com

3. Penjualan Bisnis Online / Layanan Pembuatan Blog


Bisnis online ini sangat cocok untuk seseorang yang memiliki kemampuan membangun situs web atau blog. Kita tidak perlu memiliki keahlian yang sangat hebat dalam menyusun kode situs web dari awal karena sebenarnya ada banyak cara yang cukup mudah untuk membangun situs web / blog yang bagus.

Salah satu platform yang sangat mudah dipelajari dan diterapkan dalam membangun situs web / blog adalah WordPress. Di WordPress, ada banyak tema / templat yang siap digunakan dan unik, baik gratis maupun berbayar dengan tampilan profesional.

Pada awalnya Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak mampu menjalankan bisnis ini, tetapi jika Anda terbiasa membuat situs web / blog yang bagus, tentu saja calon pembeli Anda tidak akan berpikir lama untuk menyewa layanan Anda. Dan kita perlu memperhatikan sebelum menjual layanan ini, kita juga harus memiliki situs web bisnis dengan tampilan yang meyakinkan.

Bagaimana Anda menemukan calon klien? Anda dapat menemukannya di situs pasar berikut:

Sribulancer.com
Projects.co.id

Agar dapat menjalankan bisnis ini dengan baik, tentu saja, Anda harus memiliki mitra penyedia hosting dan domain yang berkualitas. Untuk layanan ini, saya sarankan Niagahoster.

4. Bisnis Internet Menjadi Pialang Online


Bisnis ini cukup banyak dilakukan oleh bisnis online. Pialang adalah orang atau perusahaan yang tugasnya adalah mempertemukan penjual produk / jasa dengan calon pembeli. Tentu saja untuk menjadi broker, kita harus memiliki jaringan dan kenalan yang cukup luas.

Dalam bisnis online, kepercayaan calon pelanggan adalah sesuatu yang sangat penting. Karena itu, kita harus mempelajari latar belakang orang-orang yang ingin kita temui, baik penjual maupun pembeli potensial.

Beberapa bisnis yang menggunakan layanan broker online termasuk; menjual situs web, menjual properti, menjual layanan, dll. Hal lain yang perlu kita perhatikan sebagai broker online adalah dalam hal menentukan harga produk / layanan yang Anda berikan.

Kami menyarankan Anda untuk tidak mengambil untung terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil karena ini melibatkan untung Anda dan juga kepercayaan dari klien Anda. Anda dapat menemukan berbagai produk yang dapat dijual kembali di situs pasar berikut:

Ciptaloka.com (menjual kaos + desain)
Rumah123.com (properti jual beli)
Olx.co.id (membeli dan menjual berbagai produk)
Carmudi.co.id (jual beli mobil)

5. Menjual Layanan Konsultasi di Bidang-Bidang Tertentu Online


Bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki kemampuan atau keahlian yang sangat baik dalam bidang tertentu. Dalam hal ini Anda adalah seorang ahli di bidang di mana Anda berada.

Beberapa contoh untuk area bisnis ini adalah konsultasi SEO (optimasi mesin pencari) sebuah situs web, konsultasi pengembangan bisnis, konsultasi masalah roman, konsultasi pengobatan tradisional, konsultasi kesehatan, dan lainnya.

Di masa lalu, bisnis jasa konsultasi dijalankan secara offline. Namun, sekarang bisnis dalam layanan konsultasi sangat lazim kita temukan di internet. Jadi, jika Anda memiliki keterampilan atau keahlian di bidang tertentu, maka keahlian ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan jika dipasarkan secara online.

6. Bisnis MLM Online


Banyak orang melihat ke samping menuju bisnis MLM, dan akan buru-buru menutup diri jika ada yang menawarkan bisnis MLM kepada mereka. Padahal, bisnis ini memiliki potensi besar dan memiliki keuntungan besar bagi banyak orang.

Sebenarnya ada banyak contoh bisnis MLM yang dijalankan secara online yang menghasilkan keuntungan jangka panjang. Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua bisnis MLM memiliki potensi keuntungan bagi pelakunya.

ABE Network dan bisnis MLM online Oriflame adalah contoh bisnis MLM yang memiliki bisnis online besar. Keberhasilan bisnis MLM online adalah karena produknya memang bagus dan banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, rencana bisnis yang ditawarkan oleh bisnis ini sangat bermanfaat bagi para anggotanya.

Terlepas dari dua bisnis ini, ada beberapa bisnis MLM lain yang memiliki potensi bisnis yang sangat bagus. Tapi saya tidak bisa berkomentar banyak karena saya tidak pernah menjalankannya.

7. Menjadi Blogger Profesional


Jika model bisnis online ini pasti, hampir semua orang bisa melakukannya. Ada banyak blogger yang memiliki penghasilan fantastis dari blog / situs web yang dibangun. Saya pribadi sangat terinspirasi oleh kisah sukses seorang blogger dari Inggris, di mana awalnya blog WordPress-nya tentang media sosial akhirnya menjadi situs besar dengan penghasilan lebih dari empat ratus ribu dolar per bulan.

Jika pendapatan ditebus lebih dari empat miliar per bulan. Nama situs ini adalah mashable.com, awalnya dibuat dengan CMS WordPress.org tetapi sekarang dibuat dengan rubyonrails.org.

Penghasilan dari blog dapat berasal dari program PPC (bayar per klik) Google Adsense, ruang iklan, ulasan produk, dan sebagainya. Menjadi seorang blogger tentu bukan hal yang sangat sulit bukan? Saya sendiri tidak suka menulis dan menulis artikel pada awalnya, bahkan di awal blog ini, hampir 3 bulan blog ini tidak memiliki konten sama sekali hehehe.

Akhirnya saya mencobanya, dan tadaaaa ... sekarang artikel saya cukup banyak.

8. Bisnis Offline Go Online


Seperti yang dijelaskan sebelumnya, model bisnis offline juga dapat dipasarkan secara online untuk meningkatkan penjualan dan branding. Ada banyak pengusaha bisnis UKM yang berhasil mengembangkan bisnis mereka dan mendapatkan banyak keuntungan setelah memasarkan bisnis mereka secara online. Tentu saja harus ada bisnis atau produk untuk dijual.

Sebenarnya untuk membuat bisnis offline kita dipasarkan secara online tidak memerlukan modal besar. Yang pasti adalah bahwa kita akan membutuhkan situs web dan media sosial sebagai dukungan untuk pemasaran online.

Beberapa contoh bisnis offline online:

Menjual sayuran melalui pasar
Render pasar melalui YouTube
Menjual makanan ringan melalui Instagram
Menjual sepatu melalui Facebook
Pasarkan bawang goreng melalui Google Ads
Dan lain-lain

Terlepas dari yang disebutkan di atas, tentu masih banyak ide bisnis online yang bisa dijalankan dari rumah. Dalam menjalankan bisnis online ini, tentu saja kita harus memiliki perangkat komputer dan akses internet yang baik. Untuk promosi media, kita bisa menggunakan media sosial, blog pribadi, media iklan, pemasaran email, dan lainnya.

Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan bahwa bisnis online harus disertai dengan kemampuan untuk melakukan pemasaran yang efektif. Di bawah ini adalah salah satu contoh pemasaran video. Video tersebut menjelaskan pentingnya pemasaran online untuk meningkatkan keuntungan merek dan bisnis. Lihat videonya.





Lebih banyak ide bisnis bisa dibaca di 22 Contoh bisnis rumahan skala kecil yang sangat menjanjikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel