5 perusahaan modal kecil yang sudah pernah digeluti oleh orang-orang Tajir

falahbayhaqi

5 perusahaan modal kecil yang sudah pernah digeluti oleh orang-orang Tajir
FALAHBAYHAQI.COM - 5 perusahaan modal kecil yang sudah pernah digeluti oleh orang-orang Tajir Sebelum menjadi taipan atau mogul di Indonesia, orang-orang ini menjadi pelopor dalam bisnis keluarga kecil ibukota. Yah, tentu saja, jenis bisnis rumahan Anda dapat disalin jika Anda berencana untuk membangun gurita bisnis di masa depan.

Namun, membangun gurita komersial bukanlah hal yang mudah. Mereka yang telah sukses memulai bisnis dari bisnis kecil rumahan ini, tentu saja harus mengalami pasang surut.

Selain itu, tentu saja, sebagai pengusaha, mereka harus belajar keras dan melarikan diri dari zona nyaman mereka. Jika bukan itu masalahnya, tentu saja, tidak mungkin membangun kerajaan bisnis yang asetnya mencapai miliaran rupee.

Penasaran dengan bisnis rumahan skala kecil yang telah dilakukan oleh orang kaya di Indonesia? Inilah ulasan yang dikutip dari moneysmart.id

5 perusahaan modal kecil yang sudah pernah digeluti oleh orang-orang Tajir

Gambar oleh rawpixel dari Pixabay 

1. Kelas privat


Pelajaran privat dapat menjadi salah satu bisnis berbasis rumah yang dapat Anda pilih. Ibunya juga hanya Rp. 3 juta.

Selain bimbingan mata pelajaran sekolah, kursus bahasa asing juga diperbolehkan. Misalnya Korea, mengingat banyak Kpopers di Indonesia.

Dan bisnis ini juga cukup menguntungkan dari sisi operasional. Karena Anda tidak perlu mengunjungi rumah siswa. Anda dapat menetapkan tarif yang bersaing dengan kursus les eksternal. Hanya modal:

- Batu tulis: Rp. 150 ribu.
- Spidol dan penghapus: Rp. 40 ribu
- Kursi lipat untuk sekolah Rp. 200 ribu x 10 buah: Rp. 2 juta
- Modul pembelajaran: Rp. 200 ribu.

Total: IDR 2.390.000

Sejauh yang Anda tahu, bisnis rumahan kecil seperti ini telah dibuat oleh pendiri Trakindo, Achmad Hamami. Hamami telah membuka tempat untuk les dan mengajar matematika di rumah, setelah ia pensiun sebagai pilot Angkatan Udara.

2. Salon atau Barbershop (tempat cukur)


Bisnis salon juga diklasifikasikan sebagai bisnis kecil berbasis rumah, tetapi tergantung pada jenis kamar. Ada banyak salon di dalam diri mereka, ada salon penata rambut saja, ada salon untuk perawatan tubuh, salon dan alis atau facial, dan banyak lagi.

Jika salon adalah tempat biasa untuk mencukur rambut untuk pria, pastinya modalnya tidak terlalu besar. Anda tidak perlu membeli vitamin untuk rambut atau serum, kecuali bahwa apa yang Anda tetapkan adalah penata rambut dari tingkat menengah hingga tingkat superior.

Jika Anda berniat mendirikan tukang cukur di jalan, tentu saja, modalnya mungkin kecil. Tetapi jika Anda mendirikan salon tata rambut interior, tentu saja, modal akan lebih besar bahkan jika tempat itu menjadi lebih nyaman.

Untuk menyiapkan kamar sederhana, termasuk modal Rp. 5 juta kaleng. Inilah beberapa hal yang Anda butuhkan.

- Dua pisau cukur: Rp. 700 ribu.
- Sisir dua rambut: Rp. 20 ribu
- Gunting pemotongan rambut: Rp. 100 ribu.
- Gunting Sasak: Rp. 150 ribu.
- Pisau cukur: Rp. 30 ribu
- Pisau cukur mengisi 20 kotak: Rp. 45 ribu
- Seperangkat handuk kecil: 180 ribu.
- Dua tudung tubuh: Rp. 90 ribu
- Botol semprot toko tukang cukur: Rp. 30 ribu
- Paket kecil klip buaya (konten 10): Rp. 10 ribu
- Paket besar klip buaya (konten 10): Rp. 15 ribu
- Dua potong mangkuk sabun / busa: 10 ribu.
- Sikat bulu: Rp. 25 ribu
- Dua kursi pemangkasan: Rp. 2 juta
- Dua cermin besar: Rp. 2 juta.
- Cermin kecil: Rp50 ribu.

Total: IDR 5.455.000

Sejauh yang Anda tahu, salah satu pengusaha wanita sukses yang menjalankan bisnis salon adalah Martha Tilaar. Bermodal luas 6 × 4 meter di garasi rumah ayah, Rp. 1 juta, dan modal tambahan suami, Martha Tilaar mendirikan Martha Hall.

Tentu saja harganya Rp. 1 juta pada waktu itu cukup besar. Namun, bisnisnya adalah bisnis rumahan. Dan Ms. Martha juga melakukan promosi yang sangat sederhana, yaitu, membagikan brosur kepada klien potensial.

3. kios jamu


Apakah Anda sudah tahu siapa produsen jamu terkenal di Indonesia yang volume penjualannya sangat besar? Ya, Sido muncul. Perusahaan itu juga hanya bisnis milik keluarga kecil.

Untuk menjual rempah seperti mereka, Anda dapat membuka warung makan kecil atau kedai kopi di rumah. Bisa dibilang bahwa penikmat jamu cukup luas, Anda bisa melakukannya dari situasi ekonomi apa pun.

Perkiraan modal untuk membuka toko obat herbal adalah sebagai berikut:

- Toko jamu: Rp. 2,7 juta.
- Peralatan dapur: Rp. 1 juta.
- Es batu dan blender: Rp. 1,2 juta
- Spanduk: Rp. 300 ribu.
- Bahan baku (jahe, kencur, jahe): Rp. 3 juta

Total: Rp 8,2 juta.

Upaya semacam ini digunakan oleh Ibu Rakhmat Sulistyo. Dia dan suaminya menemukan resep herbal yang akhirnya bernama Jamu Tujuh Angin.

Bisnis jamu tumbuh pesat, meskipun ia telah mengalami pasang surut. Di rumahnya yang berlokasi di Jalan Mlaten Trenggulun No. 104, ia dan ketiga karyawannya mulai melanjutkan bisnisnya hingga akhirnya jamu Sido Muncul menjadi seperti sekarang.

4. warung makan


Stand makanan jelas merupakan bisnis rumahan skala kecil yang paling menjanjikan. Dan dari bisnis kecil ini, banyak restoran populer dan sukses telah mencapai miliaran.

Membuka gerai makanan tidak benar-benar membutuhkan tingkat yang besar. Apalagi jika lokasi rumah Anda praktis strategis. Tentunya tidak akan sulit untuk menemukan pelanggan yang ingin berhenti di sana. Semua yang harus makan, mereka yang malas memasak harus lebih memilih untuk membeli.

Berapa modal awal untuk membangun bisnis ini? Tidak terlalu bagus. Berikut detailnya:

- Pembaruan tempat: 1,5 juta IDR.
- Peralatan dapur: Rp. 1,5 juta.
- Barang pecah belah: Rp. 1 juta.
- Meja dan kursi dibuat: Rp. 2 juta.
- Bahan baku pokok harian: Rp 500.000.
- Biaya lain-lain: IDR 500.000.

Total: Rp 7 juta

Bagaimana menurut Anda? Masih di bawah Rp. 10 juta, apakah masih dalam anggaran?

Seperti yang Anda tahu, restoran terbaik seperti Es Teler 77 dan Mbok Berek Fried Chicken juga merupakan bisnis rumahan, Anda tahu? Tapi sekarang, cabang-cabangnya ada di mana-mana. Bahkan ke luar negeri.

5. Bisnis es


Jangan salah paham, jadi kata itu sepele dan sepertinya itu hanya camilan murah, bukan jutawan Indonesia yang dulunya pedagang es.

Es yang sebenarnya banyak, ada es kutub, es campur, bahkan es kepala Milo. Agar lebih praktis, ada baiknya membeli waralaba minuman jika Anda tertarik untuk menjual es.

Ini bukan waralaba minuman dingin yang modal awalnya dapat dimulai dengan biaya Rp. 2 juta. Dengan anggaran sebesar ini, Anda tentu bisa belajar berbisnis tanpa harus khawatir. Sangat cocok untuk pemula.

Pendiri Bosowa Corp (Bosowa Cement) sendiri, Aksa Mahmud, termasuk dalam daftar orang terkaya di Republik Indonesia. Pak Aksa kemudian menjual es kepada banyak orang selama bulan Ramadhan. Alhasil, barang dagangan laris karena butuh minuman segar untuk berbuka puasa.

Jangan menggunakannya dengan bisnis ekuitas rumah kecil.
Membuka bisnis ekuitas rumah kecil itu menyenangkan. Selain modal kecil, risiko kerugian kecil, keuntungannya juga cukup besar.

Tetapi untuk mengubahnya menjadi bisnis besar, Anda harus berubah. Mustahil jika dari perusahaan kecil itu, akan terus menjadi perusahaan besar yang menggurita.

Jika Anda benar-benar ingin membangun perusahaan raksasa, pelajarilah saat Anda menjalankan bisnis rumahan. Dan ketika ada modal yang cukup, surat-surat itu adalah peluang bisnis lain yang jauh lebih menjanjikan.

Lebih banyak ide bisnis bisa dibaca di 22 Contoh bisnis rumahan skala kecil yang sangat menjanjikan
falahbayhaqi
Load comments