Aplikasi Android Untuk Menghemat Kuota Data Internet

Bagi sahabat yang sering merasa boros dengan pengeluaran untuk keperluan membeli paket data internet, saya yakin aplikasi ini merupakan solusi yang sangat sempurna untuk sahabat. Aplikasi ini sanggup menghemat kuota data internet sahabat sampai 50%. Bayangkan saja jikalau dalam satu bulan sahabat menghabiskan kuota internet sampai 4GB, dengan aplikasi ini sahabat dalam satu bulan hanya akan menghabiskan 2GB. Super hemat bukan…

Aplikasi penghemat kuota data internet untuk android ini berjulukan Opera Max. Kalau sahabat sering mendengar browser Opera ataupun Opera mini, maka pada kesempatan kali ini saya akan mengenalkan aplikasi penghemat data internet Opera Max.

Apa itu Opera Max?
Opera Max yaitu aplikasi android yang berfungsi sebagai penghemat data internet dan sanggup dipakai untuk mengendalikan ataupun memfilter aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet. Sering kita tidak sadar bahwa banyak aplikasi pada smartphone android secara rahasia melaksanakan proses download (mengambil data memakai jaringan internet) dan upload (mengirim data memakai jaringan internet), sehingga secara tidak sadar kuota data internet sahabat berkurang meskipun HP hanya dalam posisi standby. Untuk mengetahui trafik (lalu lintas) internet smartphone sahabat, sahabat sanggup memasang aplikasi internet speed meter yang sanggup sahabat download melalui playstore pada smartphone android sahabat.

Bagaimana cara kerja Opera Max untuk menghemat kuota data internet?
Penghematan data yang dilakukan oleh opera max yaitu dengan cara mengkompresi data internet yang sahabat terusan melalui server opera, sehingga data yang sahabat terusan menjadi lebih kecil. Selain hal tersebut, aplikasi opera max juga sanggup memfilter aplikasi atau memblokir koneksi internet pada aplikasi yang tidak sahabat inginkan. Dengan cara-cara tersebut, opera max akan menciptakan kuota sahabat menjadi lebih hemat dibandingkan jikalau sahabat tidak memakai aplikasi tersebut.

Bagaimana cara memakai opera max?
untuk cara pemasangan, cara mengaktifkan aplikasi dan memfilter aplikasi yang akan diblokir koneksi jaringan internet memakai opera max, akan saya jelaskan langkah-langkahnya menyerupai di bawah ini.

Cara memasang aplikasi opera max di android
Silakan sahabat masuk pada playstore, kemudian sahabat cari "opera max" menyerupai gambar di bawah ini.
Selanjutnya silakan sahabat install aplikasi opera max sampai selesai. Bila sudah selesai, maka sahabat akan sanggup mengaktifkan fitur saving data (menghemat kuota pemakaian data internet) dan manage apps (memfilter aplikasi yang terhubung dengan internet)

Cara mengaktifkan mode penghematan data internet pada aplikasi Opera max pada android
Untuk mengaktifkannya yaitu dengan cara masuk pada hidangan (sebelah pojok atas), selanjutnya pilih "Save Mobile data
Selanjutnya pada halaman "save mobile data" , tekan pada start saving data (lihat gambar berikut)
Setelah tombol start saving mode sahabat tekan, maka akan bermetamorfosis gambar menyerupai di bawah ini yang artinya penghematan data sudah aktif.

Cara memfilter aplikasi yang tidak dipakai pada android dengan opera max
Masuk pada menu, selanjutnya pilih pada "Manage apps" menyerupai gambar yang saya lingkari di bawah ini
Langkah selanjutnya yaitu pada halaman "manage apps" pilih aplikasi yang sekiranya tidak perlu terhubung dengan jaringan internet untuk diblokir dengan cara menyentuh aplikasi yang terdapat pada halaman sebelah kiri, sehingga akan berpindah ke halaman sebelah kanan. Hal ini dilakukan alasannya yaitu banyak aplikasi yang terhubung otomatis ke internet dan menguras kuota data internet sahabat. Pada halaman ini, sahabat akan menemukan banyak aplikasi yang sanggup sahabat blokir (filter) menyerupai gambar di bawah ini.

Dengan mengaktifkan dua fitur yang terdapat pada opera max tersebut, saya yakin konsumsi internet sahabat akan menjadi lebih hemat. Semoga bermanfaat dan membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel