Cara Cek Kecepatan Internet Di Komputer Dan Android

Bagi sahabat yang sering melaksanakan kegiatan yang memerlukan koneksi internet dengan kecepatan yang cukup kencang, cepat atau lambatnya koneksi internet yang sahabat gunakan akan sangat mempengaruhi kegiatan yang sahabat lakukan. Kecepatan internet sanggup dibagi menjadi 2 yaitu kecepatan download (unduh) dan kecepatan upload (unggah). Apa itu download dan upload? sahabat sanggup baca goresan pena saya sebelumnya di [Pengertian Download dan Upload]. Bila sahabat ingin mengetahui kecepatan dari sebuah koneksi internet yang sahabat pakai di komputer ataupun perangkat smartphone android, pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan beberapa cara yang sanggup sahabat gunakan untuk mengetahui kecepatan internet yang sahabat pakai.

Cek Kecepatan Internet di Perangkat Komputer/ Laptop
Untuk melaksanakan cek kecepatan internet memakai komputer, yang sahabat butuhkan hanya browser internet saja ibarat Firefox, Chrome, Safari, Opera, dan browser lainnya yang terpasang di komputer yang sahabat miliki. Caranya sangat mudah! Sahabat tinggal membuka salah satu browser, lalu mengetikkan alamat website yang sanggup memperlihatkan informasi perihal kecepatan internet yang sahabat gunakan. Berikut ialah beberapa alamat website yang sanggup sahabat gunakan untuk menetahui kecepatan internet sahabat, baik itu kecepatan download ataupun upload di komputer yang sahabat gunakan.

[1] Menggunakan speedtest.net
Silakan sahabat membuka alamat https://www.speedtest.net/ lalu akan ada tampilan halaman yang sudah siap untuk menyelidiki kecepatan koneksi internet yang sahabat gunakan. Selanjutnya pilih tombol GO (seperti gambar di bawah ini).
Selanjutnya akan ditampilkan halaman yang berisi informasi mengenai kecepatan (upload dan download) yang sanggup sahabat dapatkan. Sebagai contoh, berikut ialah hasil dari uji coba yang saya lakukan di komputer (laptop) saya memakai jaringan internet telkomsel. Hasilnya memperlihatkan bahwa kecepatan download internet saya sanggup mencapai 6.57 Mbps, sedangkan kecepatan upload sanggup mencapai 1.59 Mbps.

[2] Menggunakan indihome speedtest
Sesuai dengan namanya bahwa halaman website yang akan digunakan untuk mengetahui kecepatan internet yang sahabat gunakan ialah websitenya Telkom (indihome). Meski demikian, halaman tersebut sanggup sahabat gunakan untuk cek kecepatan internet yang sahabat pakai memakai komputer atau laptop kesayangan anda. Langkah pertama ialah buka alamat http://www.indihomesolution.com/p/speedtest.html selanjutnya akan ada tampilan halaman yang siap digunakan untuk menyelidiki kecepatan internet yang sahabat gunakan. Kemudian pilih tombol Mulai (seperti gambar berikut ini).
Kemudian sahabat akan mendapat informasi mengenai kecepatan download dan upload yang sahabat gunakan. Sebagai contoh, kecepatan download dari hasil test yang saya lakukan memperlihatkan bahwa hasil kecepatan download (unduh) ialah 5.6 Mbps, sedangkan hasil kecepatan upload (unggah) ialah 1.8 Mbps (seperti pada gambar di bawah ini).

Cek Kecepatan Internet di Smartphone Android
Awalnya saya mengira bahwa untuk melaksanakan cek di smarthone android yang diperlukan hanya browser internet saja, tetapi dikala saya mencoba di salah satu halaman website yang biasa digunakan untuk cek kecepatan internet ternyata hasilnya tidak maksimal. Sebagai teladan dikala saya cek di speedtest indihome, hasilnya hanya kecepatan download daja yang keluar. Sedangkan dikala saya mencoba mengeceknya memakai halaman speedtest.net saya diarahkan untuk mendownload apilkasinya di Google Playstore. Berdasarkan hal tersebut, sanggup saya simpulkan bahwa biar test kecepatan internet sanggup berjalan dengan maksimal pada smartphone android, saya menyarankan untuk memakai aplikasi yang digunakan untuk mengetahui kecepatan internet di HP Android. Berikut ialah aplikasi yang sanggup sahabat gunakan:

[1] Speedtest by Ookla
Aplikasi ini sanggup sahabat unduh secara gratis di playstore di halaman [Speedtest by Ookla]. Setelah terdownload dan terpasang di smartphone sahabat, selanjutnya silakan sahabat buka aplikasi tersebut, lalu pilih GO (seperti pada gambar berikut ini).
Sahabat akan diberikan hasil dari test kecepatan internet (download dan upload). Sebagai contoh, hasil dari tes yang sudah saya lakukan mendapat hasil bahwa kecepatan download internet yang saya gunakan di smartphone saya sanggup mencapai 5.66 Mbps, sedangkan kecepatan upload sanggup mencapai 2.68 Mbps.

[2] SpeedCheck Pro
SpeedChek sanggup sahabat dapatkan secara gratis di playstore di halaman [SpeedCheck-Speed test]. Setelah terpasang di smartphone android sahabat, selanjutnya silakan buka aplikasi tersebut. lalu pilih tombol TEST sebagaimana gambar di bawah ini.
Selanjutnya akan muncul halaman yang berisi apakah anda akan membatasi data untuk test kecepatan internet? jawab saja NO. Selanjutnya proses akan berjalan, dan karenanya akan menampilkan hasil test kecepatan download internet saya mencapai 12.79 Mbps, sedangkan kecepatan upload mencapai 2.87 Mbps ibarat yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.
Dari hasil test kecepatan yang sudah saya lakukan memakai beberapa alat untuk mengetahui kecepatan upload dan download ternyata hasilnya berbeda-beda. Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhinya ibarat server yang digunakan untuk melaksanakan test yang berbeda-beda, trafik penggunaan jaringan internet yang berbeda antara waktu satu dengan lainnya, dan lain sebagainya. Setidaknya sahabat mempunyai citra mengenai kecepatan koneksi internet yang sanggup sahabat dapatkan disuatu tempat. Semoga membantu dan bermanfaat …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel