Fitur Gres Android Pie (9.0) Penerus Oreo

Android kembali mengeluarkan versi terbarunya yaitu Android 9.0 yang diberi nama dengan Android Pie. Beragam fitur dan perubahan ditawarkan oleh system operasi tersebut menyerupai smart reply notifikasi, mode gelap (dark), Simulasi poni, Editing Screenshot, digital wellbeing, lockdown, navigasi berbasis gesture, Kunci rotasi, dan adaptive battery.

Nama-nama camilan elok dan permen selalu menjadi langganan dalam penamaan system operasi android besutan perusahaan raksasa google. Sebelum mengeluarkan Android Pie, android sudah mengeluarkan terlebih dahulu generasi android sebelumnya menyerupai Apple pie, Banana Bread, Cupcake, Donut, Éclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, dan Oreo.

Setiap pengeluaran versi yang lebih baru, niscaya selalu diikuti dengan peningkatan fitur dan performa yang tentu saja akan lebih memanjakan para pengguna ponsel smartphone yang memakai system operasi  android (seperti yang sudah saya sebutkan di atas). Untuk lebih jelasnya, berikut yakni fitur dan perubahan yang ditawarkan oleh android Pie:

#1 Smart Reply
Android Pie menampilkan notifikasi dalam bentuk text dan gambar yang dapat pribadi dibalas pada halaman notifikasi tersebut. 

#2 Mode Gelap (Dark)
Kenyamanan pengguna yakni salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh sebuah system operasi. Oleh sebab itu mode gelap disediakan oleh android. Cara menggunakanannya juga cukup gampang yaitu sobat tinggal masuk ke pengaturan tampilan (setting display) selanjutnya ada tiga pilihan mode (automatic, light, dan dark) yang dapat sobat pilih.

#3 Simulasi Poni
Banyaknya smartphone yang mempunyai notch (poni) menciptakan android berusaha untuk menunjukkan fitur simulasi notch kepada developer untuk melihat tampilan smartphone nya jika memakai poni. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengaktifkan developer mode, kemudian mengaktifkan opsi “Simulasi display with a cutout”

#4 Editing Screenshot
Setelah melaksanakan pengambilan gambar screenshot, gambar yang sudah diambil tersebut dapat pribadi diedit dengan sajian crop, highlight, dan lain sebaginya sebelum dikirim ke orang lain.

#5 Lock Down
Fitur gres yang berafiliasi dengan keamanan ditawarkan oleh android Pie. Bila fitur ini diaktifkan maka akan menciptakan perangkat terkunci, sidik jari dan voice unlock menjadi non aktif, dan lock screen tidak menampilkan notifikasi.

#6 Navigasi berbasis gesture
Fitur ini digunakan untuk meminimalisir penggunaan tiga tombol fisik navigasi yang sering digunakan android. Pada android pie, disediakan navigasi berbasi gesture swiping. Untuk menjalankan fungsi Back, sobat tinggal menyapukan jari kekanan. Untuk berganti aplikasi, sobat tinggal menyapukan jari kekiri, dan dengan menyapukan jari ke atas, sobat dapat melihat recent apps. Ada sebuah tombol elips kecil di tengah layar yang befungsi layaknya tombol home (fisik).

#7 Lock Screen
Pada versi android sebelumnya sudah tersedia fitur on/off rotasi otomatis. Pada android pie, layar dapat dikunci pada orientasi tertentu. Ada sebuah tombol khusus yang berada di pojok kanan atas yang dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

#8 Adaptive Battery
Fitur ini yakni implementasi dari penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent). Fitur ini akan mempelajari penggunaan smartphone oleh pengguna dengan cara melacak contoh penggunaan aplikasi. Aplikasi yang sering digunakan akan mendapat prioritas resource dan baterai. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat dan efisiensi baterai. Semoga membantu dan bermanfaat…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel