Cara Ampuh Atasi Jerawat Saat Haid

Masa-masa menstruasi akan sangat menjengkelkan, apalagi jika muncul jerawat setiap akan menstruasi. Mungkin akan sangat buruk jika jerawat muncul di sekitar dagu Anda. Namun, ternyata letak jerawat bisa menandakan sebuah penyakit.

Perhatikan nyeri yang dalam dan berdenyut di dagu atau sepanjang rahang Anda? Bukan hal yang aneh jika jerawat hormonal, terutama kista, muncul di area ini. Mereka mungkin tidak terlihat seperti banyak di permukaan kulit, tetapi mereka dapat menjengkelkan sepanjang hari.

Melihat segala jenis benjolan di dekat area vagina Anda dapat menandakan penyakit tertentu. Sebelum Anda panik, selain mengalami dismenore atau nyeri haid, ketahuilah bahwa beberapa orang melaporkan berjerawat sebelum periode mereka. Hal ini wajar. Hormon dapat disalahkan untuk berjerawat di daerah ini, tetapi ada kemungkinan penyebab terkait periode lainnya juga.

Pembalut, misalnya, dapat menggosok kulit Anda, mengiritasi folikel rambut Anda dan menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan folikulitis. Produk haid lain juga dapat menyebabkan dermatitis kontak, yang merupakan reaksi terhadap sesuatu yang menyentuh kulit. Tampon, pembalut, dan lap yang beraroma bisa melakukannya. Berikut cara menenangkan jerawat yang dalam dan menyakitkan

Jerawat dan kista dalam yang kadang-kadang datang bersamaan dengan menstruasi bisa sangat menyakitkan bagi sebagian orang, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit.

Untuk mendapatkan bantuan selama istirahat, cobalah:

kompres hangat selama 10 hingga 15 menit setiap kali, tiga atau empat kali sehari untuk meredakan rasa sakit dan membantu mengeluarkan nanah
kompres dingin atau es 5 hingga 10 menit sekaligus untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak
gunakan benzoil peroksida untuk membunuh bakteri


Cara menjinakkan breakout aktif

Jerawat yang berhubungan dengan periode bisa sangat membandel. Anda dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dengan campuran produk OTC.

Inilah yang harus dicari dan bagaimana membuatnya menjadi rutinitas Anda:
  • Cuci wajah Anda dua kali sehari menggunakan pembersih nonsoap yang lembut, seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser.
  • Gunakan bantalan asam glikolat untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi peradangan, dan meningkatkan pertumbuhan kulit baru.
  • Gunakan perawatan tempat OTC benzoil peroksida yang dimulai dengan kekuatan yang lebih rendah, seperti 2,5 persen.
  • Gunakan produk asam salisilat OTC, seperti pembersih atau krim, untuk menjaga pori-pori tetap bersih.
  • Gunakan perawatan tempat minyak pohon teh. Minyak pohon teh telah terbukti sebagai sumber terpercaya untuk membunuh bakteri dan memperbaiki jerawat ringan hingga sedang.



Berikut beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat:
  • Hindari produk yang mengiritasi, seperti tabir surya berminyak, kosmetik, minyak, dan penyembuh.
  • Lindungi kulit Anda dari gesekan dari hal-hal seperti kerah ketat, tali, atau helm.
  • Batasi pajanan Anda terhadap sinar UV dengan menghindari sinar matahari jika memungkinkan dan menggunakan pelembab yang tidak mengandung minyak dengan tabir surya.
  • Cuci muka setelah aktivitas yang menyebabkan Anda berkeringat.
  • Gunakan produk jerawat sesuai petunjuk. Mengoleskan terlalu banyak akan mengiritasi dan mengeringkan kulit Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel