Podcast, Podcasting, Top, Podcaster

Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor


 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster

Artikel perihal membuat blog di Blogger atau blogging sudah saya buat secara detail dan menyeluruh dan runtun, terdiri dari :


Sebelum membahas tentang Podcast dan Podcasting, saya akan membuatkan pengalaman bagaimana cara menciptakan artikel dan berhasil menempati halaman satu Google SERP.

Setelah menulis Artikel "6 Langkah Cara Membuat Blog di Blogger" hingga artikel yang berjudul "Copywriting Panduan dan Formula terbaik" , saya terus meningkatkan SEO on page pada artikel-artikel diatas dengan cara mengoptimalkan halaman-halaman dengan :

  • Menambahkan keyword
  • Memperbaiki judul blog
  • Memperbaiki judul artikel 
  • Memperpendek url
  • memperbaiki Search Description 
  • Memperbaiki konten

Pada saat menulis artikel ini yaitu tanggal 03 Maret 2020, sekitar pukul 11:00 -11:10 siang, saya mengecek artikel-artikel tersebut di Google SERP, dan hasilnya seperti ini:

 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster
 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster
 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster
 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster


Salah satu artikel saya tersebut diantaranya yang berjudul "Cara Mengedit title dan url" berhasil menempati urutan pertama pada halaman satu Google SERP, bisa jadi ini dikarenakan optimalisasi halaman-halaman blog saya cukup berhasil.

Akan tetapi timbul kekhawatiran pada diri saya, jangan-jangan saya telah mengoptimalkan blog dengan memberikan kata kunci secara berlebihan, yang katanya bisa mendapat hukuman dari Google.

 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster


Kembali ke pokok bahasan tentang Podcast dan Podcasting. Saya sudah membuat membuat artikel tentang Bagaimana Cara menciptakan Podcast dengan menggunakan aplikasi Anchor.

Pada artikel tersebut saya belum banyak membahas wacana Podcasting, gres sebatas bagaimana cara membuat podcast dengan menggunakan aplikasi Anchor. 

Podcasting vs Blogging 

Ada orang yang pandai menulis dan bicara, ada orang yang pandai menulis saja, dan ada orang yang hanya pandai bicara. Orang yang pandai menulis dapat menuangkan buah pikirannya melalui blog. Orang yang pandai bicara dapat dengan mudah menuangkannya melalui podcast.

Salah satu keunggulan podcast yaitu anda dapat mendengarkan konten yang anda sukai sambil mengemudi, joging, berlatih di gym, yang tidak mungkin anda lakukan jika anda membaca blog maupun menonton video di Youtube.

Satu lagi perbedaan antara Podcast, Blog dan YouTube, yaitu anda akan terhindar dari foto-foto dan video porno. Orang yang malas membaca atau orang yang punya masalah dengan penglihatannya dapat terbantu dengan mendengarkan Podcast.

Dengan membuat podcast anda juga dapat memperoleh penghasilan seperti Blogger dan YouTuber dari sponsor dan iklan, jika podcast anda sukses mendapatkan banyak audiens.

Membuat Blog tidak memerlukan banyak tambahan perangkat. Cukup berbekal komputer atau Smartphone. Saya sendiri membuat blog dengan menggunakan Smartphone, dan hanya sesekali menggunakan laptop.

Saya pernah mencoba membuat podcast dengan menggunakan Smartphone dan aplikasi Anchor didalam kamar. Hasilnya tidak maksimal, sebab suara-suara dari luar seperti suara anak-anak yang sedang bermain ikut terekam juga.

Dalam Podcasting anda memerlukan perangkat tambahan seperti mikrofon, software audio, dan mini studio jika diperlukan, dan kemampuan berbicara atau membaca naskah yang mumpuni.

Bagaimana dengan orang-orang yang tidak pandai bicara tetapi ingin membuat Podcast??. Caranya adalah dengan tekun belajar, berlatih olah vokal, mengasah ketrampilan hosting, wawancara, dan presentasi.

Membuat Blog atau Blogging tidaklah seperti Podcasting. Untuk membuat konten blog anda cukup dengan menulis konten, sedangkan dalam Podcasting anda menulis konten untuk kemudian anda baca dan direkam ke Podcast seperti membuat cerita sandiwara radio, membuat iklan radio, dsb.

Dalam membuat podcast, Nieche dan keyword atau kata kunci juga penting. Mencari Keyword yang sedang Tren dengan dengan bantuan Ubersuggest Explorer dapat membantu anda mendapatkan banyak keyword.

Bagi blogger yang memiliki Nieche yang bagus, dan mempunyai blog serta artikel yang sudah banyak pembacanya, dan ingin menjadi podcaster akan lebih mudah lagi. Dengan berbekal artikel yang bagus akan dengan mudah seorang blogger menjadi podcaster.

Podcast adalah salah satu industri yang tercepat pertumbuhannya terutama di Amerika Serikat. Platform ini sedang berkembang sehingga membuka peluang anda untuk dapat menjangkau audiens lebih banyak.

Menurut Neil Patel 32% orang Amerika mendengarkan podcast setidaknya sebulan sekali.
54% pendengar berpikir tentang membeli produk yang diiklankan di podcast.

Bisnis menghabiskan $ 497 juta untuk iklan podcast pada tahun 2018 (mungkin jauh lebih besar sekarang).
51% dari pendengar podcast aktif, memiliki pendapatan rumah tangga tahunan setidaknya $ 75.000.

Podcast adalah platform konten yang sedang booming, akan tetapi tidak seperti blogging atau video-blogging , podcasting kurang teknis dan hanya mengandalkan pengetahuan yang ingin anda bagikan kepada audiens.

Podcasting disini belum banyak orang yang melakukannya, jadi Podcasting adalah peluang besar bagi anda untuk menjadi orang-orang yang paling awal memulai pemasaran produk atau layanan, berbagi pengetahuan, berbagi pengalaman, dan bahkan menghibur dengan konten suara.

Saat anda berbagi pengetahuan atau berbagi pengalaman, jadilah pendidik dan penghibur yang baik. Ingat minat target audiens anda saat merekam suara, dan hendaklah anda hanya membuat konten berkualitas tinggi.

Hal lain yang selalu berhasil bagi sebagian besar podcaster adalah dengan menjadi penghibur. Jadikan konten podcast anda lebih menarik dan menyenangkan, agar acara podcast anda akan menjadi buah bibir atau pembicaraan orang banyak.

Persiapan membuat Podcast

1. Membuat Judul atau nama podcast.
Pembuatan nama ini biasanya dalam bentuk :

Nama pribadi, digunakan jika anda berencana untuk menjadi Host acara anda sendiri dan membangun merek pribadi.

Nama kreatif jika anda tipe orang yang kreatif. Dengan menggunakan nama kreatif mencerminkan nama yang anda pilih.

Nama deskriptif
Saat anda menargetkan ceruk pasar, kategori, penggunaan nama deskriptif bisa memberi anda keunggulan.

Judul episode yang mengandung kata kunci populer cenderung lebih baik. Untuk itu lakukan penelitian kata kunci anda dan sertakan kata kunci yang tepat dalam judul podcast anda.

Gunakan keyword tools untuk mencari kata kunci yang relevan dengan menggunakan Ubersuggest keyword tools, Yahoo KeywordKeg, atau aplikasi Keyword Tool planner lainnya.

2. Pembuatan Sub Judul Podcast
Sub Judul akan membantu pengguna untuk memahami konten dan untuk siapa podcast tersebut dibuat, dan menjadi alasan mengapa mereka harus mendengarkannya.

Pembuatan sub judul juga akan membantu anda mempersempit ceruk pasar dan memilih satu atau dua ide yang kuat dari banyak ide di kepala anda.

3. Membuat Desain Sampul untuk Saluran dan untuk Episode podcast.

Setiap kali anda merilis acara baru, anda diminta menyediakan Sampul saluran baru. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

  • Warma sampul sebaiknya diubahsuaikan dengan sasaran audiens anda.
  • Ukuran sampul standar iTunes ialah minimum 1400 x 1400 piksel dan maksimum 3000 x 3000 piksel, 72 dpi, dalam format Jpeg atau Png.

4. Menambahkan musik intro atau outro.

Memiliki musik intro dan outro menambahkan elemen ke podcast anda. Ini akan menjadi bagian integral dari acara podcast anda.

Peralatan dan Perangkat lunak Podcast
  • Studio mini atau ruang kedap bunyi
  • Mikrofon
  • Perangkat lunak untuk merekam solo dan mengedit
  • Perangkat lunak untuk merekam wawancara tamu
  • Hosting podcast

Persiapan sebelum melaksanakan rekaman podcast 

  1. Gagasan topik yang akan dibentuk podcast
  2. Sambutan, uraian ihwal pentingnya konten yang akan anda sampaikan
  3. Skrip dan garis besar setiap topik
  4. Rekam dan Edit podcast pertama anda
  5. Unggah podcast anda ke host podcast dengan catatan program dan detail lainnya.
  6. Mengirim podcast anda ke :
  • Kirim podcast ke iTunes
  • Kirim podcast ke Google Podcast
  • Kirim podcast ke Sticher
  • Kirim podcast ke Soundcloud

Pengajuan ini ke  iTunes, Google Podcasts, dan Sticher hanya diperlukan satu kali.

Prosesnya juga gampang, karena anda hanya perlu mengirimkan umpan RSS yang dihasilkan oleh hosting podcast anda ke situs pengiriman podcast ini.
Untuk mengirim Podcast ke Google silahkan klik disini

Anda hanya perlu mengunggah podcast ke host podcast, dan episode baru anda akan secara otomatis ditambahkan ke situs podcasting ini. Anda juga dapat menghosting podcast ke situs Buzzsprout :

 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster

Langkah selanjutnya membagikan atau mengshare podcast anda ke media sosial seperti Facebook, YouTube, Pinterest, Instagram, dsb.

Bagaimana cara mendengarkan Podcast ?


Untuk dapat mendengarkan podcast milik orang lain yang sudah dirilis ke publik, salah caranya adalah dengan menginstal aplikasi Google podcast, instal, kemudian pilih podcast yang anda inginkan. Contoh dibawah saya ingin belajar bahasa Inggris :


 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster

 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster

 Pengantar Podcasting bagi pemula dengan menggunakan aplikasi Anchor Podcast, Podcasting, Top, Podcaster

Bagaimana?, mudah kan?!.
Podcast kemungkinan besar akan menjadi media mainstream terbesar. Menurut Neil Patel peluang untuk menjadi Podcaster terbuka lebar.

Podcasting 1.428 kali lebih kompetitif dibandingkan blogging.






Tidak ada komentar untuk "Podcast, Podcasting, Top, Podcaster"

Berlangganan via Email