Wednesday, August 2, 2017

Transaksi Internet Banking Lebih Aman Menggunakan Aplikasi Atau Browser ?


Transaksi Internet Banking - Perkembangan zaman dan teknologi membuat segala pekerjaan akan terasa semakin mudah dan praktis. Termasuk salah satunya adalah transaksi perbankan yang kini semakin simpel dengan adanya intenet banking. Dengan memanfaatkan kecanggihan serta perkembangan internet yang kini semakin mendunia, maka hadirnya layanan transaksi perbankan menggunakan internet ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan para nasabah dalam bertransaksi.

Mengenal Layanan Internet Banking 

Sebelum layanan perbankan menggunakan internet menjadi tren, sebelumnya layanan SMS banking banyak diminati oleh para nasabah bank. Akan tetapi layanan SMS banking yang menggunakan pulsa reguler membuat para nasabah akhirnya beralih ke internet banking yang dianggap lebih murah karena hanya membutuhkan sinyal intenet saja.

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan internet banking, maka perlu memahami sekilas mengenai salah satu jenis layanan perbankan ini. Sebetulnya internet banking merupakan layanan transaksi perbankan yang dilakukan melalui internet. Anda bisa menggunakan komputer, laptop atau smartphone untuk terhubung ke layanan ini dan melakukan berbagai transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer dana, serta melakukan berbagai jenis pembayaran.

Lebih Aman Transaksi Perbankan Menggunakan Aplikasi Atau Browser ?

Hadirnya layanan internet banking tentu sangat memudahkan Anda yang tak ingin repot harus ke bank untuk mengantri atau harus mencari mesin ATM. Dengan memanfaatkan sinyal internet, maka kini Anda bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. Selain itu bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas atau memiliki bisnis online, maka hadirnya internet banking akan sangat memudahkan Anda untuk mengecek dan melakukan transaksi.

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh dengan melakukan transaksi melalui internet banking, maka tak heran jika pengguna layanan ini semakin meningkat. Akan tetapi seiring dengan semakin banyaknya pengguna layanan tentu saja juga menimbulkan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab serta adanya virus yang bisa menyerang sistem layanan tersebut. Hal ini disebabkan karena aktivitas yang dilakukan di dunia maya memang sangat rentan adanya serangan virus berupa cracker atau peretas jahat serta malware.

Tentu saja ancaman tersebut dapat merugikan nasabah sehingga tak sedikit kasus yang muncul adanya saldo rekening yang dibobol dengan jumlah yang fantastis. Sebetulnya memang lebih baik dan aman jika Anda datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi. Terlebih jika transaksi tersebut melibatkan nominal yang sangat besar. Akan tetapi jika Anda masih memilih untuk menggunakan layanan internet banking, maka manakah yang lebih aman untuk Anda gunakan apakah dengan aplikasi atau browser.

Berdasarkan hasil penelitian, sebetulnya baik transaksi internet banking melalui aplikasi atau browser sebetulnya sama-sama beresiko dari sistem keamanan bank yang bisa dibobol oleh hacker tak bertanggung jawab. Bahkan Anda perlu waspada karena di App Store atau Play store kini banyak beredar aplikasi palsu yang merupakan malware.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan browser, maka cara ini sebetulnya memiliki kelemahan lebih mudah diserang oleh virus trojan. Hal ini disebabkan karena virus trojan memang sengaja diciptakan untuk mengumpulkan informasi dari masing-masing bank. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa persyaratan yang dapat Anda lakukan untuk bisa mencegah terjadinya resiko transaksi menggunakan aplikasi maupun browser.

Persyaratan tersebut adalah jika melakukan transaksi menggunakan komputer, maka Anda perlu waspada jika tersambung dengan Wi-Fi publik. Upayakan untuk menggunakan sambungan internet pribadi atau paket data pribadi untuk mencegah terjadinya pencurian informasi ketika Anda menggunakan aplikasi untuk transaksi perbankan.

Itulah penjelasan mengenai transaksi internet banking lebih aman menggunakan aplikasi atau browser. Melalui penjelasan di atas, kini bagi Anda yang sering melakukan transaksi perbankan menggunakan internet, maka jangan khawatir karena dengan menggunakan koneksi internet pribadi, maka Anda bisa terhindar dari serangan virus yang bisa merugikan saldo rekening Anda.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner