Pilih Layanan Web Hosting Terbaik untuk Blogger Pemula - falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Layanan Web Hosting Terbaik untuk Blogger Pemula

Pilih Layanan Web Hosting Terbaik untuk Blogger Pemula


Bagi Kamu yang notabene pecinta dan aktif dalam aktivitas yang melibatkan teknologi tentunya sudah sangat mengenal tentang hosting. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang terbaik, tentunya menggunakan hosting terbaik lebih direkomendasikan. 

Namun apa itu hosting? Berikut akan Kita ulas informasi penting tentang hosting dengan lengkap hanya untuk Kamu. 

Mengenal Hosting Menurut Para Ahli Teknologi


Hosting menurut WP Beginners memiliki arti yang sederhana, yaitu bahwa hosting sendiri diibaratkan seperti sebuah rumah. Sedangkan domain adalah alamat rumahnya. 

Sedangkan pengertian hosting menurut Techopedia adalah sebuah layanan yang menyediakan sumber daya penyimpanan dan komputasi bagi individu maupun organisasi untuk akomodasi dan pemeliharaan pada sebuah website. 

Kemudian definisi hosting menurut Hostinger adalah sebuah layanan online yang memberikan kesempatan pada penggunanya untuk bisa mempublikasikan suatu situs website atau aplikasi website di internet. 

Melihat beberapa keterangan pengertian di atas, maka hosting bisa diartikan secara sederhana yaitu sebuah layanan yang dipakai untuk menyimpan data, gambar dan berbagai file lainnya yang ada di dalam website. 

Adapun file website yang bisa disimpan pada layanan hosting Indonesia diantaranya adalah berupa gambar, video, email, script, database dan aplikasi. 

Cara Kerja Hosting dan Peran Pentingnya dalam Website

DomaiNesia

Jika Kamu ingin membangun sebuah situs web yang bagus dan baik maka keberadaan hosting terbaik sangat dibutuhkan. 

Menggunakan layanan hosting bisa diibaratkan seperti Anda mendaftar untuk menyewa ruang server yang berbentuk fisik dimana fungsinya adalah untuk menyimpan semua data dalam website Anda. Dimana data tersebut memiliki peran yang sangat penting dan sangat diperlukan agar supaya website bisa berjalan dengan baik. 

Sebelum memahami cara kerja hosting, terlebih dahulu Kamu memahami apa perbedaan dari hosting dan domain. 

Bahwa hosting adalah sebuah layanan yang memberikan kegunaan untuk menyimpan data yang bermanfaat untuk website. Sedangkan domain adalah alamat yang dimiliki website yang mana bisa mempermudah pengguna internet untuk menemukannya di dunia maya. 

 1. Layanan hosting

Yaitu layanan penyediaan ruang server yang dimiliki oleh sebuah perusahaan layanan hosting yang dipakai untuk menyimpan semua aset dan data untuk website Kamu. 

 2. Proses pengiriman file

Hal ini dilakukan saat pengguna internet menulis nama domain website yang ditujunya. Setelah itu pihak penyedia hosting akan mengirimkan semua file yang dibutuhkan agar pengguna bisa dengan mudah mengakses website tersebut. 

3. Sewa sebuah "rumah"

Banyak yang mengibaratkan menyewa hosting termurah sama seperti menyewa sebuah rumah. Maka Kamu harus rutin dan teratur membayar biaya sewa setiap bulan atau tahunnya agar bisa mendapatkan layanannya dengan nyaman. 

4. Jika sewa lancar

Ada keuntungan tersendiri jika Kamu dengan rutin dan teratur membayarkan uang sewa hosting maka server yang Kamu pakai akan lebih mudah untuk diakses. Hasilnya adalah website milik Kamu akan berfungsi dengan baik, bisa diakses dengan mudah dan tak akan (jarang) alami gangguan teknis. 

Kenali Jenis Hosting yang Perlu Untuk Diketahui

a. Cloud Based Hosting

Jenis hosting yang pertama ini adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi hosting terbaik yang baru. Dimana memiliki kelebihan yaitu memberikan peluang pada ratusan server bisa bekerja bersama sehingga secara sekilas terlihat seperti satu server bentuk raksasa. 

Mengapa jenis server ini banyak menjadi incaran pemilik website? Alasannya adalah karena jenis hosting ini memiliki resiko yang rendah untuk alami downtime dan jika server eror maka website Kamu pun akan tetap aman. 

b. VPS Hosting

Singkatan dari Virtual Private Server yang menjadi jenis hosting favorit pemilik website. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh jenis hosting ini adalah pengguna layanan hosting akan mendapatkan space server yang dedicated. 

Yaitu saat website yang memiliki server yang sama mengalami peningkatan server, hal itu tak akan memberikan dampak secara khusus pada website Kamu. 

c. WordPress hosting

Menjadi jenis lain dari model shared hosting dan secara khusus dipakai oleh pemilik website WordPress. Jenis hosting ini sangat direkomendasikan untuk para pemula karena mudah untuk digunakan dan memiliki harga yang lebih ekonomis. 

Layanan hosting ini juga memberikan layanan pada penggunanya yaitu bisa memperbarui instalasi WordPress yang berguna untuk melindungi website dari ancaman keamanan peretas. 

d. Shared hosting

Yaitu merupakan jenis hosting terbaik yang paling sering digunakan. Untuk Kamu yang baru memiliki sebuah website dan belum memiliki traffic yang tinggi disarankan untuk menggunakan jenis hosting ini. 

Harga layanan hosting ini juga cukup terjangkau, cocok untuk Kamu yang baru memulai mengelola sebuah website. 

Meski layanan ini cukup populer, namun layanan hosting ini juga memiliki kelemahan. Diantaranya adalah jenis shared hosting membuat Kamu harus berbagi server dengan orang lain yang dampaknya adalah jika traffic website pengguna lain tinggi akan berakibat pada kinerja website milik Kamu. 

Nah agar supaya Kamu bisa menggunakan layanan hosting dengan baik sesuai harapan maka sebaiknya ketahui kebutuhan mengenai hosting yang cocok. 

Jenis kebutuhan yang harus diperhatikan dalam memilih layanan hosting adalah kebutuhan untuk bisnis, dana dan fitur yang disediakan oleh layanan dari hosting yang akan digunakan. 

Tips Cerdas untuk Memilih Layanan Hosting

Ada beberapa tips yang bisa Kamu pakai jika ingin menggunakan layanan hosting. Sehingga Kamu nantinya bisa memilih layanan hosting terbaik untuk kelancaran akses websitemu. 

Pastinya kamu tidak mau memilih hosting yang asal-asalan untuk website kamu. Hosting yang terbaik lah yang pantas kamu pilih untuk website kamu. 

Karena salah memilih hosting bisa berdampak buruk bagi website kamu, dan tentunya itu mengakibatkan website kamu mendapatkan masalah yang serius.

berikut tipsnya:

• Lakukan konsultasi dengan pengembang website

Sebelum memilih sebuah hosting, Kamu terlebih dahulu harus tahu apa fungsi dan detail dari website Kamu. Selain itu Kamu juga harus paham dengan apa dan bagaimana website nanti akan dikembangkan.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan perihal kecepatan bandwith dan akses yang bisa Kamu dapatkan nanti. 

• Ketahui kebutuhan website

Kamu harus tahu, apakah website membutuhkan sesuatu yang khusus untuk pengembangan bisnis. Seperti misalnya, akses yang cepat, ruang penyimpanan yang besar untuk antisipasi traffic yang tinggi, bertujuan untuk menampilkan profil perusahaan saja atau hanya untuk toko online. 

Beberapa website membutuhkan fasilitas khusus agar supaya bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan. 

• Pertimbangkan membeli fitur host website

Kamu juga harus tahu apakah situs yang dimiliki akan berjumlah banyak atau tidak. Jika iya, maka Kamu akan butuh hosting terbaik yang bisa menampung seluruh isi website dan banyak domain dalam website yaitu dengan membeli host website. Dimana Kamu bisa menampung seluruh domain hanya dalam satu hosting saja. 

• Sesuaikan lokasi server website

Banyak pilihan lokasi server yang cocok untuk kebutuhan website Kamu. Pemilihan lokasi server website disarankan sesuai dengan target pengunjung atau target pasar yang ada dalam website Kamu. 

Jika target pengunjung website adalah pengunjung internet dalam negeri maka disarankan untuk memilih hosting Indonesia. Namun jika target pengunjung dari luar negeri maka sebaiknya pilih hosting dari luar negeri seperti hosting dengan server US. 

• Pilih harga ekonomis performa maksimal

Bukan tak mungkin mendapatkan harga yang ekonomis dengan performa yang lebih baik. Ada banyak hosting yang menawarkan fasilitas dan kualitas performa yang terbaik. 

Lihat testimoni pelanggan untuk mendapatkan kualitas layanan hosting yang terbaik. Umumnya hosting yang ditawarkan dengan harga murah memiliki layanan respons dan support yang lambat. 

• Pilih layanan hosting 24 jam

Akan lebih baik jika Kamu memilih layanan hosting yang memiliki customer service 24 jam full. Pilih yang memiliki respons cepat sehingga akan sangat membantu akses website Kamu. 

Bayangkan jika tiba-tiba websitemu eror dan mendapatkan masalah. Tentu yang Kamu butuhkan adalah layanan bantuan dan support dari customer service hosting terbaik yang cepat dan tanggap bukan? Sehingga websitemu bisa kembali bekerja dengan normal lagi. 

• Gunakan layanan hosting yang direkomendasikan

Kemudian tips yang terakhir adalah untuk memilih layanan hosting yang direkomendasikan oleh layanan pengembang hosting atau orang yang Kamu kenal cukup ahli dalam bidang IT. 

Web hosting mahal pasti yang terbaik?

Banyak yang memiliki anggapan bahwa jika ingin memiliki kualitas hosting yang bagus maka harus memilih yang harga mahal. Padahal anggapan ini tak selalu benar. 

Web hosting yang bagus dan harganya bersahabat pun ada. Saat ini sudah banyak yang menawarkan paket hosting baik lokal maupun interlokal dengan harga yang lebih ekonomis. Perhatikan dengan baik anggaran dana yang dimiliki sebelum memutuskan untuk berlangganan web hosting. 

Menurut rekomendasi pelanggan web hosting, Kamu bisa memilih layanan web hosting dengan harga murah namun berkualitas atau membeli layanan web hosting bagus dengan skema pembayaran Pay Later. 

Lalu apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur salah pilih web hosting?

Jika Kamu sudah terlanjur memilih menggunakan salah satu layanan hosting termurah kemudian ingin berganti dengan provider lainnya. Tak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada layanan migrasi hosting. 

Kamu tinggal memberikan permintaan pada provider hosting yang dipakai saat ini untuk melakukan migrasi atau pindah hosting ke provider yang diinginkan. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Bagaimana Dengan Kualitas Web Hosting Gratis?

Banyak yang bertanya tentang kualitas web hosting terbaik gratis yang banyak digunakan oleh pengguna internet pemula. Meski menjadi solusi untuk mewujudkan kehadiran dalam internet dengan mudah, cepat dan minim biaya, tetap saja jika bisa memilih web hosting yang berbayar meski tarif minimalis perlu dijadikan alternatif. 

Berikut beberapa alasan mengapa web hosting bisa digunakan dengan gratis alias tanpa biaya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Kamu. 

  • Pajang iklan di website

Perusahaan yang memiliki layanan hosting bisa memberikan service secara gratis karena mereka mengambil keuntungan dari iklan yang mereka pajang di website Kamu. Dalam hal ini, Kamu tak punya kuasa untuk mengendalikan iklan yang dipajang baik itu iklan milik perusahaan web hosting maupun klien mereka. 

  • Kecepatan minimal

Banyak perusahaan web hosting yang memberikan layanan hosting gratis namun dengan kecepatan hosting yang sangat minimal. Sehingga akses pengunjung untuk membuka laman website menjadi sangat lambat yang akhirnya membuat mereka berpindah ke website lainnya yang lebih cepat upload lamannya. 

  • Berikan fitur yang terbatas

Beberapa perusahaan hosting terbaik lainnya juga memberikan layanan gratis namun dengan membatasi fitur yang ada dalam hosting mereka. Seperti membatasi bandwith yang diberikan, dimana nantinya ketika pengunjung website sudah melebihi 100 pengunjung maka akses website pun macet. 

Kamu yang baru mengelola website biasanya akan mengambil langkah upgrade website yang artinya mengambil layanan web hosting berbayar untuk kembali melancarkan akses website tersebut. 

  • Nama domain yang umum

Dan alasan yang terakhir adalah perusahaan layanan web hosting Indonesia gratis biasanya membatasi pemberian nama domain sehingga lebih bersifat umum. Banyak website yang memiliki kategori nama yang terdengar umum yang kemudian justru kurang dikenal luas di masyarakat. 

Melihat beberapa alasan tersebut di atas, kiranya bisa menjadi satu alasan untuk memilih layanan web hosting yang berbayar untuk kualitas akses website yang lebih baik dan lebih berkualitas. 

Meski begitu, ada beberapa trik yang bisa Kamu gunakan jika tetap ingin menggunakan layanan web hosting terbaik yang gratis. 

  1. Pilih jenis rencana hosting yang sesuai kebutuhan
  2. Install web hosting dengan Auto Installer atau instal secara manual
  3. Pilih web hosting yang user friendly
  4. Pastikan untuk memilih layanan web hosting gratis dengan keamanan tinggi, powerful media management dan memiliki performa yang tinggi. 
  5. Pilih fitur manage on the go untuk Kamu yang sibuk beraktivitas
  6. Jeli dalam ikuti cara membuat website dengan benar
  7. Ketahui apa saja yang dibutuhkan dalam pengelolaan website Kamu
  8. Buat desain dan kelola website dengan maksimal

Bandwith Web Hosting Terbaik untuk Kualitas Akses Website

Ahli bidang IT khususnya menjelaskan bahwa dalam pemilihan web hosting, poin utama yang perlu diperhatikan adalah kapasitas bandwithnya. Dalam kualitas bandwith sendiri ada beberapa hal penting yang berperan dalam lancar atau tidaknya akses sebuah website. 

1). Kualitas jaringan

Web hosting terbaik yang Kamu pilih sebaiknya memiliki kualitas jaringan yang bagus, cepat sekaligus aman. Saat ini banyak yang lebih memilih layanan web hosting yang memiliki fitur keamanan ganda demi keamanan data dalam website mereka. 

2). Alokasi sumber daya

Pilih jenis web hosting yang memiliki alokasi sumber daya dengan RAM atau menggunakan model dedicated untuk CPU Core. 

3). Spam atau sampah email

Kemudian hal berikutnya adalah memilih web hosting dengan memperhatikan layanan berupa fitur untuk memilah jenis email yang masuk. Sehingga email perusahaan yang masuk dijamin tak akan masuk ke bagian spam email yang beresiko tak terbaca oleh penerima. 

4). Akses upload laman cepat

Dan pilih layanan web hosting yang memberikan akses untuk upload laman website yang lebih cepat daripada provider lainnya. Kecepatan upload laman website menjadi poin penting banyak atau tidaknya pengunjung website Kamu. 

Cerdas Memilih Perusahaan Penyedia Layanan Web Hosting

Salah satu lembaga yang butuh layanan web hosting adalah lembaga pendidikan. Berikut ini Kami ulas beberapa cara cerdas untuk memilih perusahaan penyedia layanan web hosting yang berkualitas sekaligus sesuai dengan kebutuhan. 

  • Memiliki pengalaman layanan bidang web yang banyak dalam kurun waktu lama
  • Memiliki banyak klien dari bidang lembaga pendidikan
  • Prioritas utama bisnis adalah kepuasan pelanggan
  • Pelayanan yang cepat, mudah dan praktis
  • Memiliki banyak tenaga ahli untuk berbagai bidang web
  • Menawarkan tarif yang sebanding dengan kualitas yang diberikan
  • Perusahaan hosting selalu melakukan inovasi demi kepuasan pelanggan ke depannya

Itulah beberapa hal yang perlu Kamu ketahui mengenai hosting dan cara untuk memilih hosting terbaik untuk website Kamu. Selamat mencoba. 

Dapatkan layanan web hosting terbaik hanya disini. Beli dan dapatkan fitur hosting paling lengkap hanya dengan hosting Domainesia.

Masukkan kode kupon: FALAHBAYHAQI untuk mendapatkan diskon 30% (berlaku untuk paket hosting)