Cara Melindungi Gmail dari Hacker Agar Data Tetap Aman - falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melindungi Gmail dari Hacker Agar Data Tetap Aman

Cara melindungi gmail dari hacker agar data tetap aman


Bagaimana cara melindungi gmail dari serangan hacker yang ampuh ? Jika ingin akun gmailmu tetap aman dari tangan-tangan jahil, maka perhatikan hal-hal penting berikut ini.


Zaman sekarang kebutuhan surat elektronik atau email sudah termasuk bagian dari identitas yang penting. Ketika anda ingin membuka rekening bank, melamar pekerjaan atau berbagai aktivitas lainnya sudah pasti butuh alamat email.


Gmail sendiri merupakan layanan email dari Google yang telah memiliki kredibilitas tinggi. Dibandingkan dengan layanan email lainnya, layanan email buatan google ini telah dilengkapi segudang fitur keamanan yang kuat.


Sebagai contoh fitur andalan gmail yang bisa langsung kamu rasakan seperti filter spam yang sudah terintegrasi dengan kecerdasan buatan.


Dengan menggunakan Gmail dapat dipastikan kalau inbox emailmu akan selalu bersih dari kiriman pesan spam atau promo-promo mengganggu lainnya. 


Nah, meskipun Google sudah memberikan fitur keamanan yang terbaik, namun faktanya masih ada saja beberapa user yang mengeluh bisa kena hack.


Bagaimana itu bisa terjadi ? Untuk menghindari hal buruk itu terjadi berikut ini ada beberapa tips mengenai cara melindungi gmail yang ampun dari serangan hacker.


Tips cara melindungi gmail dari hacker yang ampuh

Tips cara melindungi gmail dari hacker yang ampuh



1. Update Web Browser


Meskipun Google telah memberikan keamanan yang tinggi untuk melindungi para user Gmailnya, namun dari sisi user juga perlu meningkatkan keamanannya.


Gmail sangat mudah di akses melalui web browser apa saja seperti Chrome atau Firefox. Pastikan secara berkala untuk melakukan update Web browser agar bug yang ada bisa cepat teratasi.


Ini sangat penting terutama untuk anda yang sering mengakses Gmail dari web browser agar tidak sampai kena hack akibat adanya bug pada web browser itu sendiri. 


2. Gunakan Password yang kuat


Password email yang lemah sangat rentan sekali kena hack karena mudah ditebak dan beberapa software kini bisa mendeteksinya dengan mudah.


Jika data-data penting pada akun Gmail anda tidak ingin sampai tercuri, pastikan gunakan password yang kuat agar tidak mudah jebol.


Sebagai tips gunakanlah kombinasi angka, huruf dan simbol pada password email untuk keperluan login nantinya. Jangan gunakan angka saja dan jangan gunakan huruf saja karena ini rentan sekali kena hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 


Selain itu gunakan juga huruf besar dan kecil secara bergantian agar lebih sulit kena hack. Dan yang terakhir pastikan juga minimal karakter 8 hingga 12, lebih panjang tentunya akan lebih baik lagi. 


3. Ganti password secara berkala


Sudah menggunakan password yang kuatpun ternyata juga masih belum aman jika anda tidak menggantinya secara berkala. Bisa saja sewaktu-waktu orang lain berhasil melihat anda waktu login ke akun gmail atau dengan cara yang lain. 


Jadi ganti password yang baru sesering mungkin dengan menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol-simbol. Dengan demikian maka akan semakin sulit untuk diketahui oleh orang lain yang ingin mencuri akun prime Gmail anda.


Ini memang sedikit merepotkan mengingat kita harus menghafal lagi untuk password yang baru. Namun jika sudah terbiasa maka pastinya hal ini bukan menjadi masalah yang besar. 


4. Gunakan Anti Virus yang terupdate


Baik pengguna smartphone maupun komputer PC atau laptop, pastikan sudah ada ada antivirus andalan untuk melindungi kemanan data yang dalam hal ini untuk akun gmail. 


Perangkat smartphone atau komputer yang telah terinfeksi virus bisa sangat mungkin sekali untuk disusupi backdoor agar hacker bisa melihat data-data penting milik anda. 


Jadi untuk menghindari hal buruk itu maka sebelum login ke akun gmail maka pastikan terlebih dahulu platform yang anda pakai sudah terinstall anti virus terupdate.


5. Jangan Gunakan VPN gratisan


Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menjaga keamanan akun gmail yaitu VPN gratisan. Jangan sekali-kali memasukan password untuk login Gmail dengan menggunakan VPN gratisan. 


Karena tidak ada jaminan kemanan yang pasti pada VPN gratisan yang terlebih belum memiliki reputasi bagus dari para user lamanya. 


Kamu bisa saja gunakan VPN gratisan untuk akses internet lain agar bisa berselancar secara anonim dan bisa membypass akses-akses internet yang kena blokir. 


Namun saat ingin mengakses situs penting seperti login email, perbankan dan situs penting lainnya jangan sampai lupa untuk menonaktifkan VPN gratisan tersebut. 


6. Verifikasi 2 langkah


Google telah menyediakan fitur kemanan tambahan untuk mengamankan akun gmail anda agar bisa lebih aman lagi. Aktifkan Verifikasi 2 langkah agar ketika ingin login gmail nanti akan diminta kode verifikasi dari nomor HP yang anda pakai terlebih dahulu.


Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, pertama silahkan buka situs google dengan mengetik google.com terlebih dahulu pada web browser smartphone maupun PC.


Setelah itu klik akun Photo profile yang bisasanya terletak pada pojok atas kanan layar perangkat. Klik "manage your google account" untuk masuk ke menu pengaturan yang lebih lengkap.


Selanjutnya akan terbuka jendela baru pada web browser yang isinya kurang lebih tentang seputar pengaturan akun google secara keseluruhan. (gmail, youtube, drive, dll)


Pada halaman myaccount tersebut, klik menu security -> password -> 2-Step Verification -> dan klik tombol get started untuk memulai pengaktifan. 


Biasanya anda akan diminta memasukan password login kembali untuk memastikan kepemilikan akun google adalah anda sendiri dan bukan orang lain. 


Setelah itu tinggal aktifkan Verifikasi 2 langkah dan jika berhasil maka ketika melakukan login, google akan mengirimkan kode terlebih dahulu ke nomor HP yang anda pakai. 


7. Gunakan software dan aplikasi yang sudah terpercaya


Saat ini banyak sekali software dan aplikasi yang beredar dengan segala fitur menarik lainnya. Sebagai user pastinya kita akan tertarik untuk mencoba aplikasi-aplikasi baru tersebut.


Namun perlu kita ketahui bahwa tidak semua aplikasi itu aman karena bisa saja terdapat bug atau kode berbahaya yang bisa dimanfaatkan oleh para hacker. 


Sebelum melakukan install aplikasi baru ada baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu. Periksa review dari user-user sebelumnya apakah memberikan feedback positif atau negatif. 


Pastikan juga software atau aplikasi antivirus yang kamu install sebelumnya tidak mendeteksi file-file mencurigakan pada aplikasi yang ingin kamu install ini. 


Jangan menginstall aplikasi terlalu banyak di smartphone yang terlebih lagi aplikasi tersebut sudah jarang sekali digunakan. 


Jika demikian maka sebaiknya uninstall aplikasi yang sudah lama tidak terpakai untuk mengurangi resiko adanya script jahat yang bisa mencuri password gmail serta password penting akun lainnya.


8. Hindari penggunaan Wi-Fi tempat umum


Jangan sekali-kali login gmail melalui koneksi Wi-Fi tempat umum seperti di mall, hotel, cafe atau tempat umum lainnya. 


Sebab hal ini sangat beresiko sekali terjadinya kebocoran data karena kita tidak tahu apakah Wi-Fi tersebut sudah disadap atau tidak. 


Sebagai langkah kemanan sebaiknya gunakan Wi-Fi yang memang punya anda sendiri dan pastikan fitur kemanannnya telah disetting secara maksimal. 


Itulah beberapa cara melindungi gmail dari hacker yang bisa kamu coba melalui smartphone maupun komputer.