-->

falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi

falahbayhaqi.com adalah blog mengulas info seputar Android, Kesehatan, Wisata dan informasi bermanfaat lainnya

Cara Mengatasi Iklan Popup di HP Android

Baca Juga:

Pernahkah kalian merasa terganggu dengan kemunculan iklan pop up yang tiba-tiba muncul di ponsel Androidmu? Kondisi pop-up iklan muncul, idealnya saat kalian sedang memasang aplikasi tidak berbayar. Hal ini tentu sangat wajar karena dari sinilah sumber penghasilan si pembuat aplikasi. Namun, jika pop-up iklan muncul pada kondisi berikut:

Saat membuka aplikasi yang benar-benar gratis seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, SMS dan sejenisnya;

Saat berada di home-screen;

Saat smartphone berada di mode sleep;

Saat membuka galeri;

dan sejenisnya.

kalian patut curiga. Karena, kemungkinan HP kalian sudah terkena Adware pada kondisi yang seharusnya tidak ada pop-up iklan.

Cara Mengatasi Iklan Popup di HP Android


Langkah Menghilangkan Iklan Pop Up atau Adware di Android

Cara tokcer berikut bisa membantu kalian untuk mencegah dan mengatasi smartphone yang tersusupi iklan atau adware.

1. Lakukan scanning dengan Dr. Web Security Space.

Langkah ampuh pertama yang berhasil menghilangkan pop-up iklan adalah dengan memasang dan melakukan pemindaian dengan anti virus bernama Dr.Web Security Space. Aplikasi ini memiliki versi gratisnya dan bisa diunduh di Google Play Store. Berdasarkan pengalaman pengguna, pop-up iklan berhasil bersih hanya dengan menggunakan versi gratisnya saja.

2. Aktifkan fitur Google Play Protect.

Apa itu Play Protect? Play Protect adalah perlindungan berlapis yang berasal dari Google untuk scan berbagai macam aplikasi yang berada di Google Play Store sebelum aplikasi tersebut dipasang di HP kalian. Hasilnya, nantinya malware ataupun virus akan sulit untuk menyusup. Play Protect ini sistem kerjanya mirip seperti anti virus android pada umumnya. Hanya bedanya, anti virus ini bekerja di dalam ponsel. Sementara itu, proteksi dari Google Play Store bekerja dengan mengamankan aplikasi sebelum terpasang ke smartphone kalian. Bagaimana cara mengaktifkannya? Masuk dahulu ke Google Play Store dan kemudian pilih Play Protect.

Berikutnya, langsung aktifkan bagian “Scan device for security threats” dan juga “Improve harmful app detection”.

3. Matikan notifikasi pop-up Chrome.

Langkah untuk menonaktifkan notifkasi pop up di Google Chrome cukup tokcer untuk membantu kalian untuk menghilangkan pop up iklan pada saat browsing. Buka aplikasi Chrome, kemudian masuk ke Settings;

dan pilih Site settings, kemudian klik Notifications; nonaktifkan Notifications.

4. Hapus aplikasi yang dicurigai memunculkan iklan/adware.

Apabila setelah memasang aplikasi tertentu, HP kalian justru sering kebanjiran iklan pop up yang mengganggu, coba cek kembali aplikasi apa yang terakhir kali kalian pasang. Jika aplikasi tersebut tidak benar-benar diperlukan, sebaiknya dihapus saja. Masuk ke Google Play Store kemudian pilih My apps & games,

Di tab Library, langsung aja urutkan daftar aplikasi berdasarkan Recent (baru saja terpasang). Sekarang coba ingat-ingat, aplikasi apa yang baru saja kalian pasang dan dicurigai memasukkan adware atau pop up iklan di smartphone-mu. Jika sudah diketahui, silahkan langsung hapus aplikasi tersebut untuk menghilangkan pop up iklan.

5. Lakukan Factory Reset (kembali ke setelan pabrik).

Langkah ini merupakan cara untuk menghilangkan iklan pop up yang paling tokcer. Namun, walau begitu ampuh resikonya juga cukup besar. Apabila ponsel gagal melakukan factory reset, maka berakibat devices jadi bootloop dan stuck di logo Android. Selain daripada itu, langkah tersebut akan menghapus keseluruhan data dan aplikasi yang ada di smartphone-mu. Termasuk foto-foto, video, dan sebagainya. Jadi, sebaiknya jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu ya. Caranya, masuk ke Settings, cari Backup & reset

Baca Juga Mengenai: Menghilangkan Iklan Android yang Muncul Tiba-tiba

Berikutnya pilih Factory data reset dan langsung ikuti instruksi selanjutnya. Smartphone sesaat akan melakukan reboot dan memulai ke pengaturan ulang lagi. Nah itulah beberapa cara menghilangkan iklan pop up iklan (Adware) di ponsel Android yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat.

Wajib Tahu:

Author Profile

About falahbayhaqi

falahbayhaqi.com | suka kopi, cukur rambut, dan teknologi. Kalau mau kerjasama Hayuuuk... langsung hubungi saya di Kontak

Artikel Terkait: