-->

falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi

falahbayhaqi.com adalah blog mengulas info seputar Android, Kesehatan, Wisata dan informasi bermanfaat lainnya

Tips dan Cara Bisnis Rumah Makan dan Warteg

Baca Juga:

Bak usaha yang tiada redupnya, bisnis makanan menjadi pilihan tepat untuk berniaga. Bagaimana bisa begitu? Jelas demikian karena setiap individu memerlukan konsumsi. Usaha di bidang kuliner ini bisa saja dimulai dari enol. Bagaimana cara bisnis rumah makan kecil-kecilan ya?

Dalam berbisnis tidak cukup jika hanya ikut-ikut. Begitu juga dalam usaha buka warung makan sederhana. Tujuanya untuk siap bersaing di dunia bisnis dan mampu bertahan dengan memperoleh keuntungan, bukan sebaliknya.

 

Kunci Sukses Bisnis Rumah Makan Minimalis

Mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam usaha kuliner adalah kunci penting. Bagian dari kesuksesan berwirausaha dapat dimulai dari sini:


1.Survei

Survei

Lakukan survei kecil-kecilan guna mencari tahu berbagai hal. Salah satunya adalah mengamati jenis usaha yang ada di sekitar. Dengan begitu, Anda bisa tahu bidang kuliner yang tidak banyak pesaing, tapi punya peluang bagus.


2.Lokasi

Lokasi

Tentukan lokasi yang strategis untuk jenis kuliner bersangkutan. Manfaatkan tempat yang dekat dengan keramaian. Sebab punya potensi dikunjungi orang. Seperti area dekat perkantoran, sekolah, kampus dan lainnya. 


3.Target Pelanggan

Target Pelanggan

Siapa yang akan menjadi target panggan di warung kuliner Anda? Sebab siapa mereka akan mempengaruhi beberapa hal. Seperti jenis makanan, harga yang ditawarkan, konsep ruangan dan lainnya.


4.Jenis Makanan yang Akan Dijual

Jenis Makanan yang Akan Dijual

Setelah mengetahui siapa perkiraan calon pelanggan. Sudah pasti Anda bisa menentukan jenis kuliner yang akan dijual. Catat semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menyajikan menu tersebut.

Sebaiknya tidak mengesampingkan pilihan sajian. Sebab dari sinilah Anda akan dikenal sekalipun dengan cara bisnis rumah makan kecil-kecilan.

Baca Juga: Bisnis Modal di Bawah 10 Juta

5.Bahan Baku

Bahan Baku

Bahan dasar untuk menu yang akan disajikan bisa dicari di pasar terdekat. Atau survei ke beberapa tempat yang menyediakan bahan baku. Kemudian compare harga untuk memperoleh penawaran paling bersaing. Alhasil, dengan bahan dasar yang sama tapi harga dapat yang lebih murah. Untuk berjaga-jaga, miliki lebih dari satu channel, jika nanti di tempat pertama kosong. Ada toko kedua yang menyediakannya.


6.Tenaga Kerja

tenaga kerja

Buka bisnis kuliner tak selalu harus bisa meracik sendiri. Sebab Anda dapat mencari tenaga kerja professional. Mulai dari koki, pelayan sampai dengan kasir. Anda pun bisa ikut terjun langsung untuk mengetahui jalanya bisnis yang ditekuni.


7.Pemasaran dan Promosi

Pemasaran dan Promosi

Promosikan warung kuliner Anda baik itu secara online maupun offline. Tambahkan harga promo untuk lebih menarik perhatian pelanggan. Pemasaran ini sebaiknya dilakukan secara teratur, tidak hanya di awal-awal pembukaan. Anda bisa menggunakan media sosial. Lebih modern, mudah dan sangat praktis.

Demikianlah beberapa kunci sukses berwirausaha dari perdana. Mengawali bidang bisnis rumah makan sekalipun hanya kecil-kecil tetap tak bisa diremehkan. Meski bukan tempat besar, tapi dari usaha tersebut dapat dikembangkan untuk lebih maju lagi. Jadi, jangan patah semangat ya!

Bagaimana Jika Ternyata Ada Kendala Modal? Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika sudah menyusun matang-matang keperluan usaha dari a sampai z. Tapi ada sedikit masalah dengan modal, bagaimana baiknya? Solusi yang bisa diambil ada dua yaitu:


Pasarkan barang-barang yang sekiranya memiliki nilai jual tapi tidak dibutuhkan lagi

Jika langkah pertama tak berhasil, bisa mengajukan pinjaman. Ada banyak pembiayaan modal bisnis dengan bunga minimalis.


Demikianlah upaya dalam memulai bisnis minimalis yang bisa dimulai kapan saja. Di samping itu, pastikan cara bisnis rumah makan kecil-kecilan ini diimbangi dengan keuletan. Sebab kegigihan sangat penting dalam bersaing dengan deretan usahawan sebelah.

Baca Juga: Aneka Bisnis Kuliner

Tips dan Cara Bisnis Warteg Agar Sukses

warteg

Menawarkan konsep makanan murah meriah, warteg semakin disukai oleh banyak kalangan. Tempat makan singkatan dari warung tegal ini, juga sangat mudah ditemui. Seperti di ibu Kota, warteg di gang sempit sampai dengan di pusat kota, ada. Keberadaan bisnis kuliner satu ini cukup memberikan gambaran dari cara bisnis warteg yang memiliki prospek bagus.

Jika dibandingkan dengan restoran mahal, warteg turut memiliki pelanggan yang tidak sedikit. Fans dari tempat makan murah dan enak ini tampak tak pernah bosan. Sebab varian menu yang disajikan sangat beragam. Rata-rata semuanya murah meriah.

Kuliner warteg yang kian hari makin populer, sebenarnya memberi peluang tersendiri. Jelas prospek buka warung makan nasi yang super terjangkau dapat dipertimbangkan. Meski murah, kualitasnya tidak murahan. Pantas saja warung ini tak pernah sepi pelanggan.

Kenapa Memilih Usaha Warteg?

Bisnis kuliner warung makan yang akrab disapa warteg ini, sangat cocok dipilih. Kenapa harus warteg? 


Karena warteg menawarkan makanan murah meriah dan banyak disukai pembeli

Modal buka usaha warteg tidak terlalu besar

Tukang masak untuk masakan di warteg mudah dicari


Ada banyak sekali prospek bagus di bisnis warteg, bukan? Mau coba?

Tips dan Tips Sukses Usaha Warteg

Bisa dikatakan bahwa kuliner menjadi bisnis dengan keuntungan yang bagus. Hal tersebut benar adanya jika bisnis yang dijalankan menuai hasil. Termasuk pada usaha kuliner makanan murah meriah satu ini. Seperti apa ya, cara usaha warteg biar sukses itu? Cari tahu tips dan triknya di bawah ini.


1.Tentukan Lokasi yang Tepat

Pilih tempat usaha yang mudah dijangkau oleh pelanggan. Lokasi yang biasanya dilalui banyak orang. Pastikan juga ada tempat parkirnya. Supaya para pembeli bisa menempatkan kendaraannya dengan mudah.


2.Siapkan Modal

Anggaran akan lebih bagus apabila tersusun dengan rapi. Tulis semua keperluan bisnis beserta rentang harga. Dari tersebut dapat dijadikan acuan dalam modal bisnis.


3.Survei Harga

Lakukan riset kecil-kecil dengan mengecek harga jual dan takaran dari para pesaing. Itu bisa dijadikan patokan dalam berjualan.


4.Cari Karyawan

Mau buka usaha kuliner tapi skill belum mendukung? Tenang, Anda bisa cari karyawan bagian dapur. Juga bisa mencari pegawai lainnya untuk mendukung kelancaran bisnis.


5.Bahan Baku

Setiap hari jelas perlu bahan baku untuk diolah. Mulai dari sayur, daging, beras dan lainnya. Jalin kerja sama dengan supplier bahan baku guna mendapatkan harga lebih terjangkau.


6.Kualitas Pelayanan

Setelah semuanya siap, miliki kesiapan dalam memberikan pelayanan. Pertahankan kualitas masakan seterusnya, bukan hanya di awal saja. Selain itu, ramah terhadap pelanggan pun perlu. Sehingga pembeli merasa dihormati dan nyaman di warung makan Anda.

Bisnis Juga: Bisnis di bawah 1 Juta

7.Pemasaran

Kenalkan bisnis makanan Anda ke berbagai media. Manfaatkan kemajuan teknologi dengan promosi di media sosial. Selain gratis, dapat dijangkau oleh orang banyak. Anda pun bisa menjalin kerja sama dengan jasa penyedia layanan beli dan antar makanan via online. Sehingga bisnis Anda semakin banyak dikenal.

Terus imbangi bisnis kuliner dengan berbagai inovasi. Termasuk mencari ide baru untuk mengembangkan usaha. Ini penting sebab pesaing bisnis di luar sana juga tak mau kalah saing. Pastikan Anda tidak mudah menyerah. Keuletan dalam berwirausaha berawal dari Anda, yang nantinya bisa diajarkan ke karyawan lainnya. Cara bisnis warteg seperti demikian ditujukan agar bidang usaha yang ditekuni, mendapatkan prospek yang bagus.


Wajib Tahu:

Author Profile

About falahbayhaqi

falahbayhaqi.com | suka kopi, cukur rambut, dan teknologi. Kalau mau kerjasama Hayuuuk... langsung hubungi saya di Kontak

Artikel Terkait: