Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Sukses Dan Cara Bisnis Penulis Novel Untuk Pemula

Suka menulis cerita seperti novel tapi bingung mau menyalurkan hobi kemana? Kenapa tak dijadikan bisnis saja? Bisa ya? Jelas iya. Banyak peluang bagus dalam penulisan novel yang siap diterbitkan. Lalu, bagaimana cara bisnis penulis novel itu?

Prospek Bisnis Menulis Novel

Di luar sana ada banyak sekali penerbit yang siap merilis novel karya siapa saja. Ini artinya peluang bisnis menulis novel sangat bagus. Harga yang ditawarkan pun cukup tinggi. Di tambah lagi jika novel yang diterbitkan laris manis di pasaran. Maka akan semakin besar pula income yang diperoleh. Menarik sekali, kan?

Baca Juga: Tips dan Cara Bisnis Rumah Makan dan Warteg

Tips Sukses Dan Cara Bisnis Penulis Novel Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Menulis Novel

Langkah-langkah memulai bisnis menulis novel sebagai pemula, bisa diawali dari berikut:

1. Cari ide unik dan brilian yang belum pernah terpikirkan oleh penulis lain

2. Rajin membaca dan tingkatkan wawasan untuk menambah kemampuan dalam menganalisa penulisan cerita

3. Terampil dan mampu menuliskan cerita yang mudah dipahami oleh pembaca. Cukup sekali baca, sang pembaca sudah tahu maknanya

4. Jalin hubungan baik dengan satu atau beberapa penerbit

5. Cari data di internet untuk mempermudah pencarian informasi jika diperlukan

6. Miliki refensi sebagai salah satu media pembelajaran

7. Bergabunglah dengan group atau community kepenulisan novel. Di sana Anda bisa bertukar ilmu dan mendapatkan pengalaman seru. Group tersebut cukup mudah ditemui, seperti di media sosial. Anda bisa berinteraksi secara luas tanpa harus pindah tempat.

Artikel Pilihan: Cara Mengatasi Iklan Popup di HP Android

Hambatan Dalam Menulis Novel dan Cara Mengatasinya

Rupanya prospek bagus dari menulis novel banyak dilirik oleh para penulis lainnya. Ini menjadi saingan ketat, kan? Selain itu berikut beberapa hambatan dan solusi dalam mengatasi kendala penulisan novel:

●Adanya penulis hebat lain yang menjadi pesaing berat. Solusinya adalah terus rajin berlatih dan mencari ide-ide unik

●Menulis novel membutuhkan waktu dan konsentasi yang bagus. Jika terganggu, penulisan novel bisa kacau. Menyikapi hal demikian, susun kerangka novel. Kemudian ciptakan suasana yang nyaman agar penulisan cerita berjalan lancar

●Jika masih menulis karena mood, menjadikan penulisan cerita berjalan secara suka-suka. Ketika mood kurang bagus maka penulisan karangan akan semakin lambat. Hal ini dapat diatasi dengan cara menanamkan semangat menulis yang tinggi.

Dapat disimpulkan bahwa cara bisnis penulis novel memiliki peluang bagus dan hambatan juga. Namun bukan berarti itu menjadi kendala terus-terusan ya! Tanamkan sikap ulet dan pantang menyerah untuk lebih tangguh dalam menekuni bidang usaha.

Baca Juga: Cara Bisnis Modal Di Bawah 10 Juta Yang Datangkan Untung Besar

Bukan hanya bisnis menulis karangan cerita saja yang punya hambatan, lainnya pun tak jauh beda. Menyikapi kondisi tersebut, kendala bukan untuk ditakuti tapi untuk dicarikan solusi. Sehingga mendalami suatu bisnis akan merasa happy meski hambatan.

Justru kendala yang ada dapat dijadikan tantangan bisnis. Mau tidak mau harus diatasi. Sebagai imbalannya, hambatan yang dilalui akan memberikan kegembiraan tersendiri. Bahkan ketika telah sukses nanti, permasalahan yang dihadapi akan memberikan kenangan tersendiri.

Proses dari pemula untuk di penulis novel yang sukses memang panjang. Jika Anda merasa lelah sesaat, tak ada salahnya untuk membaca kisah perjuangan para penulis lainnya. Mereka pun menemui rintangan juga, hanya saja cara menyikapinya berbeda-beda.

Cara bisnis penulis novel setiap individu pun memiliki keragaman. Ada yang membuat karangan dan dikirim ke redaksi, ada juga yang ke majalah, ke group dan lainnya. Masing-masing ditujukan untuk visi tersendiri. Salah satunya adalah agar berhasil menerbitkan novel buatan sendiri.

Kelas Instagram Organik Hosting Unlimited Indonesia
Kelas Instagram Organik DomaiNesia
Kelas Instagram Organik

Berlangganan via Email