Kumpulan cara menghilangkan iklan di Android dengan mudah



Smartphone Android memang sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Ada banyak aplikasi yang dianggap membantu para pengguna. Anda bisa mencatat seluruh kegiatan setiap hari hingga menggunakan aplikasi secara gratis. Namun, sebagian aplikasi dan layanan yang tersedia secara gratis dianggap memiliki kekurangan.

Salah satunya adalah kemunculan yang cukup mengganggu. Apalagi bila aplikasi itu sangat populer dan digunakan banyak orang maka akan semakin banyak iklan yang muncul. Hal ini tentu saja dianggap mengganggu kenyamanan bagi para pengguna aplikasi.

Saran yang sering diberikan adalah meningkatkan layanan menjadi premium. Tentu saja ini sangat memberatkan karena layanan premium memang cukup mahal. Padahal, anda juga bisa mencoba beberapa cara menghilangkan iklan di Android dengan mudah.

6 cara menghilangkan iklan di Android yang bisa dicoba

Kumpulan cara menghilangkan iklan di Android dengan mudah

Beberapa cara yang disarankan biasanya menggunakan aplikasi tambahan. Namun, tidak sedikit juga untuk melakukan perubahan pengaturan dengan cara yang berbeda. Masing-masing dari cara yang disarankan seperti ini memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus anda pertimbangkan. 

Cobalah sesuaikan cara itu dengan spesifikasi dan penggunaan smartphone yang memang dibutuhkan. Hindari melakukan rooting pada smartphone android anda yang mungkin akan berakibat cukup buruk. 

Berikut ini ada 6 cara menghilangkan iklan di Android yang bisa dilakukan dengan mudah seperti:

1.      Mencoba Adblock Plus



Salah satu dari cara menghilangkan iklan di Android yang sering dilakukan adalah dengan mencoba Adblock Plus. Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak pengembang. Aplikasi ini berfungsi untuk menyembunyikan hingga menghilangkan seluruh iklan yang muncul lewat layanan browser atau aplikasi sekalipun. Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tidak membutuhkan pengaturan rooting pada perangkat android.

 Namun, anda harus melakukan konfigurasi agar fungsi aplikasi ini lebih maksimal.

a.      Pengaturan adblock plus
Sebelum install aplikasi ini sebaiknya anda menerapkan pengaturan tambahan pada smartphone. Pengaturan itu terdiri dari:
1)      Masuk ke pengaturan lalu pilih tab menu aplikasi.
2)      Coba masuk ke pilihan Unknown Sources
3)      Centang pada kolom yang telah disediakan lalu tap OK untuk melakukan perubahan.

b.      Konfigurasi adblock plus
Untuk melakukan install, anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi ini. Cobalah cari melalui Google dengan file format .apk lalu simpan di perangkat android. Install aplikasi itu dengan masuk ke bagian penyimpanan file. Setelah itu lakukan konfigurasi secara manual sesuai dengan proxy dari smartphone anda. Buka aplikasi ini lalu pilih pengaturan tambahan dengan menentukan iklan aplikasi mana saja yang akan diblokir.

2.      Menggunakan Adguard



Rekomendasi lain dari cara menghilangkan iklan di smartphone Android adalah dengan menggunakan Adguard. Cara seperti ini memang akan melibatkan aplikasi tambahan yang akan di install lewat smartphone anda. 

Pengaturan yang dibutuhkan juga sangat mudah. Anda bisa mencari aplikasi Adguard melalui mesin pencari di Google atau lewat playStore langsung. Setelah itu anda lakukan penginstallan. Setelah aplikasi ini terinstall dengan sempurna selanjutnya lakukan pengaturan tambahan. Biasanya ini berkaitan dengan metode pemblokiran iklan yang muncul di layanan anda.

Namun, beberapa penggunaa mengungkapkan bahwa aplikasi ini memiliki kekurangan yang cukup mengganggu. Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah munculnya iklan yang berasal dari aplikasi Adguard. Meskipun jumlah iklan yang muncul tidak terlalu banyak, tetap saja itu akan mengganggu kenyamanan saat menggunakan layanan atau aplikasi gratis lainnya.

3.      Install Adblocker Browser Gratis



Cara menghilangkan iklan di Android adalah dengan menginstall aplikasi tambahan seperti Adblocker Browser Gratis. Aplikasi ini bisa anda dapatkan melalui playstore. Cara kerja dari aplikasi ini adalah untuk menghilangkan seluruh iklan yang muncul saat anda membuka website lewat 
browser tertentu. 

Jenis iklan yang bisa diblokir seperti banner, pop up, iklan baris dan lainnya. Selain itu anda juga bisa menikmati berbagai fitur lainnya dari aplikasi ini seperti:

1)      Memblokir seluruh jenis iklan
2)      Memberikan peringatan kepada anda tentang adanya malware berbahaya
3)      Mempercepat loading dari browser
4)      Menghalangi cookie iklan yang berasal dari aplikasi atau layanan pihak ketiga

4.      Pengaturan Google Chrome


Meskipun layanan aplikasi browser Chrome dari Google namun anda juga bisa melakukan pengaturan tambahan untuk memblokir iklan yang mengganggu. Biasanya cara seperti ini dilakukan untuk menghindari munculnya iklan dari banyak website secara berlebihan sehingga membuat kuota internet anda cepat habis. Bahkan, iklan yang ada di website juga akan mengurangi daya baterai secara signifikan. Kondisi yang membuat anda harus mencoba untuk memblokir seluruh iklan yang muncul dari website di Google Chrome.

Cara memblokir website dari pengaturan Google Chrome seperti:

1)      Masuk ke pengaturan dari Google Chrome dengan menekan 3 titik yang ada di bagian atas
2)      Selanjutnya pilih menu Setelan Situs lalu tap
3)      Biasanya muncul menu lain yaitu Pop-up dan Pengalihan lalu tap menu itu
4)      Setelah itu cobalah geser tombol menjadi Dicekal agar seluruh iklan tidak lagi muncul di browser Chrome saat anda membuka website secara bersamaan.
5)      Anda bisa menutup aplikasi dan mencoba membuka lalu menggunakan Chrome tanpa iklan.

5.      Install UC Browser



Sebenarnya anda juga bisa melakukan pilihan cara yang lebih mudah dengan menggunakan aplikasi tambahan lain. Salah satu rekomendasi aplikasi untuk memblokir iklan yang bisa dicoba adalah dengan UC Browser. Aplikasi ini bisa anda dapatkan dari PlayStore. Namun, beberapa pengguna juga mengeluhkan tidak bisa mendapatkan aplikasi ini. Cobalah lakukan pencarian melalui mesin pencari di Google untuk mendapatkan file dari aplikasi UC Browser.

Setelah anda mendapatkan aplikasi ini cobalah install di perangkat android. Pastikan proses install aplikasi berjalan dengan sempurna. Hal ini untuk memudahkan pengaturan tambahan dalam mencekal seluruh iklan.

Selanjutnya anda harus melakukan pengaturan tambahan dari UC Browser. Pengaturan itu seperti:

1)      Masuk ke menu pengaturan/setting di bagian bawah dari aplikasi
2)      Selanjutnya pilih ikon Setting yang biasanya tampil dengan gambar Gear
3)      Pada bagian berikutnya muncul menu untuk mengaktifkan abdblock. Pilih Aktifkan dengan menggeser tombol
4)      Tutup aplikasi lalu buka kembali dan coba dengan mengakses situs yang sebelumnya. Pastikan seluruh iklan telah diblokir dari aplikasi ini.

6.      Mencoba Noroot Firewall



Pilihan lain yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi Noroot Firewall. Aplikasi ini akan membantu anda untuk menghilangkan seluruh iklan yang muncul di bagian aplikasi gratis. 

Namun, aplikasi ini juga berfungsi untuk menonaktifkan aplikasi yang dianggap mengganggu anda. Hal yang harus diingat adalah aplikasi ini akan berjalan secara otomatis bila perangkat android anda tersambung dengan internet. Cobalah nonaktifkan aplikasi ini bila anda ingin bermain game. 

Biasanya beberapa game akan menganggap bahwa aplikasi ini akan menggangu koneksi internet yang memang dibutuhkan.

0 Response to "Kumpulan cara menghilangkan iklan di Android dengan mudah"

Post a Comment

saya sangat senang sekali jika anda berkenan untuk menuliskan respon anda terhadap tulisan saya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel