Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Waktu Untuk Posting Blog?

Kapan Waktu Untuk Posting Blog


Hallo sobat blogger semua, pasti pengen artikel yang kita tulis banyak yang dikunjungi, dikomentari, atau bahkan dapat backlink dari situ. Tapi, tahu nggak sih, bukan cuma soal artikel yang berkualitas, tapi kita juga harus perhatikan kapan waktu terbaik buat nge-post artikel di blog. Jangan sampai salah, ya!


Pilih waktu yang tepat buat nge-post artikel blog itu penting banget. Kan kita tahu, blog beda banget sama media sosial. Kalau dilihat dari kontennya, konten di media sosial kan lebih singkat, ringan, dan bisa dibaca dengan cepat. Tapi blog, kan tulisan panjang yang butuh waktu lebih buat bisa sampe ke kesimpulan. Apalagi kalau harus juga memikirkan tentang SEO blog. Maka artikel yang ditulis pastinya tidak bisa seenaknya.


Ini nih sebabnya kenapa orang yang baca artikel kita itu emang orang yang butuh informasi dari artikel itu. Jadi, kita perlu perhatiin gimana cara biar artikel kita banyak yang dibaca. Kalau kita nge-post artikel pas jam dan waktu yang tepat, pasti hasilnya lebih untung, kan?


Nah, sekarang pertanyaannya, emang ada patokan waktu terbaik buat nge-post artikel di blog? Yuk, kita simak informasinya di sini.


Kapan Waktu Terbaik Nge-Post Artikel di Blog?


Waktu Terbaik Buat Dapetin Banyak Pengunjung


Nih, caranya menghitung jumlah views blog itu cukup sederhana. Jadi, jumlah pengunjung atau jumlah views per halaman itu tuh jumlahnya dari berapa banyak halaman yang pengunjung buka di blog kita. Nah, biasanya waktu posting artikel bisa berpengaruh buat dapetin banyak pengunjung. Misalnya, kita bisa nyesuain waktu posting di saat orang-orang lagi nggak sibuk atau lagi nggak istirahat.


Menurut kami, waktu terbaik buat ngunggah konten di blog kalian biar banyak pageviews itu sekitar jam 9 pagi. Kenapa? Soalnya, pada jam itu biasanya orang belum terlalu sibuk dengan kerjaannya. Mungkin ada yang masih nunggu kerjaan dimulai, jadi di jam itu pas banget buat nge-post artikel blog.


Selain itu, kita juga bisa ngunggah artikel di hari-hari sibuk kayak Senin sampe Jumat. Karena kalau kita ngunggah konten pas hari Senin, biasanya traffic-nya lebih tinggi daripada hari menjelang akhir pekan. Kan kebanyakan orang pasti lagi sibuk ngelarasin kerjaan biar bisa nikmatin akhir pekan, kan? Itu pengamatan dari Admin sih.


Selain itu, kita juga perlu ngimbangin dengan bikin judul atau headline yang menarik perhatian pembaca supaya mereka tertarik buat klik artikel kita. Misalnya, "5 Tips Turunin Berat Badan Dalam Waktu Seminggu". Kalau judul dan artikelnya udah menarik, tinggal kita upload ke website. Jangan lupa tetep konsisten update blog, ya.


Waktu Terbaik Buat Dapetin Banyak Komentar


Nah, kalau tadi buat dapetin banyak pengunjung waktu postingnya jam 9 pagi, kali ini buat dapetin banyak komentar nih. Waktunya itu sekitar jam 8 pagi sampe jam 11 pagi.


Kita bisa ngunggah artikel pas hari libur kayak Sabtu dan Minggu. Kenapa? Ya, bayangin aja, pada hari-hari itu kan kebanyakan orang lagi santai dan mungkin banyak yang buka media online buat kasih respon atau tanggapan terhadap konten yang mereka baca atau lihat.


Waktu Terbaik Buat Dapetin Backlink


Backlink sendiri tuh link yang ada di website blog kita, kalau di-klik bakal ngearahin ke website kita sendiri atau website orang lain. Dengan nambahin backlink, bisa nambah jumlah views sekaligus komentar di blog kita.


Terus, kapan waktu terbaik buat posting artikel buat dapetin backlink? Jawabannya, waktu hari kerja, mulai dari Senin sampe Kamis, sekitar jam 7 pagi. Kenapa pagi banget? Ya, soalnya biasanya di pagi hari itu kan waktu konten kreator buat kerja dan revisi pekerjaan mereka. Jadi, waktu itu kemungkinan besar website yang kita kasih backlink bakal kasih balik backlink juga.