Monday, July 24, 2017

Tips Jitu Terhindar dari Insomnia Akut



Insomnia - Tubuh Anda terasa sangat lelah dan butuh istirahat yang cukup setelah bekerja seharian penuh. Tapi, Anda ternyata tidak bisa langsung memejamkan mata saat tiba di tempat tidur. Bahkan kesulitan mendapatkan masa tidur tersebut berlangsung hingga pagi hari. Akibatnya tubuh Anda semakin terasa lelah saat harus beraktivitas keesokan harinya.

Insomnia memang sering melanda banyak orang dan sangat mengganggu masa  istirahat yang berkualitas. Jika dibiarkan, tubuh Anda akan mengalami gangguan bahkan tak heran jika penyakit akan bersarang dalam tubuh. Anda perlu mempraktekkan tips menghilangkan insomnia akut yang efektif berikut ini.


7 Tips Menghilangkan Insmonia

Berikut ini ada 7 tips menghilangkan insomnia yang efektif dan bisa segera Anda praktekkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan manfaat.

1. Pastikan Anda memiliki tempat tidur yang nyaman
Langkah pertama mengaplikasikan tips menghilangkan insomnia adalah memastikan bahwa Anda memiliki tempat tidur yang nyaman. Ranjang yang empuk atau setidaknya lingkungan kamar yang bersih. Lingkungan yang kotor dan berantakan atau tempat tidur yang terlalu keras bisa menjadi penyebab Anda tidak bisa tidur nyenyak.


2. Matikan semua gadget atau lampu tidur
Untuk mendapatkan kualitas tidur yang bagus maka Anda perlu mematikan semua penyebab Anda tidak bisa tidur seperti gadget, televisi atau lampu tidur yang terlalu terang.


3. Mandi menggunakan air hangat setidaknya setengah jam atau satu jam sebelum tidur
Kondisi tubuh yang lelah, berkeringat dan bau bisa membuat Anda tidak nyaman saat hendak tidur. Cobalah merileksasi tubuh dan pikiran dengan melakukan tips menghilangkan insomnia yang efektif yaitu mandi air hangat.


4. Mengurangi konsumsi kafein, nikotin dan juga alkohol
Kafein yang berlebih bisa membuat Anda susah tidur sebab menstimulasi otak untuk terus berjaga. Alkohol yang dianggap mampu membuat tubuh lebih cepat tidur nyatanya menimbulkan efek samping seperti Anda akan berada dalam fase deep sleep atau bermimpi dengan bola mata yang bergerak dibanding posisi tidur seseungguhnya atau REM sleep.Tips menghilangkan insomnia adalah mengurangi tiga hal tersebut yang juga berpengaruh buruk pada kesehatan.


5. Usahakan untuk tidak makan atau minum dalam porsi yang banyak sebelum pergi tidur
Makanan yang terlalu banyak mengandung protein dan karbohidrat tidak bagus dikonsumsi menjelang tidur sebab karbohidrat mengandung banyak gula yang membuat otak bekerja saat tidur sedangkan protein tinggi lebih sulit dicerna oleh tubuh semalaman. Tips menghilangkan insomnia adalah makan makanan tersebut setidaknya 3 jam sebelum Anda pergi tidur.


6. Rajin berolahraga
Tips menghilangkan insomnia adalah rajin berolahraga yang akan membuat tubuh lebih sehat dan juga rileks. Tubuh yang rileks tentu lebih mudah untuk mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak. Jadi, sebaiknya Anda mulai aktif berolahraga setiap hari seperti berjalan kaki setidaknya setengah jam tiap hari.


7. Miliki waktu tidur yang periodik
Waktu tidur yang periodik atau teratur lebih baik dibanding Anda begadang sampai malam dan bangun terlambat. Pergilah tidur awal dan bangun seawal mungkin bisa membuat Anda terhindar dari insomnia akut.Tips menghilangkan insomnia adalah memiliki pola hidup yang sehat dan teratur termasuk waktu tidur yang semestinya.


7 tips menghilangkan insomnia tersebut bisa membantu Anda yang mengalami kesulitan tidur selama ini. Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi obat tidur yang akan membuat tubuh kecanduan dan tentu saja memiliki dampak berbahaya sebab mengandung obat kimia jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner