Monday, April 16, 2018

Inilah 5 Cara Menangkal Serangan Ransomware Petya Yang Perlu Anda Ketahui


Menangkal Serangan Ransomware Petya - Dunia internet seolah merupakan dunia yang tak bisa terlepas dari masyarakat modern yang semakin berkembang seperti saat ini. Berbagai transaksi maupun aktivitas bisa dengan mudah dilakukan dengan adanya internet. Bahkan kini banyak perusahaan besar yang memanfaatkan internet untuk mendukung berbagai aktivitas kantor. Akan tetapi akhir-akhir ini beredar kabar yang cukup mengejutkan yaitu adanya serangan virus ransomware yang bisa merusak data-data yang ada di dalam komputer perusahaan. Meskipun hingga saat ini belum ada cara yang tepat untuk mengatasi ransomware, namun terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangkal ransomware.

Mengenal Ransomware Petya 

Menurut kabar yang beredar, terdapat sekitar 64 negara yang telah menjadi korban ransomware. Virus ransomware tersebut menyerang perusahaan diberbagai penjuru dunia tersebut bernama Petya. Ransomware Petya mempunyai karakteristik khusus ketika menyerang yaitu berupa ransomware Wannacry. Melalui serangan ini, maka para korban yang kebanyakan adalah perusahaan besar akan dipaksa untuk membayarkan dana dengan jumlah yang besar dalam bentuk bitcoin. Dana tersebut merupakan tebusan agar perusahaan dapat memperoleh kembali data-data perusahaan yang telah dienkripsi oleh virus tersebut.

Ransomware Petya awalnya menyerang di Ukraina, kemudian menyebar ke berbagai negara di Eropa hingga Asia. Dalam aksinya menyerang data komputer perusahaan, ransomware petya akan melakukan booting secara paksa pada komputer yang telah terinfeksi oleh virus tersebut kemudian data di dalamnya akan dienskripsi.

5 Cara Menangkal Ransomware Petya 

Jika data-data perusahaan telah dienkripsi, maka akan sangat merugikan perusahaan tersebut dari segi dana maupun waktu. Bahkan saat ini telah banyak perusahaan di negara lain yang mengalami serangan ransomware Petya sehingga perusahaan di Indonesia tetap waspada dengan serangan virus ransomware Petya.  Oleh karena itu, agar komputer perusahaan bisa terhindar dari ransomware petya, maka berikut ini akan dijelaskan 5 cara menangkal ransomware petya yang perlu Anda ketahui.

1. Perlu Anda ketahui bahwa ransomware petya biasanya membutuhkan waktu skeitar satu jam dapat menginfeksi komputer. Jika komputer tiba-tiba seperti proses checking disk, maka ransomware sedang menyerang hard disk komputer Anda. Oleh karena untuk menangkal ransomware menyebar dan menginfeksi komputer, maka segeralah matikan komputer dan copy file-file penting dengan menggunakan liveCD.

2. Ransomware Petya sebetulnya, juga mengekploitasi kelemahan pada Microsoft SMBv1 seperti ransomware WannCry. Untuk menangkal ransomware ini, maka Anda bisa mengintall patch MS17-010 atau bisa dengan menonaktifkan fungsi dari SMBv1. Akan tetapi Anda tetap bisa menggunakan SMBv2 dan SMBv3 pada Microsift windows.

3. Untuk menangkal ransomware, maka jangan sampai lupa untuk mengupdate signature antivirus dan anti malware. Hal ini disebabkan karena beberapa produk antivirus yang saat ini telah digunakan ternyata dapat digunakan untuk mendeteksi ransomware Petya.

4. Bagi perusahaan yang menggunakan administratos system pada jaringan yang besar, maka upayakan Instrusion Prevention System (IPS) telah diupdate dengan signatur yang terbaru serta jangan lupa untuk memonitoring port service 139/445 pada firewall. Untuk menangkal ransomware Anda bisa mematikan service tersebut jika tiba-tiba muncul aktivitas yang mencurigakan pada kompuer Anda.

5. Cara menangkal ransomware berikutnya adalah dengan menggunakan system restore yang bisa mengembalikan komputer Anda jika ternyata komputer tersebut telah terinfeksi oleh ransomware Petya.

Itulah penjelasan mengenai 5 cara menangkal ransomware Petya yang perlu untuk Anda ketahui. Melalui penjelasan di atas, kini Anda bisa mempraktikkan 5 cara menangkal ransomware di atas jika sewaktu-waktu komputer perusahaan mengalami hal yang aneh atau mencurigakan. Dengan cepat tanggap, maka Anda bisa menyelamatkan perusahaan dari serangan ransomware Petya serta terhindar dari kerugian.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner