Sunday, April 15, 2018

Bagaimana Dampak Internet Kepada Generasi Penerus ?


Dampak penggunaan internet - Tak sedikit dari orang tua yang mengkhawatirkan akan adanya dampak buruk bagi anak-anak mereka akibat dari perkembangan internet ataupun teknologi smart phone di zaman sekarang. Perasaan yang seperti ini memang wajar dialami oleh setiap ataupun sebagian seseorang, karena memang ada banyak situs-situs yang berbahaya yang mudah diakses oleh siapapun.

Dengan berkembangnya internet dari yang baik sampai yang buruk sekalipun kita tentu tidak bisa menyalahkan perkembangan internet itu sendiri. Meskipun memang perkembangan teknologi internet mempunyai resiko yang bisa saja terjadi kepada siapapun bagi penggunanya. Akan tetapi dibalik hal buruk yang telah menyebar di dunia internet, tentu saja ada banyak hal baik maupun hal positif yang bisa kita petik dari penggunaan internet itu sendiri.

Dampak Positif Penggunaan Internet 

Diantara dampak positif penggunaan internet bagi generasi muda sebagai penerus bangsa kita yaitu sebagai berikut :

1. Media informasi yang dapat dijangkau dengan bebas

Dampak penggunaan internet yaitu timbulnya sumber pengetahuan yang berasal dari internet itu sendiri. Setiap orang bebas mendapatkan informasi langsung dari internet. Dengan begitu peran guru disini bukan sebagai pemberi dan pengajar ilmu pengetahuan bagi setiap muridnya, karena memang internet seolah-olah telah menggantikan perannya. Sehingga guru juga harus bisa membimbing dan mengarahkan siswanya.

2. Munculnya sistem baru dalam dunia pembelajaran

Dampak penggunaan internet yang kedua yaitu sistem baru dalam dunia pembelajaran. Kini belajar tidak harus dengan bertatap muka saja. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang berbasis teknologi pembelajaran pun bisa menggunakan internet secara langsung. Sehingga guru tidak harus bertamu dengan murid-muridnya.

3. Sistem penilaian data yang memanfaatkan perkembangan teknologi

Dampak penggunaan internet yang satu ini yaitu munculnya sistem pengelolaan penilaian data yang menggunakan teknologi. Semuanya tentu bisa dikerjakan dengan mudahnya. Dengan begitu dulunya yang hanya bisa dihitung secara manual yang menghabiskan banyak waktu maka sekarang telah menggunakan teknologi baru layaknya komputer yang begitu mudah.

4. Timbulnya metode belajar baru

Dampak penggunaan internet ini tentu sangat memudahkan guru dan murid dalam setiap proses belajar mengajar. Dengan adanya teknologi khususnya internet, munculah metode-metode yang dapat memenuhi kebutuhan siswa dengan taraf pemahaman yang lebih mudah.


5. Fasilitas pendidikan yang terpenuhi

dengan adanya dampak penggunaan internet yang positif membuat pemenuhan kebutuhan akan fasilitas-fasilitas di dunia pendidikan terpenuhi begitu cepat. Dengan perkembangan teknologi ini maka kebutuhan pun akan dapat terselesaikan dengan angka waktu yang begitu singkat.


Dampak Negatif Penggunaan Internet 

Di sisi lain ada dampak penggunaan internet yang negatif. Hal ini sejalan bagi siapapun yang mengaksesnya. Aka tetapi efek ini paling banyak menyerang pada dunia pendidikan. Diantaranya yaitu :


1. Menyebabkan siswa menjadi malas untuk belajar

Penggunaan internet yang berlebih tentu akan membuat siswa menjadi enggan untuk belajar. Terlebih penggunaan internet tersebut hanyalah untuk kesenangan semata.

2. Menurunnya prestasi sekolah bagi pelajar

Penggunaan internet yang berlebih tentu saja berdampak negatif pada penggunanya. Khususnya di kalangan pelajar, waktu  yang terlalu lama menggunakan internet akan menghabiskan waktu belajarnya. Tak jarang hal ini berakibat pada prestasi sekolahnya yang menurun drastis.

3. Penyalahgunaan internet dengan tindak kriminal

Siring dengan adanya dampak penggunaan internet yang negatif menimbulkan bahaya tersendiri khususnya pada pengguna aktifnya. Ada banyak hal beresiko seperti misalnya pada kasus perampokan yang membobol sistem keamanan ataupun keuangan sebuah perusahaan ataupun kantor.

4. Munculnya tindakan asusila

Dampak penggunaan internet yang tidak benar tentu akan menjadi sebuah ancaman tersendiri. Sering kali kita mendengar beberapa kasus pelanggaran asusila yang dilakukan oleh pelajar ataupun yang lainnya.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner