Beragam Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah HP Android Lemot

Beragam Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah HP Android Lemot
Beragam Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah HP Android Lemot


Performa smartphone Android itu memang makin lama pasti makin menurun.

Hal tersebut biasa terjadi dan memang sangat normal.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kenapa HP Android lemot.

Salah satu penyebab kenapa HP Android lemot adalah karena faktor usia komponen.

Karena sering digunakan, jelas semakin lama kondisi komponen di dalam smartphone Android akan semakin menurun.

Namun selain itu, ada faktor lain yang menjadi penyebab HP Android lemot dan bisa anda atasi dengan mudah.

Apakah selama ini anda juga sering merasa jengkel karena HP Android yang anda gunakan semakin lama semakin menurun performanya?

Mau tau bagaimana caranya membuat HP Android yang lemot bisa sedikit meningkat kembali performanya?

Jika anda ingin tau bagaimana caranya membuat HP Android bisa sedikit meningkat performanya setelah lama digunakan, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.


3 Cara Umum Untuk Mengatasi Masalah HP Android Lemot yang Bisa Anda Coba Sekarang Juga


Ada banyak sekali solusi untuk mengatasi masalah HP Android lemot. Ada cara yang umum disarankan dan ada juga cara yang cukup ekstrim.

Bagi anda yang memang ingin mencoba meningkatkan sedikit performa HP Android lemot, anda bisa mencoba salah satu dari 3 cara umum berikut ini terlebih dahulu:


·       Hapus cache yang menumpuk di dalam memori internal smartphone

Beragam Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah HP Android Lemot

Salah satu penyebab utama kenapa HP Android anda semakin lama semakin melempem performanya adalah karena terlalu banyak file yang tersimpan di dalam memori internalnya.

Sebuah sistem membutuhkan free space untuk bisa berjalan dengan stabil. Jika memori internal smartphone Android anda cukup penuh, maka solusinya adalah mulai hapus cache yang tersimpan di dalam memori internal.

Cara menghapus cache yang tersimpan di dalam memori internal HP Android juga cukup mudah. 

Anda hanya perlu masuk menu pengaturan dan pilih menu storage atau penyimpanan. Setelah itu, cari file cache dan hapus. 

Tunggu prosesnya sampai selesai. 


Setelah menghapus file cache yang menumpuk di dalam memori internal, biasanya performa smartphone Android akan sedikit bertambah.



·         Kurangi aplikasi yang terpasang di dalam HP Android

Beragam Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah HP Android Lemot

Jika menghapus cache masih belum membantu mengurangi masalah HP Android lemot, maka anda perlu mengurangi aplikasi yang terpasang di dalam HP Android anda.

Dengan mengurangi jumlah aplikasi yang terpasang di dalam HP Android, maka secara otomatis HP Android akan memiliki lebih banyak free space.

·         Lakukan factory reset

Beragam Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah HP Android Lemot

Jika mengurangi aplikasi yang terpasang di HP Android juga masih belum bisa mengurangi masalah HP Android lemot, maka jalan terakhir yang paling mudah adalah dengan melakukan factory reset.

Dengan melakukan factory reset, semua data yang tersimpan di dalam HP Android akan hilang dan dikembalikan ke pengaturan pabrikan. Setelah melakukan factory reset, biasanya HP Android akan terasa seperti HP baru.

2 Cara Ekstrim Untuk Atasi Masalah HP Android Lemot

Anda sudah mengetahui 3 solusi mudah untuk mengatasi masalah HP Android lemot. Namun 3 cara tersebut adalah solusi yang umum. Terkadang solusi umum tersebut masih belum cukup efektif untuk mengatasi masalah HP Android lemot.

Jika memang tidak ada satupun dari 3 cara tersebut yang mampu meningkatkan kembali performa HP Android anda yang lemot, masih ada 2 cara ekstrim yang bisa anda coba gunakan.

Berikut adalah 2 cara yang cukup ekstrim untuk mengatasi masalah HP Android lemot:

·         Bongkar dan ganti thermal pad pada CPU HP Android anda

Beragam Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah HP Android Lemot

Salah satu penyebab utama kenapa performa HP Android yang sudah digunakan cukup lama menjadi menurun drastis adalah karena CPU sering mengalami over heat.

Penyebab utama kenapa CPU sering mengalami over heat adalah karena fungsi pendinginnya sudah tidak bekerja secara maksimal. Pendingin CPU HP Android disebut dengan thermal pad.

Bentuknya seperti double tap berbentuk busa. Pada umumnya, warna thermal pad untuk CPU HP Android adalah biru muda atau abu-abu.

Untuk meningkatkan kembali performa HP Android lama, anda cukup mengganti thermal pad tersebut dengan yang baru. Jika thermal pad HP Android sudah anda ganti dengan yang baru, secara otomatis CPU tidak akan mengalami over heat lagi.

Ketika CPU sudah tidak mengalami over heat, dijamin performa HP Android akan kembali seperti semula atau minimal ada peningkatan yang cukup signifikan.

·         Ganti ROM Android yang digunakan

Beragam Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah HP Android Lemot

Jika anda belum berani membongkar HP Android yang anda miliki, masih ada solusi lain untuk mengatasi masalah HP Android lemot.

Cara termudah dan cukup ekstrim untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti ROM Androidnya.

Ya, sistem Android yang digunakan di HP anda itu bisa diganti. Pada umumnya, sistem Android bawaan dari pabrikan itu cukup berat. Kenapa? Karena ada banyak sekali bloatware di dalamnya.

Jika anda mengganti ROM Androidnya, secara otomatis performa HP Android anda kemungkinan besar bisa meningkat drastis dan bisa saja lebih cepat dari pertama kali anda menggunakannya.


Note:

Solusi paling efektif untuk mengatasi masalah HP Android lemot memang adalah dengan menggunakan salah satu dari 2 cara ekstrim yang sudah dijabarkan.

Namun demikian, 2 cara ekstrim untuk mengatasi masalah HP Android lemot tersebut juga ada risikonya. 

Jika tidak dilakukan dengan benar, HP Android anda kemungkinan bisa rusak permanen.

Oleh sebab itu, pelajari terlebih dahulu risiko dan proses yang benar untuk melakukan 2 cara ekstrim tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel