Mengenal Apa Itu Cacar Monyet (Monkeypox)

Hay gaes, apa kabar, gimana puasanya? semoga tetep lancar dan istiqomah ya ngejalaninnya. Belakangan ini lagi marak ya tentang cacar monyet atau yang dikenal dengan monkeypox. Banyak sudah diberitakan di media-media ya gaes. Seperti apa sih sebenernya cacar monyet atau monkeypox ini? Yuk kita simak.

Mengenal Apa Itu Cacar Monyet (Monkeypox)

Apasih cacar Monyet?

Cacar monyet atau monkeypox pertama kali ditemukan di oleh negara Singapura yaitu pas ada warga negara Nigeria yang terdeteksi mengidap cacar monyet pada tanggal 28 April kemaren gaes. Cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit yang asalnya dari virus yang ditularkan oleh hewan ke manusia. Hewan yang dapat menularkan virus ini biasanya primata dan hewan pengerat gaes. Kenapa dinamakan cacar monyet atau monkeypox? Karena penyakit ini ditemkan pada sekitar tahun 1958 di laboratorium monyet. Tapi ternyata gak manusia doank lho yang bisa tertular virus ini, anjing dan tikus ternyata juga bisa terserang virus ini gaes, wah ngeri juga ya. 

Trus kalian sudah tau kan apa itu cacar monyet atau monkeypox? Lalu apa aja sih ciri-ciri ataupun gejala yang ditimbulkan oleh cacar monyet atau monkeypox ini? Ciri-cirinya yaitu:

1. Mengalami sakit kepala yang parah
2. Mengalami demam
3. Timbulnya ruam pada kulit
4. Otot tubuh terasa skit
5. Pada bagian punggung juga terasa sakit
6. Mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening

Nah itu dia ciri-ciri dari penyakit cacar monyet atau monkeypox itu gaes. Dalam beberapa kasus virus monkeypox ini menghasilkan komplikasi penyakit lain gaes, seperti radang otak dan infeksi pada bagian mata.

Lalu bagaimana sih penyakit ini bisa menular?


Nah proses penularan dari penyakit cacar monyet atau monkeypox ini kebanyakan ditularkan dari hewan-hewan pengerat dan primata. Virus ini menular lewat kontak langsung dengan hewan-hewan tersebut, dan juga kontak langsung dengan orang yang terinfeksi penyakit ini. Gak cuma itu, proses penularan juga bisa melalui orang yang mengonsumsi daging yang tidak diolah dan dimasak dengan baik.

Gimana sih cara pencegahan dari penyakit cacar monyet ini?


Nah supaya kalian tidak tertular virus ini, kalian bisa melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat dengan selalu mencuci tangan dengan sabun secara mendetail. Selain itu konsumsi daging yang dimasak dengan baik dan higienis, dan jangan lupa hindari kontak langsung dengan hewan-hewan pengerat ataupun primata.

Penanganan cacar monyet


Nah kalau sudah tertular penyakit ini, gimana sih penanganannya?
Pasien yang sudah tertular monkeypox garus istirahat total agar tidak semakin parah dan juga segera mendapatkan penanganan khusus. Penyakit cacar monyet atau monkeypox ini dapat dikendalian dengan menyuntukkan vaksin cacar, cidofor, ST-246, dan Vaccinia Imun Globulin (VIG)

Nah itulah info seputar cacar monyet atau monkeypox, semoga kita tidak tertular ya gaes, dan selalu jaga kesehatan ya gaes.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel