Hati-hati, Kesepian Bisa Picu Penyakit Jantung



Meski terkadang dianggap sepele, nyatanya kesepian justru bisa berisiko menyebabkan penyakit jantung.

Photo by Fabrizio Verrecchia on Unsplash

Penyakit jantung biasanya identik dengan konsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol. Namun, ternyata gangguan pada jantung tak melulu soal makanan tersebut. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kesepian juga berisiko menyebabkan penyakit jantung.

Dilansir dari Healthline, para peneliti di University of York menemukan bahwa orang yang memiliki hubungan sosial yang minim atau kesepian memiliki risiko terkena penyakit jantung sebesar 29 persen lebih tinggi dari orang yang banyak memiliki teman atau aktif di berbagai komunitas.

Menyoal hal tersebut, penelitian serupa lainnya juga dilakukan di Universitas Oxford dalam jangka waktu 8 tahun. Sekitar 700 ribu wanita berkenan menjadi responden dan ditelusuri kehidupan sosialnya.

Dari hasil penelitian tersebut, terbukti bahwa responden yang hidup dengan pasangan memiliki kemungkinan 28 persen lebih rendah untuk meninggal karena penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan mereka yang hidup sebatang kara.

Kedua penelitian tersebut kemudian menyimpulkan bahwa kesepian karena kurangnya komunikasi sosial nyatanya dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, sehingga memicu penyakit jantung yang dapat mengancam nyawa.

Dijelaskan oleh dr. Alvin Nursalim SpPD dari KlikDokter, penyakit jantung biasanya ditandai dengan nyeri dada, rasa mudah lelah, hingga sesak napas.

“Ada beberapa faktor risiko penyakit jantung yang harus diwaspadai, misalnya kebiasaan merokok dan kadar kolesterol total serta kolesterol jahat (LDL) yang tinggi,” ucapnya.
Selain itu, menurutnya riwayat penyakit jantung di usia muda (< 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita) pada keluarga juga turut memengaruhi seseorang terkena penyakit jantung.

Perlu Anda ketahui, beberapa kondisi penyakit ini meliputi aritmia, penyakit jantung koroner, kardiomiopati, kelainan jantung bawaan, serta infeksi jantung. Karena begitu bahayanya penyakit ini, ada baiknya Anda mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin.

Terakhir, perkara hubungan sosial juga perlu Anda perhatikan. Karena kesepian terbukti dapat memicu penyakit jantung, mulai sekarang ciptakanlah jalinan pertemanan sebanyak-banyaknya, dan bangunlah hubungan baik dengan keluarga, tetangga atau sahabat. Bila suka, Anda dapat bergabung dengan komunitas yang sesuai minat untuk menambah teman. Yuk, perbanyak teman agar terhindar dari penyakit jantung!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel