Konsumsi Makanan dan Minuman Ini untuk Mendapatkan Tubuh yang Sehat





Menjalankan pola hidup sehat turut berpengaruh dalam membentuk tubuh yang sehat. Salah satu pola hidup sehat yang bisa dilakukan setiap hari adalah memilih dan mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang sehat. Dimana makanan dan minuman yang dimaksud harus mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang. Selain itu dengan menghindari asupan makanan yang tidak sehat, seperti junk food. Perlu diketahui, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita juga turut berpengaruh pada pola pikir dan kepintaran, sehingga tidak boleh mengkonsumsi jenis makanan dan minuman secara sembarangan.

Mengkonsumsi makanan yang sehat selain baik untuk kesehatan tubuh, juga menghindarkan dari resiko penyakit berbahaya. Seperti yoghurt misalnya yang mengandung probiotik untuk kesehatansaluran cerna. Untuk lebih lengkapnya jenis makanan yang bagus dikonsumsi tubuh, antara lain:

  1. Karbohidrat.
Asupan karbohidrat sangat diperlukan sebagai sumber energi untuk menjalankan berbagai aktivitas yang dijalani setiap hari. Di Indonesia, sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi adalah nasi. Namun pada beberapa orang mengkonsumsi nasi dengan jumlah yang banyak dan tidak terkontrol. Akibatnya tubuh menjadi obesitas dan bisa memicu penyakit gula darah tinggi dan lemak berlebih. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup. Untuk kesehatan, beras merah bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat karena mampu mengurangi kadar gula dalam darah.

  1. Sayur dan buah.
Kedua jenis makanan ini sangat kaya serat dan antioksidan yang bagus dikonsumsi oleh tubuh. Beberapa jenis sayuran juga mengandung zat besi yang bagus untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh, seperti bayam, kangkung, dlsb. Tentu sudah banyak yang tahu pentingnyazat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia, sehingga sangat dianjurkan mengkonsumsi sayur-sayuran tersebut.

  1. Daging dan ikan.
Untuk mencukupi kebutuhan protein yang diperlukan oleh tubuh, Anda bisa mengkonsumsi daging dan ikan. Untuk daging dan ikan sebaiknya konsumsi secukupnya. Ikan mengandung Omega 3 yang jika dikonsumsi sangat bagus untuk perkembangan otak.

  1. Air putih.
Agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan kulit tetap sehat, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Salah satunya dengan minum air putih secukupnya. Untuk Anda yang memiliki aktivitas super sibuk, sangat disarankan untuk minum air putih banyak agar bisa mengganti cairan tubuh yang hilang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel