Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengembalikan foto yang terhapus di android lewat aplikasi

FALAHBAYHAQI.COM - Cara mengembalikan foto yang terhapus di android lewat aplikasi. Smartphone android memang memiliki beberapa pilihan kapasitas penyimpanan internal.

Biasanya fungsi ini digunakan untuk menyimpan banyak file penting seperti foto dan video.

Apalagi beberapa smartphone android saat ini sudah dibekali dengan kekuatan kamera yang sangat baik. Hal ini membuat perangkat ini akan berfungsi sebagai media penyimpanan file foto.

Namun, sebagian pengguna kadang pernah mengalami penghapusan file foto tanpa sengaja.

 Anda harus tahu bahwa seluruh file yang ada di penyimpanan internal akan terhapus secara langsung tanpa melalui metode penyimpanan terlebih dahulu.

Kecuali bila anda mengaktifkan penyimpanan cloud. Kondisi seperti ini yang membuat banyak orang membutuhkan cara mengembalikan foto yang terhapus di android.

8 aplikasi untuk mendukung cara mengembalikan foto yang terhapus di android 

Sebenarnya anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan foto yang terhapus secara tidak sengaja lewat perangkat android.

Salah satu metode yang bisa anda pertimbangkan adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Apalagi ada banyak aplikasi yang akan membantu anda untuk mendapatkan foto itu kembali.

Namun, cobalah untuk memilih aplikasi yang bisa mengembalikan foto dengan fitur penting. Sebagian besar dari aplikasi ini bisa digunakan dengan metode konvensional atau melalui proses root. Mungkin anda bisa mempertimbangkan 8 aplikasi yang biasa digunakan pada cara mengembalikan foto yang terhapus di android seperti:

1. Dumpster

Ini adalah salah satu dari aplikasi yang akan membantu anda untuk menerapkan cara mengembalikan foto yang terhapus di android. Aplikasi ini memang sangat populer di berbagai kalangan pengguna. Apalagi ada banyak fitur penting yang bisa anda gunakan dengan sangat maksimal. 

Salah satu fitur dari aplikasi ini adalah untuk menyimpan file foto secara otomatis dengan sinkronisasi cloud.

Cara kerja dari fitur ini biasanya akan membuat file aman saat pertama kali disimpan setelah pengambilan gambar. Proses penyimpanan file foto itu dilakukan di Bin Dumpster.

Bila anda ingin mendapatkan kembali file foto yang sudah terhapus cobalah untuk mengecek langsung lewat bin dan restore seluruh file foto yang diperlukan.

2. BigDeep Image Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus di android lewat aplikasi

Rekomendasi aplikasi android backup foto yang bisa anda coba lagi adalah BigDeep Image Recovery. Aplikasi ini memang bisa menjadi salah satu solusi yang sangat penting untuk dicoba.

Apalagi sudah banyak pengguna yang menganggap bahwa aplikasi ini akan membantu untuk mengembalikan file foto dengan mudah dan cepat. Salah satu layanan yang bisa anda nikmati tentu saja restore foto dari penyimpanan internal dan eksternal.

Jangan khawatir karena aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan lewat perangkat android apa saja. Untuk melakukan recovery cukup nyalakan fitur scanning maka secara otomatis aplikasi ini akan mengembalikan data file foto yang telah hilang.

3. Restore Image

Cara mengembalikan foto yang terhapus di android lewat aplikasi

Sebenarnya aplikasi yang digunakan untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di android seperti ini juga memiliki fitur yang hampir mirip.

Aplikasi Restore Image memang berfungsi untuk mengembalikan file foto yang sudah terhapus dari smartphone android. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah interface yang sangat sederhana hingga fungsional fitur yang mudah dimengerti. Anda bisa menggunakan fungsi recovery foto dengan mudah dan cepat.

Bahkan, aplikasi ini juga menerapkan deep scan yang membantu mengembalikan file foto lama sekalipun. Selain itu, Restore Image ini juga bisa diinstall pada perangkat android tanpa harus melakukan rooting terlebih dahulu. Tentu saja ini menjadi keuntungan bagi para pengguna tanpa harus merubah sistem pada android.

4. Delete Image Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus di android lewat aplikasi

Pilihan aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan adalah Delete Image Recovery. Aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Apalagi fitur yang ditawarkan juga sangat ideal digunakan pada banyak perangkat android sekaligus. Keunggulan aplikasi ini adalah menawarkan kemudahan penggunaan fitur hanya dalam beberapa tap saja.

Proses scanning terhadap file foto yang dilakukan juga bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Bahkan, anda juga bisa mendapatkan file foto secara deep scan sehingga memunculkan kembali foto yang sudah lama terhapus. Aplikasi ini juga tidak bisa digunakan tanpa harus melakukan root pada perangkat android.

5. Deleted Photo Recovery

Sebenarnya aplikasi ini juga dianggap memiliki fungsi fitur yang hampir mirip. Namun, interface dari aplikasi ini tentu saja berbeda dibandingkan dengan lainnya.

Tampilan yang cukup sederhana memudahkan anda untuk melakukan scanning. Selain itu, penempatan fitur utama seperti scan file juga mudah ditemukan.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga sangat cepat dan mudah. Anda hanya perlu memulainya dengan membuka aplikasi dan menjalankan scanning.

Secara otomatis aplikasi ini akan mencari file foto yang sudah terhapus. Selanjutnya, anda bisa memilih foto yang akan dibackup atau disimpan kembali. Jangan khawatir karena kualitas foto yang direcovery juga tidak berubah.

6. Photo Recovery

Anda juga bisa mencoba menginstall aplikasi Photo Recovery yang menawarkan fungsi pencarian foto yang telah terhapus.

Bahkan, pencarian foto seperti ini bisa dilakukan dengan metode deep scan. Hal ini justru akan membantu anda untuk mendapatkan file foto yang sudah terhapus dalam waktu yang lebih lama. Tampilan antar muka dari aplikasi Photo Recovery ini memang sangat minimalis.

Beberapa fitur dari aplikasi ini bisa anda temukan di bagian layar kiri. Selanjutnya pilih beberapa metode recovery. Masing-masing dari metode recovery ini memang menerapkan metode deepscan. Seluruh file foto yang sudah melalui proses scan bisa anda temukan di fitur Bin.

7. Photo Recovery Workshop

Aplikasi ini bisa anda install di perangkat android tanpa membutuhkan rooting. Tentu saja ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan file foto dengan sangat mudah dan cepat.

Apalagi aplikasi ini juga bisa dijalankan secara otomatis untuk menemukan seluruh foto yang telah terhapus. Keunggulan dari aplikasi ini adalah kemudahan untuk menerapkan recovery secara menyeluruh pada file foto dan video sekaligus.

Khusus untuk foto, anda bisa melakukan deep scan untuk berbagai jenis format foto. Biasanya format file foto yang bisa didapatkan kembali seperti JPEG, TIFF, PNG, BMP, GIF, JPG dan lainnya. Seluruh pilihan format file foto ini tetap akan mendapatkan kualitas yang baik.

8. Deleted Photo Recovery Free

Rekomendasi aplikasi gratis lainnya yang bisa mengembalikan file foto adalah Deleted Photo Recovery Free. Fitur yang bisa anda gunakan dari aplikasi ini tentu saja mengembalikan seluruh file foto dengan mudah.

Namun, keunggulan dari Deleted Photo Recovery Free adalah tampilan yang sangat minimalis. Bahkan, anda bisa melakukan scanning dari seluruh file foto yang terhapus dengan mudah. Aplikasi ini tidak membutuhkan rooting untuk digunakan pada smartphone android.

Proses scanning yang anda dapatkan juga tergantung dari jumlah dah ukuran file foto itu. Anda tidak perlu khawatir karena seluruh file foto yang telah melalui proses scan akan tetap terjaga kualitas resolusinya.