Cara melacak hp android yang hilang dengan cepat dan akurat

Banyak pengguna android merasa khawatir saat kehilangan perangkat. Apalagi bila perangkat android itu berisi data penting seperti kontak, file foto hingga video. 

Namun, anda tidak perlu khawatir berlebihan karena seluruh file juga masih bisa diakses melalui akun Google. Selain itu, anda juga memiliki peluang untuk menemukan kembali perangkat yang hilang dengan beberapa metode. Apalagi sebagian dari cara melacak hp android yang hilang itu bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. 

Hal yang harus diingat adalah anda membutuhkan koneksi internet dengan perangkat tambahan untuk melacak.

Rekomendasi cara melacak hp android yang hilang dengan mudah

Ada beberapa pilihan metode yang bisa anda gunakan untuk melacak hingga menemukan perangkat android yang hilang. Google memang memiliki layanan yang bisa memberikan akses pada perangkat itu. Bila perangkat itu masih tersambung dengan internet maka akan semakin mudah untuk menemukan. Selain itu, cara seperti ini juga membutuhkan waktu yang sangat cepat untuk dilakukan. Berikut ini ada beberapa pilihan cara melacak hp android yang hilang yang bisa diterapkan dengan mudah seperti:
Cara melacak hp android yang hilang dengan cepat dan akurat

1. Menemukan perangkat android lewat Google Maps

Ini adalah salah satu cara melacak hp android yang hilang dengan mudah. Metode ini memang sangat disarankan oleh banyak pengguna perangkat android. 

Apalagi bila hp android anda masih dalam tersambung dengan jaringan internet maka akan semakin mudah untuk melacaknya. 

Selain itu, metode ini juga hanya memanfaatkan aplikasi dan layanan dari Google Maps. Tingkat akurasi data lokasi yang diberikan juga sangat baik. Hal ini yang memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk menemukan perangkat itu.

Cara menemukan perangkat android menggunakan Google Maps seperti:

a. Gunakan perangkat tambahan seperti smartphone, tablet atau pc yang tersambung dengan internet.

b. Selanjutnya, buka layanan Google Maps melalui browser yang ada di perangkat itu.

c. Login pada layanan Google Maps dengan memasukkan akun Google.

d. Setelah masuk ke dashboard atau bagian login, buka pengaturan atau Setting.

e. Klik menu di bagian kanan atas yang berisi informasi tentang Bagi Lokasi dan Mulai.

f. Setelah itu, lakukan pemilihan pelacakan berdasarkan durasi. Biasanya Cara seperti ini dilakukan untuk mendapatkan informasi selama 1 jam lebih. Anda juga bisa memilih pelacakan hingga perangkat android itu nonaktif.

g. Anda bisa menuju ke menu berikutnya yaitu Pilih Orang. Masukkan alamat email dan no hp yang telah didaftarkan melalui perangkat android itu.

h. Klik Share dan Aktifkan.

i. Selanjutnya anda akan mendapatkan rincian informasi yang berkaitan dengan lokasi terakhir dari smartphone android. Biasanya Google Maps juga memberikan lokasi berdasarkan titik koordinat.

j. Segera ke lokasi terakhir kali hp android anda terlacak oleh Google Maps.

2. Melacak hp android lewat email

Cara melacak hp android yang hilang dengan cepat dan akurat

Pilihan lain dari cara menemukan hp android yang hilang adalah dengan memanfaatkan email. Cara seperti ini memang cukup mudah bagi sebagian orang. Namun, anda harus ingat bahwa layanan email yang memudahan pelacakan ini hanya bisa anda dapatkan melalui Gmail.

 Apalagi alamat email yang digunakan juga harus sama seperti yang didaftarkan untuk penggunaan semartphone Android. Metode yang diterapkan juga cukup berbeda dan memang akan membutuhkan bantuan perangkat lain yang tersambung dengan internet.

 Namun, anda tidak perlu khawatir karena data lokasi yang bisa anda dapatkan juga cukup akurat.

Berikut ini cara melacak hp android menggunakan layanan email seperti:

a. Gunakan perangkat tambahan seperti laptop atau pc yang tersambung dengan internet.

b. Selanjutnya, buka layanan Gmail melalui browser.

c. Masukkan username dan password dari alamat email yang didaftarkan untuk perangkat hp android yang hilang pada layanan Gmail itu.

d. Setelah anda berhasil masuk ke dashboard dari Gmail jangan lupa untuk memastikan bahwa tampilan yang digunakan adalah versi Web. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pelacakan dan mendapatkan rincian informasi lokasi yang sangat akurat.

e. Klik menu yang memiliki ikon titik pada bagian kanan atas.

f. Muncul beberapa menu lalu anda memilih Google Account. Klik pilihan menu itu.
g. Selanjutnya, anda harus memilih menu Temukan Ponsel Anda.

h. Pada bagian itu akan muncul nama hp yang memang didaftarkan pada smartphone android. Klik bagian nama itu. Anda akan dialihkan ke halaman baru.

i. Biasanya pada halaman baru anda harus memasukkan kembali password dari email yang telah didaftarkan di smartphone itu. Klik Masuk.

j. Setelah anda berhasil masuk dan mengakses ke email yang telah terdaftar maka klik menu Temukan.

k. Pada bagian berikutnya anda akan diarahkan ke halaman yang berisi layanan Google Maps.

l. Pilih menu atau tombol Refresh untuk memastikan posisi dan koordinat yang baru dari smartphone android itu.

m. Anda juga akan mendapatkan detail denah atau lokasi dari smartphone sesuai dengan pelacakan dari maps. Bahkan, anda juga bisa mendapatkan rincian dari titik koordinat dengan sangat mudah.

n. Pada bagian ini, seluruh rincian dari hp android akan muncul di bagian layar.

3. Menggunakan Google ADM

Cara melacak hp android yang hilang dengan cepat dan akurat

Google juga memiliki layanan khusus yang memang berfungsi untuk menjaga dan melacak keberadaan dari hp Android. Layanan ini adalah Google ADM atau sering disebut dengan Android Device Manager. 

Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa digunakan atau terintegrasi dengan seluruh perangkat android dengan sangat mudah. 

Fungsi dari Google ADM tentu saja untuk mendapatkan rincian lokasi dengan sangat mudah dari perangkat yang anda gunakan. Metode dan fitur yang terdapat pada layanan ini juga bisa dipahami dengan cepat. 

Biasanya penggunaan layanan ini akan membutuhkan jaringan internet yang stabil pada perangkat pencarian atau pada hp android itu sendiri.

Berikut ini cara melacak hp android dengan menggunakan Google ADM:

a. Cobalah untuk menggunakan perangkat atau gadget android lain yang sudah tersambung dengan internet.

b. Anda harus masuk terlebih dahulu ke akun atau dashboard dari Google ADM lewat Google akun.

c. Setelah tersambung dengan Google ADM masukkan username dan password sesuai dengan alamat email yang telah didaftarkan pada perangkat android itu.

d. Untuk login jangan lupa klik tombol Accept.

e. Selanjutnya, anda akan melihat nama hp android yang telah terdaftar menggunakan alamat email tadi. Rincian nama hp ini akan muncul di bagian layar pada perangkat anda.

f. Bila hp android masih dalam keadaan aktif biasanya akan muncul seluruh detail lokasi pelacakan terakhir. Informasi ini yang memang sangat dibutuhkan untuk melakukan pencarian. Data ini akan terdiri dari koordinat lokasi hingga tampilan Google Maps.

g. Google ADM biasanya memiliki batasan waktu dengan durasi tertentu untuk memudahkan akses lokasi. Catat lokasi itu dan lakukan pencarian dengan mendatangi lokasi.

saya sangat senang sekali jika anda berkenan untuk menuliskan respon anda terhadap tulisan saya :)
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsShowHide