Cara menghapus virus malware di android dengan mudah dan cepat

Sistem operasi Android memberikan banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan bagi para pengguna. Ada beberapa aplikasi yang memang dibutuhkan para pengguna perangkat android. 

Namun, ada juga sebagian dari aplikasi yang berbahaya karena dianggap sebagai sebuah malware. Malware merupakan sebuah virus atau program jahat yang merugikan para pengguna. Biasanya malware menyamar sebagai aplikasi populer pada saat itu. 

Kerugian yang dialami akibat malware seperti perangkat yang cepat rusak, penyusupan program jahat, iklan yang berlebihan pada aplikasi hingga pencurian data pengguna. 

Hal ini yang membuat anda harus mulai menerapkan cara menghapus virus malware di android.

Ciri-ciri perangkat android yang terkena Malware

Cara menghapus virus malware di android dengan mudah dan cepat


Sebelum anda menerapkan cara menghapus virus malware di android sebaiknya ketahui ciri-ciri perangkat android yang terkena virus ini. Hal ini akan memudahkan anda untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan kondisi dari perangkat android itu. Bahkan, ciri-ciri seperti ini juga bisa diketahui dengan sangat mudah melalui perubahan sistem pada android. Berikut ini beberapa ciri-ciri dari perangkat android yang terkena virus malware seperti:

1. Kinerja smartphone android yang semakin melambat

Ini adalah salah satu ciri-ciri atau tanda dari perangkat android anda terkena virus malware yang berbahaya. Kinerja smartphone akan disesuaikan dengan kapasitas dari RAM yang terpasang dari perangkat. Bila terdapat banyak aktifitas yang tersembunyi pada perangkat maka kapasitas RAM akan berkurang. Hal ini tentu saja akan membuat kinerja smartphone dalam menjalankan berbagai fungsi aplikasi juga terganggu. Semakin banyak aplikasi yang berbahaya akan membuat kapasitas RAM berkurang sangat drastic.

2. Baterai yang mudah terkuras hingga habis

Virus malware yang menjalankan berbagai aktifitas secara sembunyi juga akan memberikan dampak yang besar pada kinerja baterai. Tentu saja kapasitas baterai juga akan berkurang sangat berlebihan. Hal ini membuat anda akan melakukan charge secara berulang hingga kapasitas dari baterai itu penuh kembali. Bila kapasitas baterai berkurang dalam jangka waktu yang sangat sering justru itu akan membuat baterai bisa cepat rusak. Bahkan, ini juga mempengaruhi dari hardware dari perangkat android itu juga.

3. Data internet yang digunakan secara berlebihan

Sudah banyak virus malware yang merugikan pengguna android. Kerugian yang paling berdampak adalah kegiatan tersembunyi yang menghabiskan kuota data. Hal ini terjadi karena aplikasi berbahaya itu akan melakukan pengambilan kuota data atau internet untuk menjalankan virus. Bila hal ini tidak segera diatasi maka kuota internet anda akan semakin sering habis.

4. Koneksi internet hingga panggilan suara yang mudah terputus

Beberapa program jahat yang menjadi virus malware juga akan merugikan fungsi yang memang anda butuhkan. Misalnya saja aktifitas tersembunyi dari virus malware akan membuat panggilan suara atau internet semakin mudah terputus. Hal ini terjadi karena virus malware itu akan mematikan fungsi utama dari perangkat android sehingga memudahkan aktifitas illegal yang terjadi pada perangkat android.

Cara menghapus virus malware di android paling ampuh

Cara menghapus virus malware di android dengan mudah dan cepat

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan atau menghapus malware dari perangkat android. 

Biasanya metode yang diterapkan juga akan disesuaikan dengan ciri-ciri yang terdapat pada perangkat itu. Semakin tinggi tingkat kesulitan dari sistem virus malware itu biasanya akan membutuhan gabungan metode. 

Selain itu, anda juga harus melakukan back up seluruh data yang terdapat pada perangkat android saat menerapkan cara ini. Beberapa pilihan cara menghapus virus malware di android yang bisa dicoba seperti:

1. Mulai dengan Safe Mode

Salah satu dari cara menghapus virus malware di android yang bisa anda gunakan adalah dengan menerapkan Safe Mode. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengetahui program jahat secara manual. Anda bisa melihat berbagai program jahat yang berada di bagian seluruh aplikasi terinstall. Berikut ini metode yang bisa anda gunakan untuk menghapus malware seperti:

a. Tekan tombol on/off dalam waktu yang cukup lama.

b. Setelah itu, akan muncul pilihan menu Power Off.

c. Pada saat anda menekan tombol Power Off selanjutnya muncul pilihan Reboot to Safe Mode. Pilih menu ini.

d. Saat perangkat android anda menyala kembali maka anda akan melihat secara jelas virus malware di bagian pengaturan aplikasi. Bahkan, virus malware ini juga muncul di bagian layar utama. Hapus secara manual seluruh virus malware ini.

2. Ubah pengaturan Hak Administrator dari aplikasi

Perangkat android memiliki fitur yang disebut sebagai Hak Administrator. Fitur ini biasanya digunakan untuk melakukan pembatasan dari fungsi aplikasi yang terinstall. 

Bahkan, anda juga bisa membatasi seluruh kegiatan dari aplikasi yang dianggap sangat mencurigakan. Cara ini memang sangat ideal untuk membatasi seluruh pergerakan virus malware. Cara yang diterapkan yaitu:

a. Masuk ke bagian menu Setting atau Pengaturan.

b. Selanjutnya, cari menu di layar berikutnya yaitu Device Administrator.

c. Setelah itu terdapat pilihan menu Android Device Manager. Pilih bagian menu ini.

d. Ada banyak pilihan aplikasi yang terinstall di perangkat android anda.

e. Biasanya beberapa virus malware yang menyamar menjadi aplikasi tidak memiliki icon khusus. Lakukan pembatasan terhadap aplikasi seperti ini.

f. Tap bagian aplikasi yang dicurigai itu dan lakukan pembatasan melalui fungsi layanan.

g. Biasanya setelah izin dari aplikasi itu tidak diaktifkan lagi maka akan dengan mudah terhapus secara manual.

h. Lakukan pemilihan aplikasi yang memang dianggap sebagai virus malware.

3. Maksimalkan fitur keamanan dari smartphone android

Beberapa merek smartphone android biasanya memiliki fitur keamanan buatan sendiri yang akan membantu para pengguna menghindari virus malware. Beberapa layanan ini memiliki nama seperti Mobile Manager atau Security. 

Fitur ini juga berfungsi sebagai antivirus yang akan menghapus seluruh program jahat dengan mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan layanan ini dan selanjutnya fitur Security ini akan melakukan scanning terhadap aplikasi yang melakukan aktivitas mencurigakan.

4. Gunakan aplikasi antivirus

Cara menghapus virus malware di android dengan mudah dan cepat

Cara mengatasi malware Android lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus tambahan. Saat ini ada banyak pilihan antivirus yang bisa anda install untuk mengantisipasi seluruh kegiatan mencurigakan dari malware. 

Namun, anda harus memilih antivirus yang dianggap memiliki fungsi maksimal. Selain itu, masing-masing dari antivirus ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Cobalah menggunakan aplikasi antivirus berdasarkan pengalaman pengguna lain atau review. Apalagi aplikasi dari antivirus ini juga akan anda gunakan dalam waktu yang cukup lama dan memberikan pengaruh terhadap kinerja smartphone android. 

Berikut ini beberapa pilihan dari antivirus di android yang bisa digunakan seperti:

a. AVG antivirus

Ini adalah salah satu antivirus yang sangat populer bagi kalangan pengguna android. Ada beberapa fitur penting yang bisa diandalkan untuk menghalau virus malware.

b. Avast Mobile Security

Aplikasi ini juga akan membantu anda untuk menghindari program berbahaya yang berasal dari malware. Interface dari aplikasi ini juga sangat modern.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel