Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Telepon Atau Mendapatkan Panggilan Masuk

Masalah HP tidak mampu mendapatkan panggilan masuk dan keluar bukanlah sesuatu yang asing. Ada berbagai pengaturan pada smartphone yang mampu mengakibatkan ponsel tersebut tidak mampu ditelpon atau untuk menelpon.

Kaprikornus, untuk Anda yang mempunyai hp tidak bisa menerima panggilan masuk dan keluar, Anda tidak perlu galau. Disini Anda akan menemukan jawabannya. Silahkan disimak beberapa cara mengatasi HP tidak mampu dihubungi padahal nomor aktif.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Telepon Atau Mendapatkan Panggilan Masuk


Jika Anda mengalami masalah ini, berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan agar segera bisa mengatasinya.

  • Pastikan Sinyal Stabil - Jika sinyal dalam kondisi tidak stabil, kemungkinan besar hp tidak mampu mendapatkan panggilan masuk.
  • Aktifkan Mode Pesawat - Silahkan aktifkan airplane mode atau mode pesawat untuk beberapa saat, lalu matikan dan cobalah kembali.
  • Restart ponsel Anda - Jika sinyal dalam kondisi normal namun tetap tidak mampu menerima telpon masuk, silahkan restart ponsel Anda.
  • Pilih Jaringan Secara Manual - Apakah sedang terjadi gangguan jaringan? Anda bisa mencoba memilih jaringan secara manual melalui menu Settings >> Networks.
  • Pastikan Kartu Tidak Terblokir - Ternyata tidak sedikit juga pengguna kartu prabayar yang tidak menyadari bahwa kartu SIM miliki telah diblokir balasan telah melewati kurun tenggang. Anda perlu mengeceknya.
  • Untuk Kartu Smartfren - Silahkan install aplikasi Smart VOLTE. Aktifkan aplikasi ini, baru kemudian nomor Anda mampu dihubungi.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi hp tidak mampu mendapatkan panggilan masuk di Android maupun tipe ponsel lainnya.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Telepon Keluar


Tidak sedikit juga pengguna kartu Telkomsel tidak bisa melakukan panggilan keluar padahal pulsa masih ada, dan tidak juga dalam masa tenggang.
Jika tidak mampu telepon keluar, ada beberapa pengaturan di smartphone Anda yang mungkin tidak ada sadari telah diaktifkan.

Anda mungkin pernah menjumpai panggilan diakhiri sendiri telkomsel, xl tidak bisa telepon keluar, atau ketika ini Anda sedang mencari cara mengatasi call ended.

Berikut ini cara mengatasi hp tidak bisa melakukan panggilan keluar.

  • Registrasi Ulang SIM - Jika belum diregistrasi ulang, maka Anda wajib melakukannya terlebih dulu. Tanpa proses aktivasi ulang, kartu SIM apapun tidak mampu dilakukan untuk menelpon keluar.
  • Pastikan Tidak Dalam Masa Tenggang - Jika dalam kurun tenggang, tentu saja Anda perlu mengisi pulsa terlebih dulu semoga mampu dibuat telepon mirip biasanya.
  • Periksa Setelan FDN - Apabila FDN (Fixed Dialing Number) dalam kondisi aktif, maka Anda tidak bisa menggunakan ponsel tersebut untuk melakukan panggilan keluar. Cara nonaktifkan FDN di Android: Pilih menu Settings >> Phone >> Advanced Settings >> Fixed Dialing Number, kemudian nonaktifkan.
  • Rubah Setelan Jaringan - Saat setelan jaringan di lock untuk 4G Only, Anda tidak bisa melakukan panggilan keluar sebagaimana biasanya. Jadi, Anda perlu merubahnya ke Auto atau 3G saat ingin menelpon.
  • Terjadi Gangguan Jaringan - Ketahui, apakah jaringan operator sedang dalam trouble. Jika benar, tentu Anda perlu menunggu hingga jarinagn kembali normal. Dalam hal ini tidak ada yang perlu Anda lakukan, hanya menunggu.

Itulah cara mudah mengatasi HP tidak bisa melakukan panggilan keluar atau untuk menelpon nomor lain padahal pulsa cukup.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Kirim SMS


HP tidak mampu kirim SMS ke nomor tertentu atau ke semua nomor sangat umum terjadi, dan Anda tidak perlu khawatir. Ini hanya persoalan konfigurasi dimana Anda bisa merubahnya dengan mudah.

Setiap ponsel memiliki fitur SMSC (Short Message Service Center). Adapun fungsinya adalah untuk mengatur traffic SMS sebelum dikirimkan. Apabila konfigurasi SMSC salah, tentu saja kita tidak mampu mengirim SMS ke nomor tertentu dan bahkan semua nomor.

Sebenarnya konfigurasinya sudah diatur dari awal, namun ada kemungkinan setelan awalnya sudah dirubah sehingga tidak mampu digunakan untuk mengirim SMS.

Agar HP Anda selalu mampu digunakan untuk mengirim SMS, pastikan Anda menggunakan nomor SMSC berikut ini.

  • Nomor SMSC Indosat: +62816124   
  • Nomor SMSC Telkomsel: +6281100000
  • Nomor SMSC XL: +62818445009
  • Nomor SMSC Axis: +628315000032
  • Nomor SMSC Smartfren: +628811223344
  • Nomor SMSC 3 / Tri: +6289644000001

Kesimpulan


Jika Anda mendapati HP milik Anda tidak bisa digunakan untuk telepon keluar atau tidak mampu mendapatkan panggilan masuk dan gagal kirim SMS, kini Anda sudah mengetahui solusinya.

Demikian, semoga bermanfaat informasi ini bagi Anda. Tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan sekedar mendapati HP tidak bisa menerima panggilan masuk atau tidak mampu kirim SMS.
RajaBackLink.com
Hosting Unlimited Indonesia

Berlangganan via Email