-->

falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi

info seputar Android, Kesehatan, Wisata dan Lainnya

Daftar Jenis-Jenis Vaksin Untuk Dewasa

Apakah kalian sudah pernah di vaksin? Apa yang dirasakan? Tentunya sudah tidak ingat ya, karena mungkin beberapa dari kalian ataupun saya sendiri merasakan vaksin waktu semasa bayi atau anak-anak. Mungkin yang masih terasa adalah saat dilakukan vaksin pada waktu di bangku SD saat di suntik lenganya, banyak yang tidak mau juga di suntik dan bahkan ada yang kabur, nangis dan lain sebagainya. 

Tahukah bahwa vaksin sebenarnya bukan hanya untuk bayi ataupun anak-anak saja? Orang dewasa juga butuh vaksin lho. Namun, mengapa sebagian besar dari kita tidak mengetahui hal tersebut ya? Alasannya karena mungkin keterbatasan informasi yang diberikan oleh media tentang vaksin dewasa. Atau bisa juga dikarenakan kurang sadarnya orang dewasa melakukan vaksin. Memang tidak dipungkiri vaksin untuk dewasa tidaklah murah, namun jika dilihat dari manfaat dan keuntungannya, saya rasa sebanding dengan hal tersebut.

Vaksin dewasa ada berbagai jenis dan macamnya. Mungkin kita belum semua mengetahui jenis-jenis dari vaksin dewasa tersebut. Untuk itu di artikel ini akan diulas berbagai jenis vaksin untuk dewasa, silahkan simak berikut ini:

Jenis Vaksin untuk Dewasa

Daftar Jenis-Jenis Vaksin Untuk Dewasa


1. Vaksin HPV

HPV merupakan kepanjangan dari Human Papiloma Virus. Virus ini merupakan virus yang dapat menular melalui aktivitas seksual. Penyakit yang ditimbulkan adalah kanker serviks. Dengan pemberian vaksin HPV dapat meningkatkan efektivitas untuk mencegah terkena nya kanker serviks.

Pemberian vaksin HPV bisa diberikan mulai usia 11 ataupun 12 tahun. Kemudian pemberian vaksin HPV pada tahap II bisa diberikan saat setelah 1 ataupun 2 bulan setelah vaksin tahap I. pemberian vaksin HPV pada tahap III bisa diberikan pada saat setelah 6 bulan sejak pemberian vaksin HPV tahap II.

2. Vaksin pneumonia

Penyakit peneumonia merupakan penyakit yang menyerang paru-paru atau bisa juga disebut radang paru. Pneumonia disebabkan oleh bakteri yang disebut bakteri Streptococcus, penyakit ini menyerang pada bagian saluran nafas di bagian bawah. Berhati-hatilah karena penyakit ini dapat menular lewat bersin, batuk, dan saat orang yang terkena penyakit ini berbicara. Penyakit ini rentan pada orang yang berumur 60 tahun lebih atau dengan kata lain menyerang dengan mudah pada orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah.

3. Vaksin influenza

Biasanya kita menyebut dengan flu. Influenza mempunyai gejala demam, batuk, dan juga nyeri-nyeri pada bagian otot. Di musim hujan biasanya penyakit flu ini mudah menular, atau bahkan di musim pancaroba. Pemberian vaksin influenza adalah dalam 1 tahun sekali untuk mencegah tertularnya penyakit flu.

4. Vaksin difteri tetanus pertusis

Tetanus adalah penyakit yang bisa menyebabkan kalian kejang otot dan juga pengencangan otot rahang yang sangat ekstrim, kemudian difteri dapat menimbulkan masalah pada pernapasan, hingga mengakibatkan kelumpuhan bahkan juga bisa menyebabkan gagal jantung. Kemudian pertusis merupakan batuk keras yang secara terus-menerus, batuk ini biasanya diawali dengan suara tarik napas yang panjang. Pemberina vaksin ini sebenarnya sudah diberikan saat balita, namun sebaiknya perlu melakukan vaksinasi ulang dalam kurun waktu 10 tahun sekali.

5. Vaksin MMR (measles, mumps, rubella)

Vaksin MMR dilakukan untuk mencegah penyakit campak (measles), gondongan (mumps), dan campak jerman (rubella). Kandungan dari Vaksin MMR adalah kombinasi dari virus measles, mumps, dan rubella namun sudah dilemahkan. Sistem kerjanya adalah dengan pemberina virus yang sudah diproses melemahkan dapat memicu sistem imun atau kekebalan tubuh untuk menghasilan antibodi yang berfungsi untuk melawan penyakit measles, mumps, dan rubella. Pemberian vaksin MMR ini dilakukan setiap 10 tahun sekali.

Nah itulah ulasan mengenai vaksin dewasa. Jika membutuhkan vaksin dewasa kalian bisa mencari Vaksin Jakarta, dan silahkan langsung menuju halodoc. Halodoc merupakan situs solusi kesehatan Indonesia terlengkap. di halodoc kalian bisa konsultasi dengan dokter melalui tanya dokter dan bisa juga membeli obat-obat an yang kalian butuhkan dengan mudah. Bahkan kalian juga bisa mencari informasi untuk mengunjungi rumah sakit secara mudah di halodoc.

Ternyata sudah dewasa pun kita butuh untuk melaukan vaksin, karena penyakit-penyakit yang ada bisa jadi mematikan bagi kita. Untuk itu kesadaran akan melakukukan vaksin untuk dewasa sangat diperlukan. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan bisa melakukan aktivitas dengan baik.


Wajib Tahu:

Author Profile

About falahbayhaqi

falahbayhaqi.com | suka kopi, cukur rambut, dan teknologi. Kalau mau kerjasama Hayuuuk... langsung hubungi saya di Kontak