-->

falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi

info seputar Android, Kesehatan, Wisata dan Lainnya

Daftar Swift Code BNI dan Memahaminya

Bagi Anda nasabah bank BNI pasti pernah mendengar istilah Swift Code BNI. Tidak sedikit pula yang bertanya-tanya tentang kegunaan kode Swift ini. Pada umumnya informasi yang dikirim oleh setiap bank di seluruh dunia mungkin bisa mencapai ratusan juta per harinya. Maka untuk memudahkan informasi sensitif  itu berjalan sesuai dengan ketentuan, dibutuhkan sistem otomatis seperti kode tersebut. 

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Sinyal Yang Hilang Pada Kartu Tri

Dengan adanya sistem seperti pengkodean tersebut memudahkan proteksi terhadap sebuah pesan penting yang dikirimkan antar bank di seluruh dunia. Sistem yang dinamakan Swift tersebut memudahkan itu semua seperti mengedipkan mata. Penggunaan kode tersebut sendiri sudah diuji coba pada tahun 70-an. Sehingga dengan perkembangan teknologi semakin memudahkan sistem tersebut.

Daftar Swift Code BNI

Daftar Swift Code BNI dan Memahaminya


Mengenal Swift Code BNI

Mengenal Swift Code BNI


Pastinya setiap nasabah suatu bank memiliki identitas yang berbeda. Hal tersebut sudah terlihat pada nomor rekening yang berbeda pula. Perkembangan teknologi saat ini tentu mempermudah pula aktivitas perbankan. Dari situ kita seharusnya sadar bahwa sistem tersebut diciptakan dengan upaya keras para komunitas antar bank.

Baca Juga: Apa Saja Contoh Pemasaran Langsung?

Swift Code terlahir sebagai itikad baik para bankir untuk mempermudah alur komunikasi yang akurat, termasuk bank BNI yang memiliki kode Swift ini. Program dari BNI ini mempermudah transaksi antar bank BNI dengan bank lainnya. Selain itu kode tersebut sejatinya tidak akan pernah berubah, kecuali memang terdapat kebijakan tertentu.

Bank BNI sendiri memiliki beberapa kode Swift yang tentunya berbeda dengan bank lain. Berbeda dikarenakan kode itu sendiri merujuk sebuah tempat di mana lokasi bank tersebut. Contohnya untuk kode Swift bank BNI Jakarta yaitu “BNINIDJA”. Bila diuraikan terdapat 4 huruf pertama yaitu BNIN yang menjadi kode bank dari BNI. Huruf “ID” menunjukkan kode dari negara domisili bank BNI yaitu Indonesia. Huruf “JA” yang diletakkan pada akhir kode menunjukkan kota Jakarta sebagai lokasi kota dari bank tersebut. 

Kode Swift sendiri memang bisa berbeda-beda tergantung kondisi dan lokasi. Karena kantor cabang dari sebuah bank akan memiliki nama kode khusus yang menunjukkan lokasi kota tempat kantor cabang tersebut. Contohnya bila kantor cabang BNI yang ada di Bandung cabang ITB menjadi “BNINIDJAITB

Proses Kode Swift

Pada dasarnya kode tersebut akan sangat membantu proses identifikasi sebuah transaksi. Hal itu biasa kita kenal dengan proses verifikasi yang biasanya kita lakukan. Namun berbeda dengan verifikasi biasa, karena kode Swift ini memiliki sistem khusus yang mempermudah aksesnya. Oleh karena itu kode Swift dibutuhkan saat kita melakukan transaksi antar bank.

Kita tidak menyadari bahwa kode Swift sendiri sering kita masukkan saat kita melakukan transaksi antar bank yang berbeda. Tapi kode tersebut berbeda dengan kode bank, karena kodenya sendiri terdiri dari kombinasi huruf kapital dan angkanya.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Layar LCD HP Smartphone Rusak yang Perlu Anda Waspadai

Daftar Singkat Kode Swift BNI

Bank BNI memiliki kode Swift yang sangat banyak, salah satunya untuk daerah kota besar seperti berikut: 

• Kantor Pusat Kota Jakarta dengan kode BNINIDJA

• Kantor cabang Kota Bandung dengan kode BNINIDJABDG

• Kantor cabang Kota Surabaya dengan kode BNINIDJASBY

• Kantor cabang Kota Yogyakarta dengan kode BNINIDJAYGY

Fungsi Utama Kode Swift

Pada intinya kode Swift memang akan terlihat sama dengan kode transfer antar bank. Tetapi kode ini lebih diperuntukkan untuk transaksi transfer antara bank-bank dunia. Maka bila Anda bertransaksi atau harus menerima sejumlah nominal dari bank di luar negeri, kode Swift akan selalu dibutuhkan. Contohnya bila Anda seorang nasabah bank BNI dan hendak bertransaksi dengan bank asing, maka dibutuhkan Swift Code BNI untuk transaksi tersebut.

 

Wajib Tahu:

Author Profile

About falahbayhaqi

falahbayhaqi.com | suka kopi, cukur rambut, dan teknologi. Kalau mau kerjasama Hayuuuk... langsung hubungi saya di Kontak