Contoh Pemasaran Langsung

Contoh Pemasaran Langsung

Apa saja contoh pemasaran langsung? 

Mengirim e-mail dari daftar, panggilan dingin, atau mengundang semua orang yang Anda kenal kepada suatu pihak untuk mempromosikan suatu produk adalah contoh pemasaran langsung. Pemasaran langsung adalah suatu pendekatan untuk pemasaran yang terkadang kontroversial. Apa itu pemasaran langsung? Sederhananya, itu adalah menyajikan produk langsung ke konsumen. Alasan bahwa ini bukan pendekatan favorit untuk menyajikan produk adalah karena sering dapat memasukkan daftar nama yang dijual dan konsumen mendapatkan surat yang tidak mereka inginkan. Tidak ada yang menginginkan gerombolan junk mail, atau e-mail, menawarkan produk yang tidak mereka minati. Namun, ada cara yang sopan untuk melaksanakan pendekatan pemasaran langsung. Mari kita bicara tentang satu contoh.

Tawarkan Produk Gratis Orang. 


Orang ingin tahu bahwa apa yang Anda tawarkan sepadan dengan waktu dan uang mereka. Jika Anda menawarkan sesuatu yang bernilai secara gratis, mereka akan mendapatkan pandangan yang baik pada Anda dan produk Anda tanpa merasa seperti Anda menjebak mereka ke dalam penjualan cepat yang akan sama dengan kehilangan uang mereka dengan cepat.

Apa jenis produk gratisan? 


Itu tergantung apa bisnis Anda dan apa yang Anda coba jual. Hal-hal yang baik untuk ditawarkan gratis ketika internet marketing adalah e-book atau laporan dengan tips tentang subjek apa pun yang Anda ahli. Jika Anda memiliki sebuah toko, berikanlah sesuatu yang kecil. Hal nomor satu yang harus dilakukan ketika memberikan produk gratis adalah memastikan Anda memberikan sesuatu yang berharga. Ketika Anda melakukan ini, mereka akan mempercayai Anda dan kembali untuk melihat apa lagi yang Anda tawarkan. Yang membawa kita ke titik berikutnya.

Apa yang Anda dapatkan sebagai imbalan karena menawarkan produk gratis ini kepada mereka?


Agar mereka mendapatkan produk gratis Anda, mereka harus memberi Anda nama dan e-mail mereka. Ini bekerja dengan sangat baik ketika pemasaran langsung online. Anda sekarang memiliki alamat e-mail mereka dan mereka telah mencoba produk gratis Anda. Anda dapat terus menawarkan lebih banyak produk kepada mereka dan mereka akan kembali karena Anda memberi mereka sesuatu yang bernilai secara gratis! Sekarang Anda adalah pemasaran langsung.

Sekarang apa yang telah Anda lakukan adalah membuat daftar orang-orang yang menyukai Anda, produk Anda, dan akan membuka e-mail Anda. Anda bukan lagi pemasar langsung yang memasarkan ke pasar yang dingin, tetapi Anda menciptakan pasar yang hangat untuk diri Anda sendiri, online.

Ada banyak cara lain untuk menggunakan pemasaran langsung untuk meningkatkan bisnis Anda. Untuk terus belajar tentang pemasaran online langsung dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan bisnis Anda dan mulai menghasilkan uang secara online.

Lalu, apa saja jenis-jenis Pemasaran secara langsung ini? Berikut penjelasannya.


1. Personal Selling

Pengertian Personal Selling ialah proses memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pembeli mereka. Manajemen Pemasaran umumnya akan menjajaki tempat-tempat tertarget dan pasar strategis terhadap produk.

Personal selling dianggap sangat efektif untuk memperkenalkan produk baru pada pangsa pasar tujuan, dalam membentuk pemahaman mereka terhadap barang / jasa yang diperdagangkan.

Selain itu, Metode Pemasaran Personal selling juga akan memudahkan penjual dalam menyampaikan identitas prosuk, serta lebih leluasa dalam melayani calon pelanggan dengan spesifikasi unggulan produk yang bersangkutan.

Contoh Direct Selling sering kamu jumpai di berbagai pusat perbelanjaan, tepi jalan raya hingga pasar-pasar tradisional, misalnya seperti Sales Marketing.

Tips sukses menjalankan Direct Selling :

    Manajemen Pemasaran yang berpengalaman
    Dilakukan oleh sales dengan kepiawaian berbicara yang berkualitas
    Menentukan target pasar yang benar-benar potensial
    Memberikan sampel prosuk sebagai uji coba
    Menyediakan waktu bagi pelanggan untuk memberikan testimoni
    Berpenampilan menarik, murah senyum dan ramah


2. Direct Mail Marketing

Pengertian Direct Mail Marketing ialah jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan berbagai penawaran menarik, pesan, informasi produk, brosur spesifikasi dan sejenisnya kepada seseorang / pasar, yang berada jauh atau diluar lingkup usaha kamu.

Pengiriman tiap-tiap periode sekaligus dalam jumlah banyak kepada pasar, dengan syarat target yang dituju benar-benar relevan, dan diprediksi akan memberikan dampak yang signifikan terhadap angka penjualan.

3. Catalog Marketing

Pengertian Catalog Marketing ialah jenis Pemasaran dengan cara mengirimkan katalog ke berbagai pasar, dan target berbeda di tempat yang berlainan.

Hampir mirip dengan Direct Mail Marketing, Jenis promosi Catalog ini sangat besar. Saking besarnya, bisa mengirimkan 12 milyar eksemplar dan lebih dari 8 ribu katalog yang beragam dalam satuan tahunan.

4. Telemarketing

Pengertian Telemarketing ialah kegiatan memasarkan produk dengan memanfaatkan telepon atau komunikasi suara lainnya dalam mempromosikan produk. Setelah mendapat persetujuan, maka barulah melakukan pertemuan.

Menurut beberapa peneliti, Jenis Pemasaran Langsung yang satu ini punya peluang yang besar, sebab menggunakan komunikasi visual, walaupun tidak bertatap muka.

Begitu juga sebaliknya, jika target audiens yang dituju kurang relevan, maka strategi telemarketing ini bisa pula berdampak buruk. Untuk itu, diperlukan riset pangsa pasar terlebih dahulu sebelum mengimplementasikannya.

Nah, beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain :

    Menganalisa calon pelanggan / pasar tujuan
    Berbicara dengan sopan dan ramah
    Menjabarkan spesifikasi produk dengan jujur
    Menghormati keputusan akhir


5. Kios Marketing

Pengertian Kios Marketing ialah jenis pemasaran produk berbasis modern dan online dengan meletakkan sebuah mesin penerima pelanggan pada toko-toko mereka.

Beberapa perusahaan telah merancang "mesin penerima pesanan pelanggan" yang dinamakan kios (yang berbeda dengan penjual otomatis, yang mengeluarkan produk) dan menempatkan mereka ditoko, bkamura, dan tempat-tempat lain.

Contohnya dengan menempatkan sebuah mesin dibeberapa tokonya yang memungkinkan pelanggan menentukan jenis tas yang diinginkannya (resmi, branded), serta warna dan motif.

 Jika tas yang diinginkan tidak tersedia ditoko tersebut, pelanggan dapat menggunakan telepon yang ada dimesin itu dan memasukkan nomor kartu kreditnya serta memasukkan alamat tempat akan dikirimkan.

6. Online Marketing

Jenis Pemasaran secara langsung yang terakhir ialah Promosi menggunakan media sosial. Pengertian Online Marketing ialah Strategi Pemasaran yang menggunakan jasa pihak ketiga seperti media sosial.

Dalam prakteknya, online marketing bisa dilakukan sendiri atau melalui pihak media sosial itu sendiri. Contohnya menggunakan AdWords (Google) dan Facebook Ads (Facebook).

Potensi pemasaran melalui internet sangat besar sekali dampaknya. Di jaman yang serba digitalisasi ini merupakan kancah yang amat diperhatikan lagi diminati oleh semua kalangan, baik pemilik usaha maupun konsumen.

 Selain itu, kelebihan pemasaran langsung di internet juga memberikan pelayanan penuh dan jangkauan yang luas hingga ke pelosok dunia. Karena berpeluang dilihat oleh siapapun yang terkoneksi dengan internet.

Jenis Media Sosial paling berpotensi untuk memasarkan produk :

    Google Ads & Google Adsense (Prosuk pengiklanan resmi milik Google
    Membuat Website/Blog/Toko Online sendiri
    Facebook Ads (Milik Facebook)
    Melalui Akun/Fanspage Facebook sendiri
    Melalui Twitter
    Endorse via Instagram dan Youtube




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel