Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beginilah Konsep Pemasaran

Apa itu Konsep Pemasaran?



Kepuasan daripada konsumen sudah pasti menjadi salah satu prioritas yang utama sebuah perusahaan mewujudkan produk atau jasa dengan sebaik mungkin. Konsepnya begini jika konsumen dapat membeli kebutuhannya baik produk maupun jasa ,maka sebenarnya itu artinya sebuah perusahaan berhasil menerapkan konsep pemasaran dengan baik.

Konsep pemasaran ada 5 konsep dimana masing-masing mempunyai tujuan. Jika semua konsep ini bisa mewujudkan tujuannya, maka dapat dipastikan sebuah perusahaan bisa tetap berlangsung serta tetap mendapatkan pemasukan atau laba.

Macam-macam Konsep Pemasaran dan Tujuannya

Berikut ini adalah 5 poin yang penting dalam konsep pemasaran serta tujuannya masing-masing. Lima konsep berikut ini memiliki tujuan utama yang tak lain adalah mewujudkan perusahaan yang terus lancar keberlangsungannya dan tidak merugi.


1. Konsep Pemasaran dari Segi Produksi

Konsep pertama yang akan dibahas dalam poin-poin konsep ini adalah produksi. Selain masuk dalam konsep pemasaran, produksi juga merupakan aktivitas pertama yang akan dilakukan oleh perusahaan dari keberlangsungan perusahaan atau bisnis. Terutama jika perusahaan menjual produk, bukan jasa, pasti proses produksi akan mutlak dilakukan.

Bahwa semakin mudah suatu produk dijumpai karena bisa dijumpai dimana-mana maka akan semakin banyak orang yang membeli itu merupakan konsep produksi. Dan sudah terbukti, jika saja orang dapat mencari produk dengan mudah, tidak ada alasan buat memilih produk yang sulit dicari.

Dikarenakan hal ini, sebuah perusahaan akan secara masif berusaha memproduksi produknya sebanyak mungkin agar dapat disebar di seluruh daerah dan akhirnya mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

2. Konsep Pemasaran dari Segi Produk

Dengan cara produk yang diproduksi terjamin daya tariknya, maka akan semakin banyak dibeli orang jika suatu produk memiliki value yang bagus dan menarik. Tampilan yang meyakinkan juga akan membuat suatu produk lebih dipilih.

Kualitas daripada produk itu sendiri juga harus bagus agar tetap dipilih oleh pembeli yang mana akhirnya menjadi seorang pelanggan. Mutu daripada produk itu sendiri, kemudian kualitas, tidak lupa juga karakter, serta performa yang baik tentu akan lebih menarik daya beli.


3. Konsep Pemasaran dari Segi Penjualan

Konsep pemasaran ketiga yang tak kalah pentingnya dan menjadi penentu besar kecilnya laba perusahaan adalah konsep penjualan ini. Semakin besar penjualan maka akan semakin besar pula laba yang diraih perusahaan.

Produk yang akan dijual tak hanya didiamkan begitu saja di toko, namun harus ada tim marketing atau tim promosi yang siap mengenalkan produk perusahaan kepada masyarakat atau mungkin membujuk orang untuk membeli. Strategi yang digunakan dalam promosi yang menarik juga mampu mempengaruhi daya beli daripada suatu produk.


4. Segi Pemasaran Sosial

Tim pemasaran pada sebuah perusahaan harus dapat memastikan bahwa bagaimana suatu produk dari perusahaan teesebut berbeda dan juga unik. Produk yang bisa mengkombinasikan tampilan yang menarik serta meyakinkan bahwa barang tersebut dibutuhkan menjadi sebuah tujuan akhir bagi setiap tim pemasaran perusahaan.

5. Segi Pemasaran Global

Melalui manajemen yang strategis, tim eksekutif dari sebuah perusahaan harus bisa mengerti apa saja faktor yang mempengaruhi pemasaran suatu produk.  Konsep terakhir ini bertujuan supaya perusahaan bisa tetap bermanfaat untuk segala pihak yang turut serta dalam perusahaan dan bisa memberikan produk yang menarik dan bermanfaat sekaligus kepada konsumen.

Pentingnya Memahami Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran ini sangat penting diketahui dan dipahami oleh sebuah perusahaan. Karena pada intinya,perusahaan setelah melakukan produksi barang, tentu mereka memerlukan pemasaran yang baik agar barang yang telah mereka buat bisa laku terjual.Walapun terkadang pada tahap produksi ada beberapa perusahaan yang sudah mendesain konsep pemasarannya

Apapun usaha yang dilakukan perusahaan, perusahaan harus bisa mewujudkan sebuah produk yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Tak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat saja, akan lebih baik jika produk yang diberikan ini tetap menarik sifatnya supaya bisa bersaing dengan produk dari perusahaan lain.

Poin-poin yang ada dalam konsep pemasaran meliputi produksi, produk, penjualan, pemasaran sosial, dan pemasaran global. Harus dapat diwujudkan dengan benar agar tujuannya tercapai. Sedangkan untuk tujuan utama dari konsep ini tentunya berupa peningkatan pemasukan perusahaan yang mana berasal dari banyaknya konsumen yang memilih produk tersebut.

Selain itu, Kamu juga harus melakukan pembukuan yang benar agar Kamu bisa memantau setiap transaksi guna pengembangan bisnis Kamu. Pembukuan adalah bahasa bisnis, setiap jenis bisnis dituntut untuk memiliki pembukuan yang benar agar memudahkan Kamu mengelola dan memantau arus keuangan bisnis.