Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Menyiapkan Tabungan Khusus Buat Anak

 

Pentingnya Menyiapkan Tabungan Khusus Buat Anak


Bukan rahasia lagi kalau pendidikan jadi salah satu faktor pendukung karier seseorang. Jadi bukan hal aneh jika orang tua lebih memprioritaskan pendidikan anak ketimbang keperluan lain setelah kebutuhan pokok. Salah satu cara terbaik buat mempersiapkan biaya pendidikan anak bisa kita mulai dengan membuka tabungan khusus buat anak.

Hampir semua perbankan saat ini memiliki layanan khusus berupa tabungan anak dimana nama pemilik ATM tersebut adalah si anak. Selain membuat sedikit tenang, tabungan khusus ini juga bisa kita jadikan media untuk mengajarkan anak biar gemar menabung.

Manfaat Tabungan Anak

Manfaat Tabungan Anak

Tabungan Anak merupakan salah satu tabungan khusus diperuntukkan buat anak yang dianggap belum cakap secara hukum. Makanya saat buka rekening dan melakukan setoran tunai biasanya menggunakan nama ortu qq anak.

Umumnya tabungan anak menjadi rekening khusus yang tidak memerlukan biaya administrasi dan pembuatan kartu pertama. Inilah kenapa banyak pakar menyarankan untuk membuatkan rekening tabungan khusus buat anak.

Melansir halaman gopinjol.com tabungan anak memiliki segudang manfaat, beberapa diantaranya bisa Anda simak di bawah ini:

Mengajarkan Anak untuk Disiplin

Dengan memiliki rekening tabungan sendiri, buah hati Anda pasti bakal lebih semangat dalam menabung dan mengatur keuangan. Hal ini akan bermanfaat untuk kedisiplinan anak sehingga bakal tertanam hingga dewasa kelak.

Memberikan Pelajaran Pentingnya Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan pribadi memang bukan keahlian yang bisa dipelajari di bangku sekolah. Kebiasaan dan pengalaman sejak kecil diduga kuat menjadi salah satu pendukung seseorang piawai dalam mengatur keuangan pribadi.

Tabungan anak setidaknya bisa Anda jadikan sebagai sarana pelajaran buat si kecil untuk belajar bagaimana pentingnya mengatur keuangan. Harapannya jika anak telah tumbuh dewasa nanti sifat konsumtif dapat ditekan sehingga dapat menjauhkannya dari sifat boros.

Sebagai Biaya Pendidikan Anak

Pendidikan sebagai sarana meraih cita-cita sangat penting artinya bagi seseorang. Setiap orang tua pasti tidak ingin harapan dan cita-cita si buah hati terhambat karena tidak adanya biaya pendidikan.

Selain mengajarkan anak untuk disiplin dalam mengatur keuangan, tabungan anak juga bisa dimanfaatkan sebagai biaya pendidikan masa depan.

Bukan rahasia lagi jika kualitas pendidikan berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Sebagai contohnya semakin bagus kualitas pendidikan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi jika jurusan yang hendak di ambil si anak merupakan jurusan favorit yang tidak tersedia di semua Perguruan Tinggi, tentu biayanya semakin mahal dan besar.

Jadi Media Motivasi Anak

Ketika anak menginginkan barang tertentu biasanya mereka akan minta bahkan dengan cara ngambek sekalipun. Meskipun Anda mampu membelikan anak barang yang ia inginakan, bukan berarti harus segera dibelikan karena hal tersebut bisa menjadikan kebiasaan yang kurang baik bagi anak kita.

Untuk menyiasati hal tersebut Anda bisa memberikan motivasi buat anak untuk terus menabung sampai jumlah tabungannya cukup buat beli barang yang ia idamkan. Dengan adanya tabungan anak motivasi si kecil untuk menabung tentunya bakal semakin besar.

Mengingat banyaknya manfaat tabungan buat anak, sudah semestinya kita sebagai orang tua memberikan fasilitas tabungan kepada anak kita. Sebagai referensi di bank mana sebaiknya membuka rekening, Anda bisa memilih salah satu rekomendasi tabungan anak terbaik dari berbagai sumber.