Cara Backup Data Android Paling Mudah dan Aman - falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Backup Data Android Paling Mudah dan Aman

Agar data, file dan folder yang tersimpan pada memori HP android tidak hilang ketika HP mengalami masalah atau bahkan rusak maka backup data perlu Anda lakukan. Cara backup data android pada masing – masing jenis perangkat biasanya berbeda. 

Hal ini karena masing – masing produsen biasanya sudah memiliki aplikasi backup bawaan untuk setiap perangkat yang diedarkan. Contohnya Samsung yang memiliki aplikasi backup bernama Kies, Lenovo yang memiliki aplikasi backup data bernama SYNCit dan sebagainya. 

Hanya saja terkadang beberapa pengguna merasa kurang puas atau tidak cocok dengan aplikasi backup data bawaan smartphone. Oleh sebab itu berikut kami berikan berbagai macam alternatif cara backup data android yang mudah dan aman untuk Anda gunakan. Informasi selengkapnya bisa Anda simak berikut!

Cara Backup Data Android 100% Mudah dan Aman

Cara Backup Data Android Paling Mudah dan Aman


Cara backup data di Google Drive

Mencadangkan data melalui Google Drive merupakan cara paling simple dan worth it yang bisa Anda lakukan. Step by step untuk backup data melalui Google Drive sebagai berikut : 

Pertama – tama unduh aplikasi AutoSync for Google Drive melalui Play Store

Setelah itu buka aplikasi dan tekan tombol ‘Connect to Google Drive’ untuk melakukan sinkronisasi dengan Google Drive milik Anda. 

Pada tahap ini jika akun Gmail Anda sudah terhubung dengan smartphone, Anda cukup klik alamat gmail yang muncul pada tampilan aplikasi

Klik ‘Choose What to Sync’. Aplikasi akan meminta izin untuk mengakses ruang simpan pada smartphone Anda. 

Klik Ok jika kotak dialog di atas muncul

Pilih ‘Let me create my own folder pair’. Pada tahap ini Anda akan diminta untuk membuat atau memilih folder di Google Drive serta di smartphone Anda. Nantinya folder yang Anda pilih akan digunakan sebagai tempat menyimpan semua data – data Anda. Pada tahap ini Anda juga bisa lebih leluasa mengatur metode sinkronisasi dan mengaktifkannya.

Kalau sudah selesai, Anda bisa klik ‘Save’ dan Anda akan segera diarahkan untuk menuju halaman beranda DriveSync yang Anda punya. Pada halaman beranda ini, Anda bisa tahu segala aktivitas sinkronisasi yang terhubung dengan Google Drive. 


www.domainesia.com

Cara backup kontak melalui Google Contact

Khusus untuk mencadangkan kontak HP android, Anda bisa memanfaatkan Google Contact. Anda yang takut kehilangan kontak penting di HP Anda karena berbagai macam alasan, maka Google Contact menjadi sebuah perangkat yang harus Anda punya. 

Melalui aplikasi keluaran Google ini, Anda bisa dengan mudah menyalin kontak yang terdapat pada perangkat akun Google milik Anda. Cara backup data kontak pada perangkat dengan Google Contact sebagai berikut : 

Pertama – tama buka menu Settings

Pilih Import

Pilih sumber kontak yang Anda ingin salin 

Setelah itu Anda tinggal memilih akun Google yang Anda ingin pakai untuk menyimpan daftar kontak tersebut

Selain bisa melakukan pencadangan online, Anda juga bisa melakukan secara offline sehingga Anda dapat memilih opsi export

Kemudian pilih akun Google yang Anda ingin pakai

Terakhir, pilih export to .vcf file

Semua data kontak Anda akan terbackup pada Google Contact sehingga jika ada sesuatu yang terjadi pada perangkat, Anda tidak perlu khawatir kehilangan kontak karena semuanya sudah terbackup melalui aplikasi ini. 

Cara backup data android melalui aplikasi

Selain melalui dua cara di atas, cara backup data android juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang Anda bisa manfaatkan untuk memback up data android di antaranya : 

Titanium Backup

Titanium Backup merupakan salah satu aplikasi backup data di android yang bisa disebut sebagai aplikasi backup terbaik saat ini. Aplikasi ini dapat membackup hampir semua hal yang terdapat pada perangkat android Anda. 

Menariknya lagi, selain semua data bisa terbackup sempurna, Anda juga bisa menjadwalkan proses backupnya. Itu artinya Titanium Backup dapat melakukan proses backup otomatis sesuai dengan waktu yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Bagi Anda yang malas melakukan backup manual, fitur pada Titanium Backup ini akan sangat Anda rasakan manfaatnya. 

Cara backup data android menggunakan Titanium Backup cukup mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut : 

Pertama – tama download aplikasi Titanium Backup dan install aplikasi tersebut di HP android Anda

Aktifkan USB debugging pada perangkat Anda

Buka aplikasinya dan berikan izin root

Buka tab backup and restore. Di sana Anda akan melihat daftar aplikasi dengan berbagai macam icon yang muncul pada bagian sampingnya. Untuk icon segitiga, icon ini menunjukkan bahwa aplikasi belum terbackup sempurna. Sementara jika yang muncul adalah icon smiley menunjukkan bahwa aplikasi sudah terbackup. 

Klik tombol bergambar dokumen dengan tanda checklist pada bagian atasnya sampai muncul berbagai macam opsi backup.

Pilih opsi backup yang Anda inginkan seperti misalkan backup aplikasi, aplikasi and data, aplikasi sistem dan yang lainnya. 

Jika sudah terpilih, klik backup untuk memulai prosesnya. Tunggu selama beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Jika prosesnya sudah selesai, file backup akan diberi nama dengan tanggal backupnya juga.

Super Backup & Restore

Aplikasi yang diluncurkan oleh developer MobileIdea Studio ini merupakan sebuah aplikasi backup data yang menawarkan berbagai macam layanan untuk melakukan backup data pada ponsel android. Tak jauh berbeda dengan aplikasi yang ditawarkan sebelumnya, aplikasi ini juga punya berbagai macam fitur backup simple yang menarik dimanfaatkan. 

Untuk melakukan prosedur backup data melalui Super Backup & Restore, tata cara backup data android di aplikasi Super Backup & Restore sebagai berikut : 

Pertama – tama Anda download aplikasi Super Backup & Restore

Buka aplikasi tersebut

Jika aplikasi sudah terbuka, Super Backup & Restore akan menampilkan beberapa menu seperti menu SMS, Google Drive dan yang lainnya. 

Pilih data yang Anda ingin backup. Namun jika Anda ingin backup keseluruhan data, klik ‘All’

Selanjutnya klik Ok

Tunggu sebentar karena aplikasi akan melakukan proses backup data

My Backup

Terakhir ada aplikasi My Backup yang kini sudah terunduh oleh lebih dari 17 ribu kali dan menyediakan beragam kemudahan untuk melakukan back up data di android. Untuk melakukan backup data menggunakan aplikasi My Backup, tata caranya sebagai berikut : 

Pertama – tama download aplikasi My Backup

Buka dan masuk ke dalam aplikasi dan pilih menu ‘New Backup’

Pilih jenis backup yang akan Anda gunakan. Anda bisa memilih ‘Apps & Media’ atau ‘Data’. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda pilih jenis data yang akan Anda backup, pilih ‘local’ atau ‘online’

Pilih setiap data atau aplikasi yang Anda ingin backup dengan melakukan checklist pada bagian kanan yang terdapat pada kotak kecil kosong

Terakhir, klik Ok untuk menyelesaikan proses backup

Tunggu sebentar dan proses backup selesai

Itulah beberapa tutorial cara backup data android yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan seluruh data pada perangkat. Dengan demikian ketika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan pada perangkat, Anda tidak akan sampai kehilangan seluruh data di android.