Fitur Windows 11 Terbaru, Apa Saja? - falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Windows 11 Terbaru, Apa Saja?

Hadir dengan desain terbaru dan didukung berbagai macam fitur yang sangat intuitif, Windows 11 diperkenalkan oleh Microsoft sebagai sistem operasi yang mendukung berbagai aktivitas multitasking. Anda pengguna Windows 11 bisa mengoptimalkan beragam kegiatan mulai dari bekerja, belajar, sampai dengan bermain melalui beragam fitur Windows 11 terbarunya.

Windows 11 akan segera hadir untuk perangkat PC baru dan PC berbasis windows 10 yang telah memenuhi syarat. Bersama Windows 11, kenyamanan dan produktivitas dijamin akan meningkat pesat. Hal inilah yang diungkapkan oleh petinggi Windows dalam pengenalan Windows 11 beberapa waktu lalu. Mengenai apa saja fitur terbaru dari Windows 11, berikut informasinya untuk Anda!

Review Fitur Terbaru Windows 11 

Fitur Windows 11 Terbaru, Apa Saja?


Didukung interface yang fresh and clean

windows 11 interface


Hal yang berbeda memang Windows 11 berikan pada sistem operasi terbarunya ini. Windows 11 hadir dengan penampilan antarmuka yang terkesan sangat clean dan fresh. Fitur – fitur yang sangat intuitif hadir demi meningkatkan produktivitas dan kreativitas setiap pengguna. 

Melalui Windows 11, pengguna dapat menemukan apa yang mereka butuhkan dengan hanya mengklik tombol start yang terletak pada bagian tengah layar. Bahkan orang awam pun akan dimudahkan dengan desain antarmuka yang sangat fresh ini.

Kecanggihan cloud yang dipadukan dengan Microsoft 356 menjadi kombinasi yang dimanfaatkan untuk menampilkan file yang terakhir dilihat oleh pengguna pada perangkat atau platform lain bahkan sejak tombol start Windows 11 ditekan. Dengan desain yang seperti ini, pengguna tentu akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaan file, termasuk dalam pengelolaan dokumen yang sedang dikerjakan pada perangkat android atau iOS. 

Fitur yang memudahkan multitasking

windows 11 multitasking


Melalui fitur – fitur Windows 11 terbaru, aktivitas multitasking dibuat semakin mudah. Bahkan Anda yang sebelumnya menggunakan windows 10 atau dibawahnya akan merasakan kemudahan multitasking yang belum pernah Anda rasakan. 

Anda dapat menemukan Snap Groups, Snap Layouts, dan Desktops yang membantu mereka dalam mengatur window serta membantu optimalisasi layar. Selain itu, pengguna juga bisa menikmati fleksibilitas pada beberapa window dan bekerja sekaligus dalam beberapa aplikasi secara bersamaan dengan cara menempatkan aplikasi secara berdampingan pada bagian layar. 

Pada bagian desktop, Anda juga bisa menyesuaikan ruang sesuai kebutuhan Anda. Juga terdapat fitur widget yang bisa digunakan oleh setiap pengguna perangkat yang telah didukung Windows 11 untuk mendapatkan akses informasi jauh lebih cepat. 

Dengan kehadiran widget yang sempurna ini, creators dan publishers akan semakin diuntungkan. Widget dapat membuka real estate yang baru untuk menghadirkan konten yang dipersonalisasi. Juga tersedia kurasi pilihan didukung fitur AI dan kinerja browser yang sangat baik sehingga membuat siapa pun jauh lebih lega menggunakan Windows 11. 

Didukung teknologi built in

DomaiNesia

Karena hadir sebagai sistem operasi yang aman, tentu saja sisi keamanan dari windows 11 sudah tak perlu diragukan lagi. Sistem operasi yang satu ini dilengkapi teknologi built in yang sesuai. Sejak awal Anda menggunakan Windows 11, semua pekerjaan dan pembelajaran hybrid Anda disempurnakan. 

Windows 11 juga menyediakan sistem operasi yang mendukung sistem Zero Trust yang dapat melindungi data dan akses pengguna pada seluruh elemen perangkat. Dengan demikian setiap hasil kerja Anda sangat terlindungi. Terlebih Windows 11 sangat menjunjung tinggi nilai privasi. 

Hadir bersama Microsoft Store

windows 11 store


Melalui hadirnya Microsoft Store, Windows 11 dibangun sesuai dengan tujuan awalnya yaitu mendukung percepatan,  variasi dan kenyamanan bagi setiap pengguna.  Anda bisa temukan katalog aplikasi pihak pertama dan ketiga yang jauh lebih variatif dan telah diuji keamanan serta keselamatan bagi setiap keluarga melalui fitur Microsoft Store. 

Bahkan di Microsoft Store, aplikasi android juga akan tersedia sehingga sekarang pengguna perangkat laptop khususnya yang sudah didukung sistem operasi Windows 11 tak perlu khawatir tidak dapat menikmati aplikasi android. Aplikasi android yang sudah bekerja sama dengan Microsoft Store bisa didownload dan dinikmati pengguna gawai atau perangkat Windows 11. 

Sama halnya dengan Windows 10, Microsoft juga berkomitmen dalam memastikan kapabilitas dari aplikasi yang tersedia di Windows 11 dengan App Assure. App Assure ini merupakan suatu layanan yang akan membantu pelanggan untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi pada aplikasi tanpa ada biaya tambahan lagi.

Untuk mendukung para creator dan developers, Microsoft Store memfasilitas beberapa aspek berikut ini yang bisa dimanfaatkan : 

Para creator atau developers dapat membawa aplikasi mereka ke Microsoft Store terlepas dari kerangka kerja aplikasi yang mereka buat seperti halnya Proggressive Web App (PWA) atau Win32. 

Memberikan perubahan progresif atas kebijakan bagi hasil dari Microsoft yang artinya setiap developers dapat menyimpan sampai dengan hampir 100% pendapatan mereka. Developers aplikasi juga masih dapat menggunakan sistem perdagangan Microsoft dengan hasil bagi yang kompetitif dengan perbandingan 85 : 15.

Menghadirkan pengalaman gaming yang nyata

windows 11 gaming


Selain mendukung setiap aktivitas kerja dengan sistem keamanan terbaik yang dihadirkan, fitur hiburan juga sangat diperhatikan oleh Microsoft. Oleh sebab itu untuk keperluan gaming, Windows 11 memberikan pengguna pengalaman gaming yang imersif meliputi :

Fitur DirectX 12 Ultimate yang membuat pengguna bisa menikmati sisi grafis yang menakjubkan dengan frame rate yang tinggi pada Windows 11

Fitur DirectStorage yang memungkinkan terjadinya load time secara cepat dan game yang ditampilkan juga jauh lebih detail

Auto HDR sebuah fitur yang memberikan rentang warna secara nyata dan kaya sehingga pengalaman visual yang sangat menawan bisa didapatkan melalui perangkat dengan Windows 11

Akses menuju lebih dari 100 game PC berkualitas tinggi bisa ditambahkan setiap saat oleh pengguna Windows 11 dan semua fitur ini tersedia bagi pelanggan Xbox Game Pass untuk PC atau Ultimate.

Gunakan fitur Microsoft Teams untuk berhubungan tanpa bersentuhan

Microsoft Teams


Pandemi covid-19 yang terjadi di berbagai macam negara dalam beberapa kurun waktu terakhir ini menjadikan banyak orang resah jika harus contact dengan orang lain. Namun terkadang rasa rindu tetap datang dan harus diselesaikan. 

Untuk mengatasi semua permasalahan tersebut, bersama perangkat yang didukung sistem operasi Windows 11 maka Anda bisa memanfaatkan hadirnya Microsoft Teams. Microsoft Teams yang hadir bisa membuat Anda tetap bisa berhubungan dengan orang –orang yang Anda sayang tanpa bersentuhan.

Anda bisa terhubung melalui chat, teks, suara atau panggilan video dengan seluruh kontak personal mereka di mana saja Anda mau. Sementara untuk teman dan keluarga yang belum memiliki aplikasi Teams, pengguna dapat terhubung dengan mereka melalui SMS dua arah yang disediakan. 

Itulah beberapa fitur Windows 11 Terbaru yang dihadirkan. Anda yang memakai perangkat dengan sistem operasi berbasis Windows 11 atau perangkat yang sudah bisa upgrade Windows 11 bisa mencoba dan merasakan bagaimana semua fitur yang telah Microsoft sediakan pada sistem operasi terbarunya. Semoga puas dengan semua fitur terbaru yang diberikan ya!