Persiapan Sebelum Membuat Video Pendek di HP - falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Sebelum Membuat Video Pendek di HP

Profesi sebagai content creator menjadi salah satu profesi menarik yang diminati di era digital sekarang ini. Jika Anda juga menginginkannya, Anda harus siap untuk senantiasa berkutat dengan aktivitas membuat serta mengedit video. Untuk newbie, lantas apa saja sih persiapan sebelum membuat video pendek di HP? 

Kalau Anda memang masih seorang newbie, tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki kamera dengan lensa terbaik jika masih belum ada budget. Anda bisa menggunakan HP untuk membuat video pendek pertama Anda. Agar hasilnya menarik, berikut persiapan sebelum mulai membuat video pendek di HP yang perlu Anda pahami!

Persiapan Sebelum Tutorial Membuat Video Pendek Pakai HP 

Persiapan Sebelum Membuat Video Pendek di HP


Pilih smartphone yang cocok untuk membuat video

pilih smartphone


Hal pertama yang perlu Anda siapkan berkaitan dengan aktivitas membuat video pendek di HP adalah gunakan smartphone dengan kualitas bagus. Pastikan Anda sudah menyediakan smartphone yang didukung kualitas video yang mumpuni. 

Sebagai langkah awal, smartphone dengan kamera yang didukung kemampuan merekam video HD akan sangat Anda perlukan. Beberapa contoh HP yang cocok bagi Anda yang ingin membuat video pendek untuk keperluan konten di antaranya : 

iPhone Xs Max

iPhone Xs Max merupakan perangkat besutan Apple yang didukung teknologi Apple A12 Bionic Hexa Core yang mampu memberikan performa kencang. Selain performa yang kencang, hal menarik lain yang bisa Anda temukan dibalik iPhone Xs Max adalah kamera yang mumpuni untuk kebutuhan fotografi.

Walau kesannya resolusi kamera dari iPhone Xs Max tidak terlalu besar, tapi kalau soal hasil foto dan videonya sangat jernih dan tajam. Jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Hanya saja memang Anda perlu mengorbankan kocek sampai di atas 20an juta rupiah untuk bisa memiliki iPhone Xs Max ini sebagai ponsel andalan Anda. 

Vivo X60 Pro

Selain didukung dengan layar lebar dengan resolusi besar, Vivo X60 Pro juga menjadi salah satu smartphone kamera terbaik untuk Anda yang ingin menciptakan tutorial membuat video pendek pakai HP.

Teknologi Zeiss co-engineered imaging system dimanfaatkan oleh Vivo untuk memberikan hasil video dan fotografi yang berkelas. Lengkap dengan dukungan fitur Gimbal Stabilization 2.0 yang mampu menciptakan video stabil dalam kondisi guncangan sekalipun. 

OPPO Find X3 Pro

Oppo Find X3 Pro yang baru dirilis 2021 ini, hadir berbekal dengan teknologi OIS yang mampu meminimalisir terjadinya guncangan. Terdapat empat buah kamera yang ditanamkan di bagian belakang yaitu lensa wide angle 50 MP, lensa telephoto 13 MP, lensa ultra wide 50 MP dan lensa microlens 3 MP. 

HP ini juga didukung dengan prosesor qualcomm Snapdragon 888 dengan memori RAM sebesar 16 GB yang mendukung. Anda tidak perlu khawatir HP akan mudah ngelag ketika digunakan karena terdapat banyak fitur mumpuni yang sudah bisa Anda temukan dibalik Oppo Find X3 Pro ini. 

Samsung Galaxy S20 FE

Samsung Galaxy S20 FE meluncur di pasaran sejak September 2020 lalu. HP ini merupakan produk premium dari Samsung yang hadir dengan OIS tajam untuk menghasilkan foto dan video bahkan ketika Anda membidiknya dengan cahaya redup sekalipun. 

Akan Anda temukan terdapat tiga buah kamera di belakang dengan resolusi sebesar 12 MP lensa ultra wide dan wide angle dan 8 MP lensa telephoto. Kemudian di bagian kamera depan akan Anda temukan lensa 32 MP yang melatarbelakangi smartphone yang satu ini.

Tidak cukup sampai disitu saja, Samsung Galaxy S20 FE hadir dengan baterai 128 GB yang bisa diperluas sampai dengan 1 TB. Beragam varian warna pun bisa Anda pilih mulai dari varian warna cloud navy, cloud lavender, cloud mint, cloud red, cloud orange dan juga cloud white. 

Manfaatkan aksesoris tambahan

aksesoris tambahan smartphone


Selayaknya banyak tutorial membuat video pendek dengan menggunakan kamera profesional, dalam membuat video pendek di HP, kami juga menyarankan agar Anda membuat film dengan didukung aksesoris tambahan yang mumpuni.

Beberapa aksesoris tambahan yang diperlukan untuk membuat film atau short movie serta video pendek di antaranya seperti tripod dan mikrofon. Semuanya diperlukan untuk mendukung hasil film atau video yang lebih bagus serta untuk mendapatkan kualitas yang jauh lebih baik. 

Salah satu aksesoris perekam suara yang wajib dimiliki yaitu iRig PRE. Aksesoris ini sangat berguna untuk menghubungkan mikrofon langsung ke smartphone Anda. Sehingga Anda tak perlu khawatir tentang sinkronisasi dengan audio hasil rekaman eksternalnya. 

Jika Anda merasa ada berbagai aksesoris tambahan lain yang dibutuhkan, siapkan juga semuanya. Anda bisa mencari informasi – informasi tentang apa saja aksesoris tambahan yang diperlukan melalui berbagai macam website atau juga bisa bertanya kepada para profesional agar Anda bisa menyiapkan semua kebutuhan perlengkapan dan peralatan sebelum memulai proses pembuatan video atau film melalui HP.

Tutorial mengedit video atau film dari smartphone

editing video


Jika proses rekaman video selesai pada smartphone, hal terakhir yang biasanya Anda perlu lakukan adalah mengedit video hasil rekaman Anda. Proses editing ini kebanyakan perlu memanfaatkan software yang terdapat di PC atau laptop. 

Ya, Anda bisa mengedit dengan software yang terdapat pada PC atau laptop namun hal ini agak ribet karena hasil rekaman video yang dihasilkan perlu Anda pindah dahulu dari android ke PC atau laptop. Kemudian nanti setelah diedit dipindah ke HP lagi. 

Jika Anda tidak ingin repot memindah – mindahkan video dari HP ke laptop dan sebaliknya, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi edit video yang sudah tersedia untuk smartphone android. Sebagai contoh, terdapat aplikasi InShot, VidTrim Pro dengan fitur lengkap yang juga sudah tersedia untuk versi android. 

Sementara jika Anda menggunakan iOS, tersedia aplikasi Pinnacle Studio yang bisa Anda manfaatkan untuk mengedit video baik menggabungkan video, menambahkan efek, menambahkan soundtrack dan sebagainya. 

Teruslah berlatih untuk menjadi sempurna

berlatih, practice makes perfect


Tidak ada seorang ahli yang tidak berlatih terus menerus. Bahkan penemu lampu saja harus mencoba sampai 999 kali untuk keberhasilannya. Anda pun demikian. Practice makes perfect merupakan istilah yang benar adanya. 

Anda harus latihan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Tanpa latihan, kesempurnaan tidak akan bisa Anda dapatkan. Karena itu bagi Anda yang tertarik untuk membuat film dengan menggunakan smartphone harus terus berlatih dan membiasakan diri untuk mengedit video agar mendapatkan versi sempurna di kemudian harinya. 

Pastikan sebelum mengedit video Anda sudah punya konsep  video yang akan Anda buat seperti apa. Konsep cerita di dalam video juga harus sudah tergambar jelas agar Anda punya alur tentang video yang akan Anda edit karena hal ini akan memudahkan proses editingnya.

Anda yang ingin membuat video pendek menarik untuk diupload di sosial media atau channel YouTube dengan budget atau biaya yang minimal, persiapan untuk membuat video pendek di HP yang kami bagikan perlu Anda pahami. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi! 

image:
  • https://unsplash.com/photos/i24tGGbc9GE
  • https://unsplash.com/photos/uVo-8Qz-zw0
  • https://unsplash.com/photos/O2-EZNGZIyk
  • https://unsplash.com/photos/Fp4ERdkR5jU