Tutorial Android TV Box Beserta Rekomendasi Produknya - falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Android TV Box Beserta Rekomendasi Produknya


Sebelum kita membahas tentang tutorial android TV Box, kita akan membahas dulu mengenai android tv box itu sendiri. Android tv box atau yang dikenal dengan istilah android streaming box merupakan sebuah perangkat yang ditenagai sistem operasi berbasis android dan dimanfaatkan sebagai platform streaming. 

Selain bisa dimanfaatkan untuk keperluan streaming, android TV Box juga dapat dimanfaatkan sebagai home server software, main game android via televisi, menjadikannya sebagai emulator dan masih banyak lagi. 

Dibandingkan membeli smart TV built in android yang lebih mahal, akan lebih baik jika Anda membeli android tv box yang bisa memberikan manfaat kurang lebih sama. Rekomendasi produknya dan tutorial android TV box secara lengkap bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Tutorial Android TV Box


Tutorial Android TV Box Beserta Rekomendasi Produknya

Cara kerja android TV box sangat simple sebenarnya. Perangkat ini hanya perlu Anda hubungkan ke saluran televisi yang telah terhubung dengan internet melalui Ethernet berkabel atau koneksi wifi. Jika rumah Anda sudah memiliki koneksi wifi yang tersambung maka tentu proses settingnya akan jauh lebih mudah. 

Setelah android TV box dan internet terhubung, Anda dapat memasang berbagai macam aplikasi android seperti YouTube, Netflix, WeTV dan berbagai aplikasi lain di televisi secara langsung. Agar tidak perlu menerka – nerka mengenai cara pemasangannya bagaimana, berikut kami berikan tutorial android TV box untuk Anda. 

Langkah – langkah menyambungkan TV ke android TV box sebagai berikut : 

  1. Pertama – tama Anda masukkan power dari android tv box ke port powernya
  2. Kemudian colokkan kabel HDMI pada port HDMI yang terdapat pada android TV box agar tampilan layar di televisinya bisa ditampilkan
  3. Anda juga bisa menambahkan mouse usb yang digunakan untuk memudahkan proses pemilihan menu yang terdapat di android tv box
  4. Setelah itu Anda bisa mencoba menyalakan android tv box dan ubah input tv ke HDMI jika memang Anda menggunakan HDMI sebagai tampilan untuk android tv box yang Anda sedang pergunakan.
  5. Cobalah apakah sudah bisa menampilkan tayangan sesuai keinginan Anda atau tidak. Jika sudah, berarti berhasil dan Anda tinggal menikmati tayangannya saja. 

Rekomendasi Produk Android TV Box 

Setelah Anda tahu semua hal tentang tutorial android TV box, sekarang kami akan berikan beberapa rekomendasi produk android TV box yang bisa Anda bawa pulang. Beberapa produk android TV box yang kami rekomendasikan di antaranya : 

X96 Mini Full Load Kodi

X96 Mini Full Load Kodi


Merk android TV box yang pertama yaitu X96 Mini Full Load Kodi ini ditenagai dengan sistem operasi android versi 7.1 Nougat dan sudah termasuk dengan Kodi. Perangkat ini didukung dengan kapasitas memori RAM 2 GB. 

Di dalam X96 Mini Full Load Kodi sudah terpasang berbagai macam aplikasi khususnya aplikasi streaming yang Anda bisa gunakan untuk menonton saluran TV lokal, nasional atau pun saluran TV internasional. Mengenai harganya, android TV box X96 Mini Full Load Kodi dibanderol di rentang harga 500an ribu rupiah. 

Xiaomi Mi Box 3 Smart 4K Ultra HD

Xiaomi Mi Box 3 Smart 4K Ultra HD


Perangkat android TV box yang satu ini diusung oleh brand terkenal Tiongkok yaitu Xiaomi yang juga memiliki banyak produk smartphone yang beredar luas di tanah air. Xiaomi Mi Box 3 Smart 4K Ultra HD hadir dengan sistem operasi versi 6.0 Marshmallow yang dikenal kinerjanya sudah cukup baik.

Android TV box internasional ini memiliki prosesor yang kuat dan dibekali resolusi 4K yang mampu menampilkan gambar jernih ketika dimainkan. Harganya di bawah 1 juta rupiah sehingga masih worth it untuk dimiliki. 

TANIX TX 3 

TANIX TX 3


Rekomendasi android TV Box yang lainnya adalah TANIX TX 3. Android TV Box yang satu ini hadir dengan ukuran yang sangat kecil dan ringan. Kapasitasnya mencapai 2 GB dan dibanderol dengan harga 479 ribu rupiah. 

Produk ini ditenagai dengan dukungan CPU quad core Amlogic S905W yang sudah cukup baik menunjang operasionalnya. Perangkat ini juga sangat compatible dengan berbagai keperluan dan harganya pun sangat terjangkau. Anda bisa memiliki TANIX TX 3 dengan menyiapkan dana sekitar 479 ribu rupiah saja.   

Sebelum Anda memilih produk android TV box mana yang akan Anda pulang, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam pemilihan produknya. Beberapa pertimbangan penting yang perlu Anda pahami sebelum membeli produk android TV box di antaranya : 

Prosesor

Salah satu elemen yang kedudukannya penting bagi suatu perangkat adalah prosesor. Pun begitu dengan android TV Box. Anda harus pertimbangkan dulu prosesor apa yang digunakan dan sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. 

Terlebih ada prosesor yang kuat namun energinya boros dan ada juga prosesor yang prosesornya lemah namun cenderung hemat energi. Oleh sebab itu sebelum membeli android TV Box, pelajari dulu karakter masing – masing prosesor agar Anda tidak salah pilih. 

Mengenai prosesor ARM big LITTLE, DynamIQ dan Tegra X1 memiliki spesifikasi yang berbeda – beda. Tegra X1 umumnya digunakan oleh Nvidia Shield TV dan Nintendo Switch. Sementara untuk DynamIQ biasanya memiliki konfigurasi big LITTLE yang menggunakan delapan core CPU dalam satu cluster komputasi. 

Namun hal penting yang perlu Anda tahu tentang pemilihan prosesor bahwa semakin kuat sebuah prosesor, maka akan semakin bagus dalam menjalankan video streaming serta akan memberikan kualitas gambar yang semakin baik. Berbagai jenis game dengan grafis berat pun bisa lebih leluasa dimainkan. 

Kesesuaiannya dengan aplikasi

Sebuah aplikasi streaming memiliki kompabilitas yang berbeda – beda, begitu juga dengan game. Oleh sebab itu carilah perangkat android TV Box yang dapat menjalankan berbagai aplikasi atau game dengan baik dan lancar dalam satu perangkat. 

Hal ini sangat penting karena selain Anda harus memahami tutorial android TV  Box bagaimana pemasangannya, Anda juga harus menyesuaikan perangkat yang digunakan demi kenyamanan penggunaan jangka panjang. 

Cari tahu cara pemasangan dan settingnya

Anda harus tahu bahwa masing – masing jenis android TV Box memiliki tingkatan yang berbeda dan merk yang berbeda juga. Hal ini mengakibatkan pemasangan dan settingnya juga berbeda. Jadi baiknya Anda pertimbangkan dulu apakah Anda bisa memasang dan menyettingnya atau tidak. 

Jika memang Anda tidak bisa memasang dan menyettingnya sendiri apakah Anda akan belajar tutorial android TV Box secara manual untuk memasang dan menyetting, atau akan meminta jasa orang lain untuk memasang dan menyettingnya. Semua ini perlu jadi pertimbangan Anda dalam memilih android TV Box. 

Jadi itulah beberapa produk android TV box yang direkomendasikan untuk Anda pilih beserta beberapa pertimbangan yang Anda perlu perhatikan sebelum memilihnya. Semoga informasi yang kami bagikan termasuk tutorial android TV box menjadi informasi yang bermanfaat.