Tutorial Buat Video Pakai HP Agar Hasilnya Seperti Video Profesional - falahbayhaqi.com | Blog media informasi dan teknologi
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Buat Video Pakai HP Agar Hasilnya Seperti Video Profesional

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin memasarkan secara online, tutorial buat video pakai HP tentu akan menjadi informasi yang sangat Anda nantikan. Melalui tutorial buat video ini, Anda yang ingin membuat video promosi untuk keperluan bisnis tidak perlu menyewa jasa videografi profesional jika memang budgetnya belum mencukupi. 

Dengan membuat video promosi sendiri, Anda bisa lebih menghemat budget dan budget tersebut bisa dialihkan untuk hal – hal lain yang lebih penting. Mengenai bagaimana tutorial buat video pakai HP agar hasilnya memuaskan selayaknya menggunakan video profesional, berikut informasi menariknya yang perlu Anda simak!

Tutorial Buat Video Pakai HP 

Tutorial Buat Video Pakai HP


Pahami posisi merekam video

Tips pertama yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tutorial buat video di HP adalah posisi Anda merekam video. Jika selama ini Anda terbiasa merekam video dengan posisi vertikal agar lebih mudah ketika diunggah di Instagram atau WhatsApp, maka sekarang Anda membedakannya. 

Untuk video yang dibuat khusus untuk WhatsApp atau Instagram, Anda bisa merekamnya dengan posisi vertikal. Akan tetapi untuk video yang akan Anda upload di YouTube atau website akan lebih baik jika dibuat dengan posisi horizontal. 

Hal ini karena video dengan komposisi vertikal tidak terlihat bagus ketika dilihat pada device lain seperti komputer atau laptop. Hal ini karena layar komputer, televisi dan website memang didesain dengan tampilan horizontal atau landscape sebagai orientasi tampilan mereka. 

Oleh sebab itu, dalam merekam video Anda harus tahu akan diupload di mana sebelum Anda membuat video. Jika akan diupload di website dan channel YouTube, maka video dengan orientasi landscape akan lebih baik untuk Anda buat dibandingkan video dengan orientasi vertikal.

Perhatikan sumber cahaya untuk membidik video

Sama halnya seperti aktivitas fotografi yang membutuhkan cahaya untuk menunjang kualitas foto yang dihasilkan, membuat video juga demikian. Ada atau tidaknya cahaya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas video. 

Anda harus tahu bahwa soal pencahayaan, cahaya terbaik tak lain berasal dari cahaya alami seperti sinar matahari. Hanya saja yang menjadi masalah bahwa sinar matahari tidak akan bersinar selama 24 jam. Oleh sebab itu, Anda tetap akan butuh sumber cahaya lain untuk menerangi objek dalam video Anda. 

Untuk kebutuhan menerangi video,  tidak dianjurkan menggunakan flash karena hal ini akan membuat bagian depan menjadi sangat terang sementara background menjadi gelap. Anda bisa menambahkan extended lights sebagai sektor pencahayaan dari video yang Anda buat seperti menggunakan portable LED lights yang sekarang ini sudah bebas dijual di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. 

Manfaatkan tripod agar mendapatkan hasil yang lebih stabil

Tidak hanya membuat video dengan kamera mirrorless dan kamera DSLR saja yang butuh tripod, membuat video dengan menggunakan smartphone juga butuh tripod. Apalagi jika Anda ingin merekam video tertentu seperti video blog, video promosi atau video timelapse. 

Kini tersedia berbagai macam jenis tripod yang beredar di pasaran mulai dari tripod dengan kaki yang bisa dilipat sampai dengan tripod dengan kaki yang fleksibel bisa Anda beli. Anda bisa memilih jenis tripod mana saja sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Tripod akan menjadi piranti yang sangat berguna untuk membantu Anda membuat video dengan stabil dan hasilnya pun tidak mudah berguncang. Memanfaatkan tripod, Anda juga tidak perlu repot memegang HP dengan tangan sehingga Anda tidak akan terlalu capek dan pegal ketika proses pembuatan video. 

Hindari menggunakan digital zoom

Dalam teknik merekam video melalui HP atau smartphone, jangan Anda melakukan zoom in kecuali jika smartphone Anda menggunakan Huawei terbaru yaitu P30 Pro yang memang sudah dibekali fitur 5x optical zoom. 

Anda perlu pahami bahwa zoom in yang terdapat pada kamera  HP rata – rata hanya menggunakan fitur digital zoom saja bukan optical zoom. Jadi membesarkan objek dengan digital zoom hanya akan membuat hasil videonya menjadi pecah dan visual appealingnya juga kurang fokus. 

Jika Anda sedang buat video pakai HP dan ingin hasilnya lebih terarah, rapi, tidak pecah dan profesional daripada harus menggunakan zoom in lebih baik Anda mendekati objek yang akan Anda videokan. Hal ini lebih baik karena tidak merusak kualitas video yang sedang Anda bidik. 

Kunci fokus secara manual agar titik fokus pada video tidak berpindah – pindah

Suatu smartphone dapat mendeteksi titik fokus serta menyesuaikan eksposur secara otomatis.  Fitur ini akan sangat berguna dalam pengambilan foto akan tetapi akan mengganggu jika diterapkan untuk merekam video. 

Sedikit gerakan saja pada smartphone akan menyesuaikan ulang eksposure dan titik fokusnya. Akibatnya video akan terlalu terang, terlalu gelap atau bahkan blur. Oleh sebab itu lebih baik Anda kunci titik fokus secara manual dalam pengambilan video agar hasilnya tidak blur atau terlalu terang. 

Cara untuk mengunci titik fokus secara manual yaitu dengan mengetuk layar pada bagian yang Anda inginkan, setelah itu icon gembok yang terkunci akan muncul. Klik pada icon gembok tersebut. Dengan cara ini fokus kamera Anda tidak akan berpindah – pindah dan hanya akan fokus pada satu titik bidikan saja. 

Tambahkan mikrofon eksternal untuk menangkap suara

Setelah membahas tentang visualisasi dengan kamera HP, hal yang tak kalah penting diperhatikan juga adalah kualitas suara yang dihasilkan. Jika Anda buat video pakai HP, suara yang dihasilkan cenderung apa adanya. 

Hal ini akan sangat mengganggu ketika ada suara – suara diluar suara utama yang masuk ke dalam audio HP Anda. Misalkan suara motor, suara orang di luar video yang berbincang – bincang, dan lainnya. Untuk meredam suara – suara di luar suara utama baiknya Anda menggunakan mikrofon eksternal. 

Mikrofon eksternal ini bisa Anda sambungkan ke smartphone secara langsung. Mikrofon ini bisa menangkap suara dengan baik serta menghasilkan output suara yang lebih jernih. Dengan bantuan mikrofon eksternal juga Anda tak perlu susah – susah untuk melakukan editing dalam mengurangi noise pada video karena suara diluar suara utama yang masuk pada rekaman sangat minim. 

Mau pakai video slow motion atau time lapse? Cek ricek dulu!

Beberapa merk HP android memang kini sudah menghadirkan fitur merekam video dengan mode slow motion tanpa aplikasi tambahan. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membuat video dengan efek dramatis. Akan tetapi tetap Anda harus bisa memilah video mana yang cocok di setting dengan konsep slow motion dan mana yang tidak. 

Juga ada fitur timelapse pada beberapa smartphone. Tujuan fitur timelapse ini tentu berbanding terbalik dengan fitur slow motion. Fitur timelapse berguna untuk mempercepat video dan memperlihatkan perubahan yang terjadi. Namun penggunaannya pada video juga harus Anda sesuaikan. 

Jika Anda ingin menggunakan salah satu fitur di atas untuk keperluan dramatisasi video entah itu fitur slow motion atau time lapse, baiknya Anda pertimbangkan dulu kecocokannya. Apakah video yang Anda akan create tadi cocok atau tidak dengan visualisasi slow motion dan time lapse. Jika tidak cocok namun Anda memaksakan untuk membuat video slow motion atau time lapse hasilnya tentu tidak akan smooth atau bagus. 

Bagi Anda yang ingin membuat video melalui HP, untuk mendapatkan hasil video profesional selayaknya video yang dibidik menggunakan kamera itulah beberapa tips dan tutorial buat video di HP yang Anda perlu simak. Selamat mencoba dan semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.