Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibadah Setahun Sekali, Inilah Manfaat Berqurban untuk Kaum Muslim

Manfaat Berqurban untuk Kaum Muslim


Setiap tahunnya umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha atau yang dikenal juga sebagai hari raya qurban. Mengingat memang pada saat ini dianjurkan bagi mereka yang dari segi keuangan mampu untuk ikut serta berqurban, entah itu kambing, sapi maupun unta. Bukan hal yang mustahil juga bagi Anda untuk bisa berqurban setiap tahunnya, asalkan memang ada niatan yang kuat. Diantaranya adalah dengan menabung di tabungan qurban. Konsep tabungan qurban ini memang agak berbeda dengan tabungan yang lainnya, karena uang yang dihasilkan akan dipakai membeli hewan untuk berqurban.

 

Bagi para kaum muslim, sebenarnya berqurban ini juga punya banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

 

  1. Mendekatkan diri kepada Allah, ibadah yang satu ini termasuk salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT guna meningkatkan iman dan juga ketaqwaan, karena telah merelakan salah satu hal yang dimiliki untuk diqurbankan.
  2. Menambah amal kebaikan, ibadah ini juga termasuk memiliki pahala yang cukup besar, dan dapat digunakan untuk menambah amal di akhirat nanti.
  3. Sebagai salah satu ungkapan rasa syukur, karena belum tentu orang lain akan seberuntung Anda, sehingga mampu untuk berqurban juga berbagi kepada orang di luar sana.
  4. Penebus dosa, pada dasarnya steiap manusia pasti tak akan luput dengan dosa, ibadah yang satu ini termasuk cara yang juga dilakukan sebagai penebus dosa.
  5. Berbagi kepada sesama, daging hasil qurban tersebut nantinya akan dibagi-bagikan kepada orang lain yang membutuhkan, dimana memang tidak semua orang memang seberuntung Anda sehingga bisa makan daging setiap hari. Mungkin banyak diantaranya yang hanya bisa makan daging setahun sekali pada saat hari raya qurban ini.

 

Mulai rencanakan sekarang juga dan segera daftarkan diri Anda pada tabungan khusus untuk qurban yaitu dari Bank Syariah Bukopin, mereka menawarkan beberapa produk tabungan yang belum tentu ada di tabungan bank syariah lainnya. tak hanya tabungan saja, melainkan juga ada pendanaan syariah sampai dengan investasi untuk yang ingin memutar uang sehingga bisa menghasilkan keuntungan.