Friday, July 14, 2017

10 Tips Jitu Menggunakan Sosial Media Untuk Bisnis



Sosial Media - Tak dapat dipungkiri saat ini sosial media telah dipergunakan oleh masyarakat untuk bersosialisasi dan komunikasi. Bahkan, sosial media dapat mempertemukan seseorang yang sudah lama tak berkomunikasi dengan teman atau sahabatnya. Melihat begitu tingginya minat masyarakat terhadap sosial media, maka kini sosial media tak hanya digunakan untuk media komunikasi saja, namun sebagai promosi bisnis. Bahkan, telah terbukti bahwa sosial media untuk bisnis mampu mendatangkan banyak keuntungan serta peningkatan omset sebuah bisnis atau usaha.

Dalam menggunakan sosial media untuk bisnis pastinya Anda harus mampu memanfaatkan fitur sosial media dengan baik. Melalui sosial media untuk bisnis, dapat terjalin pula hubungan yang baik antara penjual dan pembeli sehingga sangat bagus untuk prospek jangka panjang. Bagi Anda yang ingin menggunakan sosial media untuk bisnis, maka berikut ini akan dijelaskan 10 tips jitu menggunakan sosial media sehingga dapat mendatangkan banyak keuntungan dan manfaat.


1. Upayakan agar pelanggan Anda menggunakan fitur check in ketika berada di lokasi usaha Anda. Biasanya fasilitas check ini disediakan oleh Facebook dimana pengguna facebook saat ini sudah berjumlah jutaan orang di seluruh dunia. Anda bisa menggunakan fasilitas facebook page bisnis agar mampu mendukung promosi bisnis Anda.

2. Mendaftarkan bisnis pada Foursquare karena website ini akan membantu Anda untuk mengakses orang-orang yang telah check in pada lokasi bisnis Anda. Melalui tips ini Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk bisnis sebagai media untuk menemukan pelanggan.

3. Menggunakan fitur Facebook graph search sehingga akan memudahkan para pengguna facebook menemukan bisnis lokal yang disukai. Meskipun masih bisa digunakan untuk pengguna yang terbatas, namun semoga fitur ini dapat berkembang dan bisa digunakan oleh semua pengguna facebook.


4. Sering aktif bersosial pada twitter dengan memposting hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Anda bisa membuat promo atau voucher diskon bagi para follower twitter sehingga akan semakin memperkenalkan sosial media untuk bisnis Anda secara lebih luas.

5. Membuat akun pada Linkedln.com karena akun ini akan sangat berpengaruh pada mesin pencari. Dengan membuat akun tersebut, maka bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari kebutuhan dan tersedia pada bisnis Anda.

6. Saat ini youtube sangat diminati oleh para pengguna sosial media karena tak hanya berisi video saja, namun kini youtube dapat digunakan sebagai media promosi bisnis dan media berbagai hal-hal yang bermanfaat. Caranya cukuplah mudah, Anda hanya perlu membuat video yang kreatif dan unik dan berkaitan dengan bisnis Anda lalu upload ke youtube. Dengan begitu, maka akan banyak pengguna youtube yang menyukai video Anda.

7. Mendaftarkan bisnis pada Yelp.com dimana situs ini akan memberikan ulasan yang berkaitan dengan bisnis, namun dalam fitur sosial media. Situs ini banyak digunakan di Amerika untuk mencari ulasan bisnis serta percakapan yang akan menjadi testimoni.



8. Mengatur jadwal pertemuan seperti lokakarya atau pertemuan informal berkaitan dengan bisnis Anda. Anda bisa membagikan pertemuan tersebut pada sosial media sehingga akan menambah nilai lebih pada bisnis Anda di mata para pelanggan.

9. Pastikan untuk memposting gambar yang berkualitas bagus karena gambar akan mewakili produk yang sesungguhnya serta sangat penting dalam sebuah sosial media untuk bisnis.

10. Memposting artikel yang berhubungan dengan bisnis pada blog atau website bisnis Anda serta artikel bermanfaat lainnya. Anda bisa fokus pada judul artikel serta kata kunci agar nantinya menjadi SEO.

Itulah penjelasan mengenai 10 tips jitu menggunakan sosial media untuk bisnis. Penjelasan diatas semoga bisa menambah wawasan Anda sekaligus menjadi bahan pertimbangan agar dalam menggunakan sosial media untuk bisnis nantinya bisa mendatangkan banyak keuntungan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner