Monday, July 17, 2017

4 Trik Mendapatkan Liburan Hemat


Liburan yang hemat - Merencanakan liburan dengan baik menjadi salah satu persiapan yang harus dilakukan. Jangan sampai liburan tidak terencana dan tanpa arah, maka akan membuat liburan malah menjadi berantakan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah merencanakan liburan yang hemat.

Liburan bukan berarti berhura-hura dengan menghabiskan uang. Karena tujuan utama dari liburan adalah untuk menyegarkan pikiran dari kepenatan aktivitas sehari-hari serta sebagai ajang untuk menyenangkan keluarga. Karena liburan akan lebih mempererat tali kekeluargaan dan kasih sayang antar keluarga. Maka dari itulah, rencanakan biaya liburan dengan baik, sehingga kita tetap bisa berhemat.

Liburan yang hemat adalah liburan yang harus kita pertimbangkan. Kalau tidak akan terkontrol, keuangan kita akan berantakan karena kita terlalu boros. Kita ingin membeli banyak kenang-kenangan ketika berwisata sehingga kita melampaui batas biaya liburan yang sudah kita persiapkan.


Trik Mendapatkan Liburan yang Hemat

Untuk berlibur yang hemat, yang terpenting adalah ada biaya untuk membeli tiket kendaraan, tiket masuk, makan, istirahat di penginapan atau hotel, serta biaya belanja yang cukup. Dari biaya-biaya tersebut, yang paling jauh rentangannya antara perencanaan dengan aplikasinya adalah biaya belanja. Karena banyak sekali barang-barang menarik di tempat wisata, sehingga akan membuat kita kalap untuk membelinya dalam jumlah banyak sebagai oleh-oleh.

Jika ini terus dilakukan, keuangan kita akan berantakan. Uang yang seharusnya untuk keperluan lain, sudah habis untuk biaya liburan. Maka dari itulah, berikut adalah 7 tips liburan yang hemat yang perlu diperhatikan :

1. Tentukan tempat wisata yang akan kita kunjungi
Banyak tempat wisata yang akan kita kunjungi. Semua tempat-tempat itu adalah tempat-tempat yang indah, sehingga akan membuat kita bingung untuk memilihnya. Dalam mencari informasi tentang tempat wisata yang akan kita tuju, lihat info biaya masuk dan dimana lokasinya (yang akan berkaitan langsung dengan biaya tiket perjalanannya).

Bahkan kalau bisa, kita mencari tempat wisata yang sedang ada promonya. Seperti misalnya untuk satu orang, biaya masuknya adalah 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk promonya, biaya tiket masuk 100ribu untuk 3 orang.

Selain itu, pilih juga lokasi liburan yang tidak terlalu jauh, tidak harus keluar negeri (karena cenderung mahal tiket perjalanannya). Liburan yang hemat di dalam negeri pun masih bisa kita pilih, karena tiket perjalanannya akan lebih murah. Apalagi kalau bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, maka akan lebih hemat.


2. Catat semua pengeluaran liburan dengan detail
Pemilihan tempat wisata yang tepat disertai biaya masuk dan akomodasinya serta biaya perjalanan harus dicatat dengan detail. Karena dengan catatan ini, berarti kita sudah memiliki gambaran biaya liburan yang akan kita lakukan. Pastikan kita memiliki lebih dari satu alternatif liburan dan pilih mana liburan yang hemat.

3. Bawa uang tunai saja ketika liburan
Ini akan membantu liburan kita menjadi lebih hemat. Jika kita tidak membawa uang tunai yang cukup, maka kita tidak akan bisa mengira-ngira berapa sisa saldo yang kita miliki. Kita menjadi kurang terkontrol dalam menggunakan uang di kartu ATM kita dan akhirnya kita akan kaget dengan pengeluarannya nanti.

Maka dari itulah, sangat disarankan untuk membawa uang tunai saja, sehingga kita bisa sering-sering mengecek ketersediaannya. Kita menjadi lebih terkontrol untuk menggunakannya.

4. Jangan berlibur saat musim liburan
Ini menjadi trik yang sangat penting untuk mendapatkan liburan yang hemat. Karena ketika musim liburan tiba, kita akan mendapatkan harga tiket masuk tempat wisata yang sangat mahal. Bahkan bisa dua atau tiga kali lipat dari harga biasanya. Selain itu, macetnya jalan saat perjalanan menuju ke sana akan menambah biaya akomodasi.

Mendapatkan liburan yang hemat bukan hal yang sulit. Yang terpenting adalah kontrol dan persiapan biaya yang sungguh-sungguh dilakukan. Terlebih menyangkut keuangan, akan sangat fatal akibatnya jika kita boros dalam membelanjakan uang untuk liburan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner