Saturday, July 22, 2017

Begini Cara Melindungi Akun Sosial Media Dari Pembajakan











Melindungi akun media sosial - Siapa yang tak memiliki akun media sosial? Tentu saja sekarang ini hampir setiap orang di dunia memiliki akun media sosial mereka masing-masing. Nah, sebagai pengguna media sosial yang aktif, tentunya kita diharuskan untuk selalu berhati-hati agar tidak pernah menjadi korban pembajakan di media sosial. Memiliki akun yang bersifat pribadi harus digunakan dengan bijak dan lebih berhati-hati.

Sekarang ini juga sudah populer berbagai media sosial yang beredar di masyarakat. Bahkan seolah-olah media sosial ini wajib untuk dimiliki. Akan tetapi sebagai pengguna media sosial yang memiliki banyak akun, kita harus selalu waspada terhadap adanya ancaman seperti cyber. Biasanya hal yang menjadi korbannya adalah pembajakan dan peretasan di dalam media sosial. Kalau sudah begini, identitas kitalah yang akan menjadi korban.


Maka dari itu, sebagai pengguna media sosial di internet yang baik, ada kalanya kita harus bijak dan hati-hati dalam setiap penggunaan akun media sosial ini. jangan biarkan kita menjadi salah satu korban pembajakan ataupun peretasan akun. Terlebih lagi saat akun kita sangat mendukung dalam pekerjaan. Jika sudah seperti ini tentu saja hal yang harus dan wajib untuk dilakukan yaitu dengan melindungi akun media sosial.

Beberapa cara melindungi akun media sosial berikut akan membantu Anda dalam menghindari ancaman yang ada. Anda bisa menerapkannya agar terhindar dari ancaman apapun yang beredar luas di internet. Berikut beberapa cara dalam melindungi akun media sosial.

1. Perhatikan betul pengaturan privasi online
Setiap memposting ataupun mengisi data diri di internet ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Ada baiknya apabila Anda memperhatikan beberapa hal berikut agar terhindar dari ancaman yang ada di media sosial. Kita harus tetap memperhatikan keprivasian yang telah ditetapkan oleh media sosial itu sendiri.
Apabila perlu hindarilah memposting berbagai hal yang berhubungan dengan rahasia yang sangat penting namun bersifat lebih pribadi. Hal ini dikarenakan kita tak mengetahui setiap orang yang telah melihat postingan kita. Yang perlu diwaspadai yaitu jika hampir setiap ancaman identitas itu terjadi di dunia digital. Maka dari itu, jangan lupa melindungi akun media sosial Anda agar tidak menjadi korbannya.

2. Memakai password unik dan jarang dipikirkan orang
Apabila Anda memiliki berbagai macam akun maupun situs pada media sosial, maka sebaiknya menggunakan password yang unik untuk melindungi akun media sosial Anda. Password sendiri merupakan salah satu keamanan yang begitu penting bagi media sosial kita. Maka dari itu, pakailah password yang begitu unik yang tidak terfikirkan oleh orang lain.
Perlu dihindari juga penggunaan password yang sama pada beberapa akun media sosial. Hal ini dikarenakan tentu saja akan mempermudah pembajakan. Maka dari itu, gantilah password secara rutin.

3. Wajib memeriksa situs yang ingin Anda masuki
Memang saat ini banyak sekali situs yang saat masuknya harus login menggunakan akun kita sendiri. Jangan sampai Anda sign in pada situs bajakan atau palsu. Anda perlu mengecek URL ataupun alamat website tersebut sebelum melakukan sign in. Melindungi akun media sosial dengan cara seperti ini tentu saja agar terhindar dari pembajakan yang beredar.

4. Matikan speaker maupun webcam pada laptop yang dipakai
Apabila Anda mau mengamati, Mark Zuckerberg saja mau menutup speaker maupun webcam pada laptop pribadinya. Maka lakukan cara melindungi akun media sosial ini untuk mengantisipasi pengendalian jarak jauh pada perangkat kita sendiri.

5. Wajib teliti saat sinkronisasi
Melakukan sinkronisasi tentu adalah salah satu cara yang akan memudahkan kita saat mengirim data ataupun lainnya. Perlu juga diketahui bahwa seringnya melakukan sinkronisasi akan membuat sebuah akun mudah diretas. Maka dari itu, Anda wajib teliti dalam setiap melakukan sinkronisasi.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner