Saturday, July 22, 2017

Mata Perih Setelah Lama di Depan Monitor? Lakukan Tips Berikut Ini!


Perkembangan jaman memang sudah tidak bisa ditolerir lagi apalagi teknologi yang terus berkembang semakin canggih. Rutinitas sehari-hari pun tak lepas dari pengaruh kemajuan teknologi seperti gadget ponsel, layar televisi hingga bekerja di depan layar komputer terlalu lama tanpa peduli usia baik anak-anak hingga dewasa. Tentu hal tersebut memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan mata jika tidak diperhatikan dengan baik.

Dampak terlalu lama bekerja di depan layar monitor pada mata antara lain mata terasa perih, mata lelah, mata kering, terasa sakit hingga terjangkit penyakit rabun mata seperti mata minus atau mata plus bahkan bisa menyebabkan kerusakan mata yang serius jika Anda mengabaikan hal penting tersebut. Nah, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui tips memiliki mata sehat.


7 Tips Memiliki Mata Sehat Meski Bekerja Lama Di Depan Monitor

Berikut ini, kami sajikan beberapa tips memiliki mata sehat dan terbebas dari gangguan penyakit mata seperti rabun jauh yang bisa mengganggu aktivitas pekerjaan Anda.

1. Mengistirahatkan mata
Jika Anda memang seorang pekerja yang tak bisa lepas dari komputer maka ada baiknya menjaga kesehatan mata tiap satu jam bekerja. Anda bisa melakukan tips memiliki mata sehat yang pertama yaitu mengistirahatkan mata selama lima menit untuk memandang ke arah lain atau seringlah berkedip agar mata tidak tegang.


2. Mencuci wajah dengan air dingin 
Tips memiliki mata sehat dan indah adalah sering mencuci wajah dengan air dingin yang bersih agar otot mata kembali rileks.

3. Memperbanyak makanan yang mengandung vitamin
Organ mata memerlukan banyak nutrisi dari vitamin. Anda bisa mengkonsumsi minuman yang mengandung vitamin. Buah dan sayur adalah jenis makanan sehat yang kaya akan manfaat termasuk untuk kesehatan mata.Tips memiliki mata sehat adalah dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat tersebut.

4. Mengatur jarak layar
Penting sekali mengatur jarak layar monitor komputer dengan mata minimal 30 cm. Disarankan Anda mengatur jarak layar monitor dengan tubuh 50 sampai dengan 100 cm. Tips memiliki mata sehat adalah Anda tidak bermain gadget atau layar monitor dengan berbaring.

5. Meredupkan sinar monitor
Ya, tips memiliki mata sehat yang lain adalah meredupkan layar komputer Anda agar radiasi komputer tidak berlebihan saat melukai mata. Selain itu, Anda pun bisa memasang layar pelindung yang baik.


6. Rajin berolahraga
Olahraga yang teratur dan konsisten setidaknya seminggu dua kali akan membuat organ tubuh menjadi sehat salah satunya mata. Anda bisa mencoba melakukan terapi melihat jarak jauh, jarak dekat dan sering-seringlah pergi refreshing atau melihat pemandangan yang bernuansa hijau merupakan salah satu tips memiliki mata sehat yang efektif.

7. Periksa kesehatan mata secara rutin
Setidaknya Anda wajib memeriksakan kesehatan mata pada dokter mata minimal setahun sekali atau enam bulan sekali untuk mengetahui perkembangan kesehatan mata. Dokter mata akan memeriksa mata hingga meminta Anda membaca font tulisan beberapa ukuran. Anda pun akan mengetahui apakah mata minus bertambah berat atau tidak. Jangan lupa untuk melakukan semua saran atau tips memiliki mata sehat dari dokter mata terpercaya.

7 tips memiliki mata sehat tersebut bisa memberikan informasi berharga untuk Anda yang sering bekerja lama di depan komputer. Radiasi komputer yang terlalu tinggi bisa jadi merusak jaringan mata dalam jangka waktu lama jika Anda tidak memperhatikan kesehatan mata dengan baik.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner