Thursday, July 27, 2017

Ini Kesalahan-Kesalahan Yang Bangkrutkan Bisnis Online


Bisnis Online - Dalam menjalankan bisnis online, ada sejumlah kesalahan yang tidak disadari oleh pelaku bisnis dan mungkin Anda juga pernah melakukan kesalahan yang sama. Padahal, kesalahan-kesalahan dalam bisnis online dapat membuat bisnis online Anda bangkrut. Tentu Andalah yang dirugikan jika bisnis yang Anda jalankan itu bangkrut. Oleh sebab itu, kesalahan-kesalahan tersebut haruslah dihindari.

Kesalahan Dalam Bisnis Online

Apa saja kira-kira yang termasuk dalam kesalahan dalam bisnis online? Inilah 5 jenis kesalahan dalam bisnis online yang sering dilakukan namun terkadang tidak disadari:


1. Penawaran dan permintaan yang tidak sesuai

Inilah yang menjadi kesalahan dalam bisnis online. Banyak pelaku bisnis online yang menjalankan bisnisnya tanpa terlebih dulu memikirkan permintaan pasar dan barang yang dijualpun adalah jenis barang yang kurang dicari atau dibutuhkan oleh konsumen. Untuk menghindari hal itu, ada 3 cara yang perlu dilakukan dalam validari pasar. 3 cara tersebut adalah mengukur permintaan pasar, memprediksi tren dan mengukur persaingan antar kompetitor bisnis online.

2. Tidak atau kurang menjaga kualitas

Kesalahan dalam bisnis online salah satunya adalah karena tidak atau kurang menjaga kualitas. Padahal, kualitas adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah bisnis. Karenanya, menjaga kualitas adalah menjadi salah satu upaya menjaga hubungan baik dengan konsumen karena dalam bisnis online kepuasan pelanggan berpusat di media sosial sehingga komunikasi yang baik dengan pelanggan merupakan hal penting yang perlu dijaga.

3. Tidak bertanggung jawab

Tanggung jawab yang dimaksud disini adalah tanggung jawab terhadap rencana dan tanggung jawab terhadap konsumen. Tanggung jawab terhadap rencana maksudnya sebisa mungkin harus bertanggung jawab terhadap rencana yang telah disusun saat awal menjalankan bisnis karena memang bisnis online adalah jenis bisnis yang memiliki persaingan begitu ketat. Nah, supaya tidak tertinggal dengan kompetitor lainnya maka Anda harus bertanggung jawab rencana yang telah Anda susun baik rencana pemasaran, penjualan dan keuangannya. Sementara tanggung jawab terhadap konsumen berarti memberikan pelayanan terhadap konsumen sebaik mungkin termasuk menanggapi komplain dan penyelesaian masalah jika timbul masalah dengan pelanggan.

4. Berpikiran tertutup

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu Anda harus mengikuti perkembangan yang ada
dan kesalahan dalam bisnis online yang harus dihindari adalah berpikiran tertutup sementara apapun terus terus berkembang. Bila pikiran tertutup ini terus menyelimuti diri Anda maka tentu Anda akan tertinggal. Jadi, belajarlah tentang apapun, siapapun, kapanpun dan dimanapun agar pengetahuan Anda semakin berkembang sehingga tidak tertinggal.


5. Malas berinovasi dan stabil di alat bisnis online

Inilah salah satu kesalahan dalam bisnis online yang ahrus dihindari jika tidak ingin tertinggal dalam ketatnya persaingan yang ada. Sebenarnya banyak bisnis online yang prospeknya bagus namun justru sering kali terhambat oleh kendala jarang update dan akun media sosialnya tidak terawat. Memang jika tidak ingin bangkrut dan gulung tikar maka jangan malas berinovasi dan kelola sestabil mungkin alat bisnis online Anda seperti web atau media sosial yang lain. Pelanggan tak akan bosan berkunjung ke situs Anda jika Anda terus memberikan konten yang informatif, menarik dan terbaru.

Contoh kesalahan dalam bisnis online seperti yang sudah disebutkan diatas jangan sampai Anda lakukan jika Anda ingin bisnis online Anda berjalan lancar. Jangan mudah menyerah dan barengi dengan disiplin yang kuat bila tak ingin bisnis Anda bangkrut atau bahkan gulung tikar.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner