Friday, July 14, 2017

Inilah 6 Tips Menjadi Pengguna Sosial Media Cerdas di Masa Kini



Tips - Perkembangan teknologi membuat sosial media kini semakin banyak diminati oleh masyarakat bahkan tak hanya di Indonesia saja, namun di seluruh penjuru dunia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa seolah tak ingin ketinggalan untuk menggunakan sosial media. Akan tetapi cukup disayangkan ternyata para pengguna sosial media justru memanfaatkan sosial media untuk hal-hal yang berbau negatif. Padahal jika dilihat dari fungsinya, maka sosial media ini dibuat untuk menghubungkan orang-orang secara sosial.

Adanya sosial media yang kini justru banyak disalah gunakan tentu menimbulkan keresahan tersendiri terutama bagi para orang tua yang takut jika buah hatinya mendapat pengaruh buruk sosial media. Tak sedikit berita kejahatan muncul dan dilatarbelakangi oleh penggunaan sosial media yang salah kaprah. agar terhindar dari hal tersebut, tentunya Anda harus bisa menggunakan sosial media dengan sebijak mungkin. Berikut ini akan dijelaskan 6 tips menjadi pengguna sosial media cerdas di masa kini.


1. Filter pertemanan
Dalam menggunakan sosial media sebaiknya Anda berhati-hati dalam menerima atau menambahkan pertemanan. Anda harus melakukan filter pertemanan untuk mencegah terjadinya hal-hal negatif. Selain itu cara ini akan membantu Anda terhindar dari tindak kejahatan yang dapat merugikan diri Anda. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan sosial media, maka tak heran jika penggunanya berasal dari berbagai usia dan kalangan.

2. Pasang identitas asli yang tidak bersifat pribadi
Sebaiknya pasanglah identitas asli Anda akan tetapi jangan menuliskan identitas yang bersifat pribadi seperti alamat rumah atau nomor telepon. Hal ini bertujuan agar Anda tetap bisa menjadi pengguna sosial media yang cerdas dan sesuai dengan tujuan sosial media untuk menghubungkan Anda dengan orang-orang di dunia luar yang mungkin Anda kenal.Akan tetapi bagi Anda yang menggunakan sosial media sebagai media promosi bisnis atau dagang, maka mencantumkan nomor khusus atau alamat toko Anda.


3. Memasang foto profil yang wajar
Biasanya orang yang menggunakan sosial media akan memasang foto profil yang menarik. Hal ini disebabkan karena foto merupakan hal yang pertama dilihat oleh pengguna sosial media lainnya. Oleh karena itu sebaiknya gunakan foto profil yang wajar dan tidak mengandung unsur negatif atau kurang sopan.

4. Pikir terlebih dahulu sebelum membuat status
Sosial media saat ini justru menjadi media curhat bagi para penggunanya. Akan tetapi sebaiknya dalam menggunakan sosial media Anda tidak membuat status yang bisa memancing respon negatif dari orang lain. Anda bisa membuat status yang lebih bermanfaat atau hanya berkomunikasi dengan teman melalui sosial media.


5. Menjauhi perdebatan
Berdebat untuk hal yang positif bisa menambah wawasan, namun jika perdebatan tersebut justru mengarah pada perselisihan, maka sebaiknya dihindari atau bahkan diabaikan saja.

6. Memiliki proteksi yang baik
Sangat penting bagi Anda dalam menggunakan sosial media untuk menjaga keamanan kata sandi maupun email akun Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari akun yang diretas oleh pihak yang tak bertanggungjawab sehingga dapat merugikan banyak pihak. Oleh karena itu sebaiknya gunakan lapisan keamanan pada sosial media Anda sehingga Anda akan merasa lebih aman dan nyaman ketika menggunakan sosial media.

Itulah penjelasan mengenai 6 tips menjadi pengguna sosial media cerdas di masa kini. Saat ini banyak ditemukan kasus kejahatan maupun tindak kriminal lainnya yang dimulai dari sosial media. Oleh karena itu Anda harus bijak dalam menggunakan sosial media agar terhindar dari bahaya dan efek negatif dari penggunaan sosial media yang salah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner