Tuesday, August 15, 2017

Tips Mudah Untuk Mempercepat Koneksi Internet Di Android


Koneksi Internet Di Android - Saat ini pengguna smartphone android memiliki jumlah yang sangat fantastis. Dengan semakin tinggi para pengguna android, maka tak heran jika saat ini banyak provider jaringan telepon selular bersaing untuk menawarkan akses internet yang cepat dan murah. Bahkan tak sedikit provider yang saling bersaing agar mampu memberikan layanan untuk mempercepat koneksi internet. Sepeti saat ini jaringan 4G sudah ditawarkan oleh semua provider meskipun jaringan 4G masih bisa digunakan pada wilayah tertentu saja.

Koneksi internet yang cepat pada ponsel android tentu menjadi keinginan banyak orang. Akan tetapi karena masalah sinyal yang kurang bagus, maka membuat koneksi internet tersebut menjadi lambat meskipun jaringan pada ponsel Anda penuh. Hal ini tentu saja akan membuat Anda merasa kesal, terlebih jika sedang membutuhkan koneksi internet yang cepat untuk menyelesaikan sebuah tugas.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk mempercepat koneksi internet sebetulnya tergantung pada jaringan yang stabil serta kuota internet yang masih mencukupi. Akan tetapi selain hal tersebut sebetulnya masih ada hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet pada ponsel android Anda. Berikut ini akan dijelaskan tips mudah untuk mempercepat koneksi internet di Android yang bisa Anda praktikkan.

1. Pilih Jaringan 3G atau 4G only 

Perangkat android memiliki opsi untuk pengaturan jaringan internet mula dari WCDMA, 3G dan 4G. Bagi Anda yang ingin mempercepat koneksi internet pada ponsel android, maka sebaiknya pilih jaringan 3G Only atau 4G Only. Lalu pilihlah pencarian jaringan secara otomatis dan bukan secara manual. Hindari menggunakan jaringan WCDMA karena jaringan ini akan memberikan sinyal masuk yang berupa sinyal 2G atau Edge. Melalui cara ini, maka jaringan internet Anda akan lebih stabil terutama di wilayah perkotaan.

2. Menutup aplikasi yang tidak perlu

Ketika asyik menggunakan ponsel android, biasanya Anda akan merasa tak sadar dan membuat banyak aplikasi terbuka atau berjalan. Padahal jika banyak aplikasi yang terbuka atau berjalan secara bersamaan, maka akan membuat performa ponsel Anda menjadi menurun dan lambat. Terlebih jika Anda sedang mengunduh atau browsing melalui internet, maka sebaiknya pastikan untuk menutup aplikasi lain yang sedang berjalan. Selain akan memperlambat koneksi internet, adanya aplikasi yang berjalan, maka akan membuat RAM menjadi lebih cepat penuh. Oleh karena itu untuk mempercepat koneksi internet, maka usahakan untuk menutup aplikasi yang tidak perlu ketika sedang mengakses internet.

3. Mematikan Fitur Tethering

Tethering merupakan hotspot yang ada di ponsel android sehingga Anda bisa berbagi jaringan internet pada perangkat lain melalui ponsel Anda. Akan tetapi ketika jaringan internet terbagi, maka bandwith Anda juga akan terbagi sehingga koneksi internet menjadi lebih lambat. Untuk mempercepat koneksi internet sebaiknya matikan fitur tethering pada ponsel Anda.

4. Menghapus Cache

Mungkin banyak dari para pengguna android yang lupa untuk menghapus cache. Padahal cache yang terdapat pada ponsel akan memakan memori sehingga memperlambat koneksi internet. Oleh karena itu untuk mempercepat koneksi internet, sebaiknya Anda rutin menghapus cache pada ponsel Anda sehingga performa ponsel android akan kembali lancar dan tidak menjadi lambat untuk mengakses internet.

Itulah penjelasan mengenai tips mudah untuk mempercepat koneksi internet di android. Melalui penjelasan di atas, kini jika Anda mengalami akses internet yang lambat, maka cobalah tips di atas pada ponsel android Anda. Akan tetapi pastikan kuota internet Anda mencukupi agar tips di atas bisa sukses untuk Anda coba.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner