Saturday, April 7, 2018

Penting bagi Ayah dan Bunda, Begini Cara Mengizinkan Anak Bermain Internet


Mengizinkan anak bermain internet - Internet memang bukanlah hal yang asing lagi. Banyak orang yang telah dipermudah dengan penggunaan internet tersebut, baik dalam hal pribadi maupun pekerjaan keberadaan internet tentu lebih membantu. Lalu bagaimana dengan penggunaan internet khususnya pada anak kesayangan Anda? Tentu keberadaan internet saat ini mampu memberikan dampak positif maupun negatif yang bisa didapat anak Anda dengan mudahnya.

Dengan adanya perkembangan internet yang semakin maju tentunya kita sebagai pengguna internet harus bijak dalam setiap kali mengaksesnya. Terlebih lagi dalam mengajari anak bagaimana cara yang tepat dalam memanfaatkan internet. Penggunaan internet yang terlalu sering tentu akan berakibat buruk bagi anak itu sendiri.

Mengizinkan Anak Bermain Internet

Memang internet bukanlah hal yang tidak diperbolehkan. Akan tetapi penggunaannya perlu dibatasi terlebih jika seorang anaklah yang menggunakannya. Penggunaan internet secara baik dan benar perlu diketahui secara tepat. Maka dari itu perhatikan beberapa cara berikut apabila Anda ingin mengizinkan anak bermain internet.

1. Memberi tahu apabila terdapat undang-undang mengenai internet

Anda tentu tidak ingin kemalangan terjadi pada anak kesayangan. Memang mengizinkan anak bermain internet bukanlah hal yang mudah. Namun, sebagai awalan ada baiknya apabila Anda memberi tahu bahwa terdapat undang-undang yang mengatur tentang penggunaan internet. Dengan begitu setiap anak tentu akan berhati-hati setiap mengakses internet itu sendiri.

2. Memberi tahu akan dampak negatif dan positif penggunaan internet

Mengizinkan anak bermain internet bukanlah hal yang salah. Dengan Anda memberi tahukan berbagai dampak positif dan negatif kepada anak maka tentu anak akan mengerti bagaimana dalam menggunakannya agar tidak sembarangan. Selain itu apabila perlu beritahulah ancaman apa saja yang mungkin bisa ditimbulkan. Seperti halnya penculikan, penipuan, pemerkosaan dan lain-lain.
Jelaskan dampak penggunaan internet yang berlebihan agar anak mampu menggunakannya secara bijak.

3. Ketahuilah pergaulan anak di dunia internet

Mengizinkan anak bermain internet memang boleh-boleh saja. Namun, pengawasan akan pergaulannya merupakan hal yang wajib bagi setiap orang tua. Terlebih lagi apabila anaknya adalah pengguna aktif dunia internet. Maka jangan biarkan anak Anda menghabiskan waktunya hanya di dunia internet saja. Pastikan anak mengenal waktu agar mengakses internet berlebihan tidak menjadi kebiasaan.

Selain itu dengan mengetahui siapa saja teman-teman pergaulannya di dunia internet juga perlu dilakukan. Anda bisa menelusurinya pada media sosial yang dimiliki anak. Jadi, jangan biarkan hal buruk berpeluang pada anak Anda sendiri

4. Ajari anak mengenal waktu

Sebagai orang tua yang telah mengizinkan anak bermain internet maka ada baiknya apabila Anda mengajari anak untuk mengenal waktu. Jangan biarkan anak Anda berselancar di dunia internet tanpa mengenal waktu. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya kreatifitas dan produktifitas anak yang seharusnya dimiliki. Maka dari itu Anda sebagai orang tua yang baik wajib untuk mengingatkan dan mengajari anak perkara menggunakan internet.

Ajari anak agar tetap tepat waktu dalam melakukan hal lainnya seperti belajar, istirahat, makan ataupun beribadah. Anda juga bisa memberikan ketetapan waktu dalam menggunakan internet. Dengan begitu sang anak tidak akan bermain internet seenaknya saja.

Itulah beberapa cara dalam mengizinkan anak bermain internet. Sebagai orang tua yang baik Anda tentu wajib menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar anak Anda tetap disiplin tanpa menyampingkan kewajiban lain yang seharusnya lebih diutamakan oleh anak.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner