Benarkah Alat Bantu Dengar Dapat Memulihkan Pendengaran?





Hay gaes apa kabar semuanya, semoga baik-baik saja ya. Bagi mereka yang sudah berusia lanjut, memiliki kondisi dengan kemampuan indra pendengaran yang semakin memburuk merupakan hal yang lumrah. Hal ini terjadi karena telinga bagian dalam menjadi lebih kaku dari saat berusia muda yang membuatnya tak bisa melakukan kerja seperti seharusnya. Mendengar suara lirih atau biasa menjadi lebih sulit dilakukan. Berbicara dengan orang lanjut usia kadang harus disertai dengan berteriak yang justru menjadi tidak menyenangkan untuk dilakukan. Jika orang tua Anda mengalami masalah tersebut, kini tak perlu khawatir karena sudah ada alat bantu yang dapat membantu mengembalikan fungsi indra pendengaran.

Alat Bantu Pendengaran atau ABK mampu membantu indra pendengaran yang sudah mulai kehilangan fungsinya untuk bisa bekerja dengan cara memperkuat sinyal audio yang dibutuhkan. Namun lebih spesifikanya, cara kerja alat bantu dengar berbeda-beda satu dengan lainnya sesuai jenis dan letak pemasangannya. Bagi Anda yang ingin menggunakan ABD untuk meringankan gangguan indra pendengaran, akan terlebih dahulu melakukan test untuk mengetahui ABD mana yang memiliki cara kerja paling sesuai.

Sebagai informasi, berikut ini adalah beberapa mekanisme kerja alat bantu dengar yang bisa menjadi solusi permasalahan pendengaran Anda:

1. Memperkuat sinyal audio.
Penanaman microphone mini di ABD memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal suara sehingga dapat dipantulkan dan ditangkap dengan lebih baik oleh indra pendengaran.

2. Memfokuskan suara yang didengar.
Beberapa ABD memiliki cara kerja hanya memfokuskan tangkapan audio dari bagian depan dan samping saja dan meredam suara dari bagian belakang.

3. dsb.

Banyaknya jenis ABD yang ada di pasaran tak perlu Anda bingungkan untuk memilih mana yang paling baik sesuai kondisi Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah datang ke Pusat Alat Bantu Dengar Melawai untuk melakukan test pendengaran menggunakan audiogram. Dengan tes tersebut petugas ahli akan bisa menentukan kerusakan yang terjadi sehingga bisa memilih ABD sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu ABD yang dipakai lebih tepat guna untuk mengembalikan fungsi indra pendengaran seperti semula. Untuk info lebih lengkap, Anda bisa membuka website resmi Pusat Alat Dengar Melawai dan mencari lokasinya di kota Anda.


saya sangat senang sekali jika anda berkenan untuk menuliskan respon anda terhadap tulisan saya :)
Facebook CommentsShowHide
Disqus CommentsShowHide