7 Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Online

falahbayhaqi

7 Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Online
FALAHBAYHAQI.COM - 7 Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Online Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia selama beberapa tahun terakhir (diperkirakan 93 juta pengguna pada akhir 2015) telah membuat bisnis online semakin berkembang di Indonesia.

E-Commerce, Marketplace, Travel Online, dan banyak lagi yang terus bermunculan. Nama-nama seperti Lazada, Bhinneka, Tokopedia, BukaLapak, Traveloka dan lainnya menjadi semakin terkenal untuk orang-orang yang semakin melek teknologi.

Tetapi peluang bisnis online sebenarnya tidak hanya tertutup bagi perusahaan gajah yang memiliki modal hampir tak terbatas seperti mereka. Peluang bisnis online juga terbuka untuk pemain kecil seperti kita semua. Banyak individu dan usaha kecil dengan modal terbatas juga mulai masuk dan mulai merasakan kesenangan berbisnis online.

Bisnis online sangat luas, ada begitu banyak varietas, ada begitu banyak peluang yang dapat Anda jalani. Anda tinggal memilih yang tepat untuk Anda. Yang pasti adalah belum terlambat untuk memulai sekarang, terutama di Indonesia.

Pertanyaan yang sangat sering saya tanyakan kepada saya dari mereka yang masih awam adalah:

Seperti apa bisnis online itu? Ada banyak jenis, ya?

Sebenarnya bagaimana Anda menghasilkan uang dari bisnis online?

Bagaimana Anda memulai?

Sekarang dalam artikel ini, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa saja jenis bisnis online dan bagaimana menghasilkan uang dari setiap model bisnis online.

Setelah saya kategorikan dan memilah dari berbagai jenis bisnis online, sebenarnya hanya ada 7 (tujuh) model bisnis online atau 7 cara untuk menghasilkan uang dari bisnis online. Saya akan menjelaskan semuanya dalam artikel ini.

Mengetahui berbagai jenis model bisnis online akan membantu Anda untuk dapat memilih mana yang tepat untuk Anda. Karena saya selalu percaya bahwa tidak ada bisnis yang cocok untuk semua orang. Anda harus mencari tahu mana yang tepat untuk Anda dan apa yang ingin Anda kejar.

7 Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Online

Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay 

# 1: Toko Online / Jual Produk Fisik


Saya cukup yakin bahwa ini adalah model bisnis online yang paling Anda ketahui. Dan mungkin sebagian besar dari Anda telah berbelanja online. Mungkin dari E-Commerce besar seperti Lazada, Bhinneka dll. Atau dari Marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak dll. Atau mungkin dari situs web kecil, dari Facebook, BBM dll.

Jadi ketika Anda masuk ke bisnis ini, Anda perlu menentukan produk apa yang ingin Anda jual, di mana untuk membeli barang (murah) dengan harga lebih murah dan kemudian menjualnya ke tempat lain (jangan menjualnya di tempat yang Anda suka ... he ...) dengan harga lebih tinggi. Ambil perbedaan laba, jadilah perdagangan murni 🙂

# 2: Penyedia Layanan / Layanan Jual & Keahlian


Jika mereka yang menjual produk-produk yang bersifat fisik, Anda juga dapat masuk ke bisnis online dengan layanan penjualan, seperti Traveloka, Agoda sebenarnya menjual tiket dan layanan pemesanan hotel.

Tetapi tidak harus perusahaan sebesar itu untuk menjual jasa. Anda juga dapat menjual layanan dan keahlian Anda. Misalkan Anda telah melayani layanan desain situs web, sekarang Anda dapat dengan jelas menjual layanan tersebut secara online.

Atau Anda memiliki bisnis layanan percetakan, layanan penerjemah buku, layanan prangko, layanan pembuatan program atau apa pun, yang semuanya dapat dijual secara online.

Banyak orang di Indonesia yang saya kenal, juga menjual layanan melalui situs web outsourcing di luar negeri seperti Fiverr.com, Elance.com, ODesk.com, Freelancer.com, dan banyak situs web lainnya. Dapatkan penghasilan dolar yang stabil 🙂

Anda juga dapat mengembangkannya besar, Anda membangun tim di sini (gaji membayar rupiah) untuk dapat menangani lebih banyak pekerjaan, tetapi Anda bisa mendapatkan penghasilan dolar. Banyak orang seperti itu di Indonesia melakukan ini.

# 3: Informasi Bisnis / Informasi Penjualan & Pengetahuan


Istilah jika Anda masuk ke bisnis ini adalah menjadi Infopreneur (Pengusaha Informasi) he ... he ... Ini adalah model bisnis favorit saya karena saya sangat suka belajar dan suka mengajar 🙂

Jadi, jika Anda ahli di bidangnya atau memiliki pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan banyak orang, Anda dapat memasukkan model bisnis ini.

Penulis buku, pembicara publik, pelatih, pelatih, konsultan, dan sejenisnya benar-benar memasuki model bisnis informasi ini. Tetapi Anda tidak harus menjadi penulis buku, pembicara, atau pelatih untuk memasuki bisnis informasi ini.

Banyak orang sebenarnya ingin introspeksi, baik atau mengerti banyak tentang sesuatu dan jika orang lain merasa itu berharga, maka sebenarnya informasi / pengetahuan / pengalaman itu bisa dijual.

Anda dapat menjual pengetahuan, informasi, dan pengalaman Anda melalui berbagai media. Dapat dalam bentuk ebook, CD Audio, DVD, kursus online, webinar, lokakarya langsung atau layanan pelatihan / konsultasi.

Saya memiliki berbagai aliran pendapatan dalam model bisnis ini. Dan karena banyak yang ingin masuk ke bisnis ini tetapi tidak mengerti caranya, saya berencana membuat seri video tentang model bisnis ini.

Sebenarnya di Indonesia, banyak orang yang baik / ahli, tetapi sedikit yang masih mengerti bagaimana menjadikannya bisnis informasi sehingga bisa dijual online.

# 4: Pemasaran Afiliasi / Penjualan Produk Orang Lain Mendapatkan Komisi


Ini juga salah satu model bisnis online favorit saya dan banyak orang 🙂

Intinya, jika model bisnis sebelumnya, Anda mendapat uang dari penjualan produk, layanan atau informasi, maka model bisnis pemasaran afiliasi ini Anda bisa mendapatkan uang dari komisi yang menjual produk dan jasa orang lain.

# 5: Alat & Sistem / Sistem dan Alat Penjualan


Jika Anda mengetahui bisnis penambangan, misalnya tambang batu bara atau tambang emas, ada banyak alat / alat yang dibutuhkan untuk melakukan proses penambangan. Ada sejumlah teman yang saya kenal di daerah Kalimantan, yang kaya dari menyediakan (menjual atau menyewa) alat untuk perusahaan pertambangan.

Demikian pula, dalam industri bisnis online, seringkali Anda akan memerlukan alat, perangkat lunak, atau alat untuk membuat pekerjaan Anda lebih cepat dan tidak menghabiskan waktu.

Sekarang ada cukup banyak orang yang sukses dengan membuat dan menjual alat / alat, perangkat lunak dan layanan pendukung lainnya seperti:

Tema Situs Web sehingga orang lain dapat dengan mudah membuat situs web yang baik dan profesional.
Plugin Situs Web, Tambah, dll. Di mana Anda membuatnya untuk digunakan pelanggan untuk meningkatkan fitur & kecanggihan situs web mereka.
Sistem & Perangkat Lunak Berbasis Web di mana misalnya Anda membuat perangkat lunak administratif atau perangkat lunak SEO atau apa pun yang pelanggan Anda bayar sekali atau membayar bulanan untuk dapat menggunakan perangkat lunak / sistem ini.

# 6: Iklan / Jual Iklan


Model bisnis ini berbasis iklan, saya pikir itu juga termasuk apa yang sering Anda ketahui dan lihat. Jadi, Anda membuat situs web sehingga banyak orang mengunjungi, lalu menjual iklan ke perusahaan atau orang lain yang berminat.

Detik.com, KapanLagi, Yahoo, Kaskus, dan banyak lagi portal berita, semuanya adalah bisnis yang menggunakan model bisnis periklanan untuk menghasilkan uang.

Tidak harus menjadi perusahaan besar untuk dapat menghasilkan uang dari iklan. Anda dapat membuat blog tentang topik populer, misalnya hiburan, kuliner, fotografi, atau yang serupa.

Jadikan ramai dengan pengunjung (tentu saja ada banyak strategi) dan setelah setiap hari blog Anda dikunjungi oleh ribuan pengunjung, Anda dapat mulai mendapatkan penghasilan dari Periklanan, berkolaborasi dengan Google dengan menginstal Google Adsense di blog Anda.

# 7: Aplikasi Seluler di Apple iOS atau Android


Sekarang ini adalah model bisnis yang sangat trendi, yaitu membuat aplikasi di smartphone, terutama di Apple IOS (berbasis iPhone) atau di Android. Banyak orang di Indo yang pandai aplikasi mobile.

Anda dapat membuat aplikasi sendiri atau membayar orang untuk membuat, bisa dalam kategori Game (yang paling populer), Tools & Utilities, Produktifitas, Pengeditan Foto & Video dan banyak kategori aplikasi lainnya.

Ada dua cara menghasilkan uang, yaitu menjual aplikasi atau aplikasi gratis tetapi ada iklan (Anda juga bisa, membayar untuk menghapus iklan pada aplikasi).

Ok jadi itu 7 model bisnis online atau 7 cara menghasilkan uang dari bisnis online, saya biasanya menjadi OSIATAM, yaitu:

Toko Online / Jual Produk Fisik.
Penyedia Layanan / Layanan Jual & Keahlian
Informasi Bisnis / Informasi Jual & Pengetahuan
Afiliasi Pemasaran / Penjualan Produk Orang Lain Mendapatkan Komisi
Alat & Sistem / Alat Jual & Sistem / Perangkat Lunak
Iklan / Jual Iklan
Aplikasi Seluler / Aplikasi Seluler


Semoga berbagi ini bermanfaat bagi Anda dan berharap Anda berhasil dalam bisnis online pilihan Anda.

Sukses Besar untuk Anda,

Lebih banyak ide bisnis bisa dibaca di 22 Contoh bisnis rumahan skala kecil yang sangat menjanjikan
falahbayhaqi
Load comments