Falahbayhaqi

TULISAN RANDOM BERFAEDAH

Sunday, May 5, 2019

Tips nahan pipis saat nonton Avengers End Game


Hay gaes, pakabs semua?

Udah pada nonton Avengers Endgame?

Kalo belom maka postingan ini mungkin cocok buat kamu sebagai tips menahan pipis saat kalian nonton nanti gaes. Tapi sebelumnya postingan ini agak spoiler sih dikit heheh, bagi yang gak mau spoiler bisa skip deh.

Kalau kalian lihat di situs resmi National Institute of Aging milik Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, seseorang seharusnya bisa tidak pipis selama 3-4 jam, pas dengan durasi film Avengers: Endgame.

Kandung kemih orang dewasa pada umumnya juga bisa menahan hampir 500 mililiter urin, sehingga sampai batas itu tercapai, seharusnya Anda akan baik-baik saja.

Namun, gak ada  salahnya kan? untuk mempersiapkan diri agar Anda tidak pergi pipis di saat momen-momen seru film.


Tips pertama yang paling mudah adalah pipis sebelum mulai menonton.

Melansir artikel Popular Science, Jumat (26/4/2019); Dr Derek Fine selaku associate profesor of medicine di Johns Hopkins University mengatakan, prinsip mengosongkan kandung kemih (sebelum nonton) akan sangat membantu karena semakin sedikit urin di kandung kemih saat Anda mulai nonton, semakin sedikit juga saat Anda selesai nonton.

Sekadar informasi, Dr Ladin Yurteri-Kaplan yang merupakan seorang pakar uroginekologi di Columbia University Irving Medical Center berkata bahwa selama ini tidak menjadi kebiasaan, menahan pipis sekali-kali tidak akan mengubah kebiasaan atau kapasitas kandung kemih Anda.

Kedua, perhatikan asupan dan minuman Anda. Yurteri-Kaplan berkata bahwa sederhananya, semakin banyak yang Anda makan atau minum, semakin banyak juga yang akan keluar saat pipis.

Namun, dia pun mengakui bahwa terkadang, makan dan minum merupakan bagian dari pengalaman menonton film. Oleh karena itu, setidaknya Anda harus memperhatikan jenis yang Anda konsumsi.

Minuman berkafein, berkarbonasi, beralkohol atau asam dapat membuat Anda lebih sering kencing karena bersifat diuretik atau mengiritasi kandung kemih.

Makanan yang terlalu asin atau mengandung garam tinggi juga bisa membuat Anda minum lebih banyak. Kalaupun Anda menahan diri untuk tidak minum, garam di dalam tubuh tetap akan menarik air keluar dari sel sehingga Anda akan lebih sering pipis.

Selain itu, pastikan Anda sudah mengetahui di mana letak toilet terdekat dan memakai pakaian hangat karena dingin dapat memicu keinginan untuk kencing.

Menahan kencing dan risikonya


Meski demikian, patut diingat bahwa menahan kencing bisa berisiko, terutama bila dilakukan berulang kali atau menjadi kebiasaan setiap kali Anda menonton 


Risiko yang paling cepat terlihat adalah rasa nyeri pada kandung kemih atau ginjal. Ketika kencing pun, seseorang mungkin akan merasa nyeri karena menahan kencing. Pasalnya, kita menggunakan otot-otot pelvis untuk menahan kencing, dan ketika akhirnya berhasil ke toilet, otot-otot ini mungkin masih tegang sehingga timbul rasa kram pada area pelvis

Kebiasaan menahan kencing juga bisa meningkatkan risiko Infeksi Saluran Kencing (ISK), menurut artikel Healthline 3 Februari 2017 yang ditelaah oleh Elaine Luo, MD.

Perlu digarisbawahi bahwa sekadar menahan kencing tidak menyebabkan ISK karena penyebab penyakit ini adalah bakteri. Akan tetapi, menahan kencing dapat membuat bakteri lebih mungkin untuk bertahan dan berkembangbiak di dalam kandung kemih.

Risiko terkena ISK juga meningkat bila Anda tidak cukup minum karena takut kencing saat nonton. Hal ini karena kandung kemih tidak akan cukup penuh untuk mengirim sinyal ke otak. Akibatnya, bakteri di dalam kandung kemih akan lebih mungkin untuk berkembangbiak dan menyebabkan infeksi.

Seorang ibu yang hamil juga lebih berisiko mengalami ISK daripada kebanyakan orang, sehingga menahan kencing sangat tidak direkomendasikan.

Menurut CNET nih ada 3 momen terbaik untuk pergi ke toilet.


1. Saat muncul antarjudul “San Fransisco”

2. Ketika Hulk makan siang

3. Saat antarjudul “New Jersey” muncul

Melansir artikel Medical News Today, Kamis (5/4/2018), Anda bisa menahan keinginan untuk kencing dengan menyilangkan kaki. Tindakan ini akan menekan saluran kencing Anda. Cara lainnya adalah kentut karena penumpukan gas di tubuh mungkin menekan kandung kemih.

Pada jangka panjang, kebiasaan menahan kencing dapat membuat kandung kemih melar, atau lebih parahnya lagi, otot lantai pelvis rusak. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk menahan atau melepaskan kencing secara normal, serta mengalami inkontinensia urin atau kondisi di mana kandung kemih tidak dapat dikontrol.

Lalu, pada orang-orang yang memiliki kondisi prostat membesar, kandung kemih neurogenik (kelainan fungsi kandung kemih karena gangguan sistem saraf), gangguan ginjal dan retensi urin (ketidakmampuan untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya); menahan kencing juga bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal, termasuk pembentukan batu ginjal.

Momen terbaik untuk pipis (Tanpa spoiler!)

Oleh karena itu, bila Anda terlanjur kebelet pipis, tindakan terbaik adalah untuk pergi ke toilet dan kencing. Pertanyaannya, kapan harus pipis agar Anda tidak kehilangan momen penting dari Avengers: Endgame?

Melewatkan momen ini tidak akan terlalu menganggu pengalaman Anda nonton babak terakhir seri Avengers. Segmen ini berlangsung selama 30 menit dan intinya hanya Scott atau Ant-Man menghubungkan kembali beberapa hal yang dilewatkannya, tetapi sudah diketahui para penonton bila setia mengikuti setiap film.

Inilah momen yang paling pas untuk kencing. Adegan ini muncul setelah film berlangsung selama kira-kira satu jam dan walaupun lucu, tidak ada hal yang penting bagi plot utama selama 10-15 menit kemudian.

Menurut para penulis artikel CNET, Anda tidak boleh melewatkan satu jam terakhir film ini. Oleh karena itu, kesempatan terakhir untuk ke toilet adalah saat antarjudul “New Jersey” muncul. Meskipun penuh dengan nostalgia, segmen ini tidak menunjukkan konflik penting apa pun dan mudah ditebak saat Anda kembali dari toilet.

Author Profile

About falahbayhaqi

falahbayhaqi seorang civil servant dan part time blogger wanna be

Back To Top